Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren!

Siapa sih yang tidak bosan dengan hobi yang itu-itu saja. Lo perlu eksplor lebih luas lagi nih! Bagaimana kalau lo mulai itu dengan memodifikasi sepeda bmx? Nih ada 4 hal yang mesti lo perhatikan terlebih dahulu! Buat selengkapnya - sila simak bahasan kali ini ya!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren!

 

Bosan nih bro dengan hobi lo yang itu-itu saja?  Bagaimana kalau lo modif sepeda bmx?

***

 

Memang sih terkadang hal-hal yang sifatnya repetitif jelas akan membosankan. Oleh karena itu, mesti ada hal-hal baru yang bisa lo eksplor tiap waktunya. Nah, salah satu hal yang bisa lo eksplorisasi adalah sepeda bmx.

 

BMX adalah salah satu jenis sepeda yang seru banget buat dikustom atau dimodifikasi. Hal ini dikarenakan oleh bentukan sepeda bmx itu sendiri yang memang simpel dan sederhana. Oleh karena itu, banyak ide yang bisa dilakukan di sepeda bmx.

 

 

Banyak ide yang bisa dilakukan atau diterapkan di sepeda bmx pun tentu mesti disesuaikan dengan visi misi diri lo nih. Hal ini dikarenakan perbedaan berbagai part di sepeda bmx, lho. Bahan di frame utama saja sudah beda jika bmx tersebut diperuntukan untuk main trik atau hanya sekedar main santai.

 

Nah, biar makin paham dan tidak salah kiblat saat kustom atau modifikasi sepeda bmx lo – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Kustom Sepeda BMX: Main Frame!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren! credit: offerup.com

Frame atau bingkai sepeda adalah bagian pertama dan utama yang mesti diperhatikan. Dari bingkai, harusnya lo sudah bisa memastikan akan ke mana arah permaian sepeda bmx lo nanti. Hal ini mesti diketahui dari awal karena akan jadi pertimbangan lo akan pakai bahan frame apa.

 

Bahan dari bingkai untuk sepeda bmx cukup bervariasi. Tapi, cukup dua bahan yang paling sering digunakan oleh para penggila bmx. Bahan pertama adalah besi. Cukup jadi favorit para penggila bmx dikarenakan kekuatannya.

 

Bingkai atau frame dengan bahan ini cukup tahan akan korosi dan tentunya durability nya tinggi. Selain itu, bahan besi ini juga cukup mudah untuk diperbaiki jika memang ada kerusakan serta ongkos perbaikannya yang terbilang murah.

 

Namun, bingkai atau frame berbahan besi ini tentunya mempunyai beban yang cukup berat sehingga buat mereka yang suka melakukan atau eksplorasi trik – tentu tidak akan memilih bahan ini karena beban beratnya.

 

Nah, buat mereka yang suka melakukan atau eksplorasi trik – bahan bingkai yang menjadi andalan mereka adalah bahan kedua yaitu karbon fiber. Tergolong punya berat yang lightweight – bahan yang satu ini terbilang cukup mahal.

 

Hal ini dikarenakan kekuatannya yang oke serta bebannya yang sangat ringan jika dibandingkan dengan frame berbahan besi. Tapi, jika ada kerusakan – untuk membetulkan atau memperbaiki frame yang satu ini, lo mesti menyiapkan budget yang lumayan, bro.

 

Kustom Sepeda BMX: Main Warna!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren! credit: pinterest.com

Sepertinya sederhana dan tidak begitu penting – tapi percaya atau tidak kalau warna di sepeda bmx lo bisa mempengaruhi mood dalam memainkannya. Bahkan, dari warna sepeda bmx lo nanti – bisa ditebak lho karakteristik lo seperti apa.

 

Disarankan sih menggunakan warna-warna bold dan polos saja terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan diri lo untuk memasangkan stiker sponsor dengan jelas nih. Terlebih pilih warna-warna netral terlebih dahulu agar lebih mudah lagi untuk memodifikasinya lagi nanti.

 

Kustom Sepeda BMX: Spare Parts!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren!

Mau Kustom BMX? Perhatikan 4 Hal Dasar Ini Agar Modifikasinya Jadi Keren! credit: hapscycle.com

Mulai dari sadel, pedal, stang, set rantai dan gear – adalah berbagai parts yang mesti lo perhatikan betul dalam memodifikasi sepeda bmx. Setelah rangka atau bingkai sudah jadi dan sudah diberi warna – sekarang saatnya merakit menjadi satu kesatuan.

 

Sadel – tempat duduk ini sebenarnya perlu tidak perlu sih bro. Untuk mereka yang khusus main bmx karena trik – sadel tidak diperlukan lagi. Mereka biasanya akan memulai trik dengan cara mengayuh sembari berdiri.

 

Kemudian, bicara soal kayuhan – pedal berbahan plastik tidak sama sekali disarankan ya bro. Hal ini berkaitan dengan rentannya bahan plastik jika terbanting dan langsung pecah atau minimal retak. Daripada seperti itu, lebih baik pilih pedal dengan bahan besi atau sejenisnya.

 

Set gear, rantai dan ban – perlu diperhatikan juga nih bro. Jangan sampai salah memilih ukuran ban ya. Hal ini tentu akan berdampak ada set gear dan rantai yang tidak akan nyaman untuk bekerja dengan baik kalau ban nya terlalu besar.

 

Kustom Sepeda BMX: Perakitan

Setelah semuanya sudah disiapkan – dalam perakitan sepeda bmx kustom, lo tidak bisa melakukannya dengan terburu-buru nih. Biar presisi semuanya, lo mesti memerhatikan detil semua pemasangan. Terlebih saat pemasangan set gear, rantai, dan pedal.

 

Kalau tidak presisi, kemungkinan besar laju sepeda bmx ketika dikayuh pasti tidak enak bro. Hal ini tentu akan memperlambat latihan trik atau latihan lainnya dengan sepeda bmx. Jadi pastikan lo tetap santai dalam merakitnya ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari empat hal di atas yang sudah dijelaskan – bisa dong nih bersiap untuk melakukan modifikasi untuk sepeda bmx lo?

 

Source – apertureprofessional.com

Feature Image – collectivebikes.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

3 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
BMX yang melegenda,modifikasinya jang asal utk mndapatkan speda Bmx terbaik
Agung Sutrisno
Main frame. Keliatan elegant
Masni
Skill yang hebat