6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

Kepulauan Natuna sudah mencuri perhatian wisatawan karena menyajikan panorama alam indah dan kuliner tradisional unik. Jika berkunjung ke sana, kegiatan apa saja yang patut dicoba pelancong selama liburan? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

Belakangan ini, kabupaten Natuna menjadi buah bibir masyarakat sejak wilayah pulau ini diakui oleh China. Kepulauan Natuna kerap kali menghipnotis wisatawan lewat destinasi alamnya yang cantik dan asri. Keindahan alam pulau ini tak jarang mengundang rasa penasaran wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Lo bakal dibuat takjub saat melihat pantai-pantai cantik yang dimiliki pulau ini secara langsung. Selain itu, Natuna juga memiliki aneka kuliner tradisional bercita rasa unik. Jadi kegiatan apa yang bisa dicoba wisatawan di Natuna? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan dicoba ya bro!

 

1. Bersantai di Batu Madu

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: instagram.com/mulkanhutabarat

Lo bisa menjumpai destinasi wisata ini di desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna. Batu Madu menyajikan panorama pantai yang cantik dan menawan. Saat berkunjung ke sini, lo akan disuguhi pemandangan pulau-pulau kecil indah yang disertai bebatuan granit besar.

 

Jika berangkat dari kota Ranai, pelancong dapat menempuh Batu Madu dalam waktu sekitar 45 menit. Waktu terbaik mengunjungi destinasi wisata ini adalah ketika air laut sedang surut. Kala itu, lo bisa menikmati indahnya hamparan pantai yang luas dan bebatuan granit secara jelas.

 

Batu Madu dilengkapi aneka fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Contohnya seperti area parkir, toilet, dan rental permainan alr. Lo juga bisa puas menjajal aneka kuliner khas Natuna di beberapa warung sekitar sini. Jangan lupa mendatangi tempat ini ya bro!

 

2. Menyambangi Taman Batu Alif

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: pesonakepri.id

Berlibur ke Natuna rasanya kurang lengkap jika tak menyambangi Taman Batu Alif. Lokasi tempat ini berada di pinggir pantai Desa Sepempang. Begitu tiba di sini, mata lo akan dimanjakan indahnya pemandangan batu granit raksasa yang mengagumkan.

 

Taman Batu Alif pas dikunjungi wisatawan yang ingin melepas stres selama liburan. Lo bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan dan duduk di bagian atas batu granit. Tempat wisata ini dirawat cukup baik oleh pihak pengelola. Sebagai contoh, pengunjung bisa melewati menggunakan fasilitas jembatan kayu di antara batuan secara baik.

 

Lo dapat mengamati indahnya panorama alam sembari berjalan dari satu ke batu lain. Taman Batu Alif juga menawarkan panorama sunset yang sungguh mengesankan. Pemandangan eksotis ini tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh wisatawan. Langsung nikmati keindahan Taman Batu Alif secara langsung ya bro!

 

 

3. Snorkeling dan Diving di Pantai Cemaga

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: disparbud.natunakab.go.id

Jika menjadikan Ranai sebagai titik keberangkatan, lo bisa tiba di pantai ini dalam jarak 23 kilometer dan waktu kurang lebih 30 menit. Keistimewaan Pantai Cemaga terletak pada airnya yang begitu jernih. Tak heran tempat ini kerap dikunjungi traveler pencinta penyelam dari berbagai daerah.

 

Cemaga juga dipenuhi bebatuan besar seperti pantai-pantai lainnya di Natuna. Bentangan pantai ini kabarnya bisa mencapai radius hingga 5 kilometer dari tepi pantai. Lo tidak akan menjumpai tempat penginapan di sekitar Pantai Cemaga. Oleh sebab itu, satu-satunya pilihan yang tersedia bagi pelancong yang hendak bermalam adalah menginap di rumah warga.

 

Pantai Cemaga juga tidak dikelilingi restoran. Maka dari itu, wisatawan hendaknya membawa bekal makanan sebelum berangkat ke sini. Persiapan ini dimaksudkan agar lo siap menghadapi situasi tak terduga seperti lapar atau haus. Harap bekali diri dengan persiapan matang ya bro!

 

4. Mengamati Aktivitas Kekah di Pulau Senua

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: goodnewsfromindonesia.id

Pulau terluar di Indonesia ini juga dikaruniai potensi alam yang menakjubkan. Saar bertandang ke Pulau Senua, lo bisa melihat batuan granit raksasa, terumbu karang indah, gua, dan lain-lain. Lokasi pulau ini diketahui berbatasan langsung dengan Malaysia Timur.

 

Aktivitas yang bisa dijajal pelancong di Pulau Senua adalah hiking, snorkeling, bermain bola di pantai, berenang, dan lain-lain. Mencoba hal-hal ini tentunya akan membebaskan lo dari jenuh dan bosan dalam sekejap. Suasana hati lo pun bakal berubah menjadi lebih positif.

 

Keistimewaan Senua tidak berhenti sampai di situ. Di sini, lo juga bisa melihat langsung aktivitas primata langka bernama Kekah. Hewan tersebut kabarnya hanya tinggal di wilayah kabupaten Natuna.

 

5. Menjelajahi Tanjung Datuk

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: pixabay.com

Jarak yang terbentang antara kota Ranai dan Tanjung Datuk adalah 60 kilometer. Sebelum berangkat ke sini, ada baiknya lo menyiapkan kondisi fisik sebaik mungkin agar siap melewati medan terjal. Pengunjung nantinya bisa menemukan pantai pasir putih jika berjalan dari area parkir dan menyusuri jalanan ke bawah.

 

Asal-usul nama “Tanjung Datuk” sendiri cukup unik. Sebutan ini kabarnya terilhami dari susunan batu yang lumayan aneh. Warga setempat menilai rupa batu tersebut mirip wajah manusia yang memakai tanjak atau topi khas Melayu. Dari situ, lahirlah nama “Tanjung Datuk”.

 

 

6. Mengunjungi Masjid Raya Natuna

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran

6 Kegiatan Menarik saat Liburan di Kepulauan Natuna, Ampuh Segarkan Pikiran. Photo Credit: mediaindonesia.com

Bangunan yang menjadi ikon khas Natuna ini juga wajib masuk dalam daftar destinasi traveler selama liburan. Masjid Raya Natuna mempunyai luas sekitar 5.500 m2 sehingga mampu dimasuki 5000 orang. Lo dapat menyambangi masjid ini di Ranai yang menjadi ibukota Natuna.

 

Jika dipandang sekilas, Masjid Raya Natuna nampak mirip seperti Taj Mahal di India. Bangunan ibadah ini didominasi warna hijau dan kuning telur. Lo bisa menjumpai empat menara yang memiliki tinggi masing-masing 17 meter di masjid ini.

 

Keunikan Masjid Raya Natuna juga terlihat dari desain bangunannya yang memiliki lubang angin. Hal tersebut suhu udara di dalamnya terasa sejuk. Masjid ini juga memiliki pintu masuk yang besar dan indah. Luangkan waktu datang ke sini ya bro!

 

Demikian 6 kegiatan menarik yang bisa lo coba saat liburan di Natuna. Mencoba keenam hal di atas tentunya bakal membuat pikiran lo kembali segar. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hendak berlibur ke kepulauan Natuna dalam waktu dekat. Selamat liburan ya bro!

 

Source: kompas.com

Feature Image - disparbud.natunakab.go.id

Extreme Action Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Selain kaya akan hasil laut dan diperebutkan keindahan pantainya luar biasa
Landora Dwi Lestyadi
Keren ya tempat nya
SRI YAYA ASTUTI
tempat indah ini jangan sampai lepas dari NKRI
Resatya Oktafitullah SAV
Masih bersih bangettt
Yumna Aditya Prakoso
pingin deh ke natuna
Yudha Pratama
suka banget baca artikel ini
Agus Sungkawa
Wow...indahnya pulau natuna
Ricko Pratama Putra
Indonesia Punya
Ardiansyah Z
Natuna manteeppp
Yuniarto ( Tato )
Taman Batu Alif indah banget