4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

Di Kroasia, lo bisa menjumpai Museum of Hangovers atau Museum Mabuk. Destinasi ini menyimpan koleksi barang unik yang berasal dari pemabuk. Seperti apa isi museum ini? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

Bila berencana liburan keliling dunia, lo bisa memasukkan Kroasia dalam daftar destinasi yang dikunjungi. Negara ini memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari organ yang bisa dimainkan ombak dan angin, serta sejumlah spot wisata alam eksotis. Lo juga bisa menemukan dua museum unik yang menganut konsep nyeleneh. Salah satu contohnya adalah Museum of Hangovers atau Museum Mabuk yang ada di kota Zagreb.

 

Sesuai namanya, museum ini menyimpan koleksi barang-barang unik yang diambil dari pemabuk. Keunikan tema yang diusung museum ini sukses menyita perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara, Padahal, Museum of Hangovers kabarnya baru dibuka pada tahun 2019. Mengunjungi museum ini tentunya bakal membuat petualangan lo di Krosia terasa kian berkesan. 

 

Apa saja hal menarik yang bisa ditemukan pelancong di Museum Mabuk? Berikut adalah 5 fakta unik seputar Museum of Hangovers yang patut lo ketahui. Silakan disimak ya bro!  

 

1. Didirikan oleh Mahasiswa

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

5 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia. Photo Credit: matadornetwork.com 

Museum ini tidak dibangun oleh organisasi atau instansi tertentu, melainkan oleh dua orang mahasiswa asal kota Zagreb. Salah satu pendiri museum ini adalah mahasiswa jurusan ilmu komputer bernama Rino Dubokovic. Menurutnya, ide pembuatan museum ini bukan untuk memotivasi orang-orang untuk meminum alkohol secara berlebihan.

 

Dubokovic berpendapat bahwa pembangunan museum ini merupakan manifestasi atas obrolannya dengan teman-temannya sendiri. Semua berawal ketika ia mendengar cerita temannya yang mabuk dan terbangun karena lapar. Uniknya, temannya tersebut bangun dalam kondisi menyimpan pedal sepeda di sakunya.

 

“Saya pikir, ketika saya mendengarkan ceritanya, mengapa tidak mendirikan tempat, atau museum, dengan koleksi benda-benda dan cerita-cerita yang lucu di malam-malam mabuk dan orang mabuk pada hari berikutnya,” tutur Dubokovic, dilansir dari kompas.com, Kamis (9/1/2020) lalu.

 

Sejak saat itu, Dubokovic tertarik membagi kisah tentang hal-hal yang dahulu dilakukan dirinya dan teman-temannya kepada orang lain. Ia pun terdorong mendirikan Museum of Hangovers atau Museum Mabuk.

 

Museum ini pertama kali dibuka untuk umum sejak tanggal 1 Desember 2019. Di sini, lo bisa menemukan bagian interaktif yang memungkinkan pengunjung berbagi pengalaman mabuk terbaik dan terburuk. Ada juga toko oleh-oleh yang menjual aneka permainan dan bar “drunkopoly” seperti anak panah.

 

2. Koleksi Barang yang Dipamerkan di Museum Mabuk

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

5 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia. Photo Credit: moosegazette.net 

Berdasarkan info dari Daily Mail yang dikutip Kompas, museum ini menyajikan barang-barang unik dan cerita lucu yang terinspirasi dari pengalaman mabuk. Sebagian besar koleksi barang di museum ini berasal dari para pemabuk di banyak tempat. Unik sekali, bukan?  

 

Lo dapat melihat bermacam-macam barang yang biasa ditemukan secara misterius di pagi hari. Contohnya seperti tanda berhenti, pot bunga, anjing jalanan, labu, dan lain-lain. Semuanya bisa lo lihat dalam museum ini.

 

Pendiri Museum of Hangovers lainnya, Roberta Mikelic, mengatakan ia dan teman-temannya tertarik mengumpulkan barang yang kebanyakan orang tak tahu diambil di mana. Setiap pengunjung nantinya ditawarkan segelas berendi lokal. Lo juga mendapat kesempatan untuk menjajal permainan panah di mana pesertanya wajib mengenakan kacamata simulasi efek mabuk.

 

Pengunjung yang berhasil melepas anak panah tepat sasaran bakal diperbolehkan masuk secara gratis. Sementara itu, mereka yang gagal bakal dikenakan tarif tiket masuk normal. Hal pertama yang akan dilihat pengunjung saat masuk ke dalam museum adalah ruang dengan dinding berisi grafiti.

 

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

5 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia. Photo Credit: timeout.com

 

Sesudah itu, lo bakal melintasi jalan berkelok-kelok di ruang ‘Cermin’. Tampilan area ini sangat mirip dengan etalase toko. Perjalanan lo kemudian berlanjut ke ‘taman’ di rumah hingga akhirnya tiba di destinasi terakhir berupa ‘kamar’ yang berantakan.  

 

Pengunjung Museum Mabuk juga akan diminta menuntaskan sebuah kalimat  “saya bangun dengan….” di papan tulis. Lo bisa mengisinya secara bebas karena memang tak ada jawaban yang benar atau mutlak. Ada yang melanjutkan kalimat tersebut dengan tulisan “dua anjing liar“, “mantan saya”, dan “banyak labu”.    

 

 

3.  Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Museum Mabuk

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

5 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia. Photo Credit: cnn.com 

Lokasi museum ini terletak di Preradoviceva Street 8, 10000 Zagreb, Kroasia. Lo bisa mengunjungi Museum of Hangovers setiap hari. Jam operasional museum ini berlangsung dari pukul 11.00 hingga  23.00 waktu setempat. Tempat ini tutup pada hari-hari libur, contohnya seperti tanggal 24, 25, dan 31 Desember.

 

Biaya tiket masuk museum ini terbilang murah. Pengunjung dewasa diwajibkan membayar tiket masuk seharga 30 Norwegian krone atau senilai Rp 47.000. Sementara itu, harga tiket untuk pengunjung yang masih berstatus pelajar adalah 25 Norwegian krone atau senilai Rp 39.000. Cukup murah, bukan?

 

4. Edukasi Pengunjung tentang Risiko Mabuk

4 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia

5 Fakta Unik Seputar Museum Mabuk di Kroasia. Photo Credit: cnn.com 

Ke depannya, Dubokovic berniat mendirikan ‘ruang gelap’ di dalam museumnya. Ruang tersebut nantinya berfungsi sebagai tempat untuk mengedukasi pengunjung tentang risiko mabuk. Dengan begitu, tidak ada orang yang terdorong mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

 

Dilansir dari kompas.com, WHO melaporkan ada 3,3 juta kasus kematian akibat penggunaan alkohol yang berbahaya setiap tahunnya. Orang yang meninggal pada kasus tersebut kabarnya berusia antara 2o dan 39 tahun.

 

 

Demikian 4 fakta unik seputar Museum of Hangovers atau Museum Mabuk di Krosia. Tempat wisata ini tentu dapat menjadi pilihan destinasi menarik saat liburan. Jangan lupa mendatangi museum ini saat bertandang ke Kroasia ya bro! Selamat berlibur!

 

Source: kompas.com

Feature Image - moosegazette.net

Trending Beginner solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Semoga museum tersebut tidak mengoleksi muntah para pemabuk.
Yuniarto ( Tato )
Adakah yg sudah berhadil Reedem
SRI YAYA ASTUTI
Museum yang sangat jarang di dunia
Agung Sutrisno
Ada museum yang bisa bikin mabuk cinta gak ya
Firgiawan
Wihh beda dengan yang lain
Ricko Pratama Putra
Menarik tempatnya..