Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Sumatera menjadi kawasan penghasil kopi cukup besar di Indonesia, bahkan sudah cukup terkenal di dunia loh. Penasaran mengenai kopi ini? Simak saja pembahasannya di bawah ini!

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Kopi sudah menjadi budaya di Indonesia, enggak heran kalau adanya celetukan “Ngopi dulu kali!”. Yaap, minuman dengan varian rasa serta filosofi ini memang merupakan salah satu minuman favorit. Negara ini juga dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Beragam hasil perkebunan dan pertanian merupakan potensi paling besar yang dimiliki. Kopi sendiri merupakan salah satu diantaranya.

 

Belum lagi ditambah dengan kondisi geografis yang mendukung, Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Bahkan beberapa jenis kopi di negara ini sudah mendunia dan banyak sekali digemari para penikmatnya. Ambil contoh saja, kopi Gayo, kopi Bali hingga kopi Toraja. Nah, lo sudah menyadari belum kalau jenis kopi dari Sumatera juga sudah menjadi pilihan favorit para pecinta kopi.

 

 

Tak heran apabila kopi Sumatera sendiri sering menjadi kopi pilihan di kedai-kedai kopi baik di dalam maupun luar negeri. Bisa dikatakan kopi ini memiliki rasa yang unik dan khas, tak heran apabila peminatnya cukup tinggi di dunia. Nah, daripada lo semakin penasaran seputar kenikmatan yang bisa ditawarkan oleh kopi Sumatera, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

 

Nikmatnya Kopi Sumatera yang Mendunia – Biji Kopinya Sangat Kuat

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat! Credit: ahlikopilampung.com

 

Kuat yang dimaksud bukan berarti tahan banting loh, namun lebih kepada aroma yang dihasilkan. Yaap, kopi Sumatera sendiri memang terkenal dengan aromanya, bahkan dari bijinya saja lo sudah bisa menciumnya. Bisa dibayangkan dong ketika sudah diolah dan siap untuk diminum.

 

Kopi Sumatera juga memiliki tingkat keasaman yang rendah, jenis kopi ini memiliki karakter full body, tentunya akan menghasilkan rasa kopi kuat dan terasa penuh di mulut. Pokoknya lo benar-benar akan merasakan sebuah pengalaman meminum kopi yang indah ketika memilih kopi Sumatera.

 

Keindahan rasanya pun juga sangat mudah sekali diterima, baik oleh para penikmat kopi atau tidak. Sehingga tak heran bukan apabila kopi jenis ini memiliki banyak peminatnnya di dunia. Bahkan untuk penjualannya sendiri juga cukup tinggi loh.

 

Nikmatnya Kopi Sumatera yang Mendunia – Bisa Dikombinasikan

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat! Credit: /linisehat.com/

 

Memang ada sebagian orang yang cukup keras bila ingin meminum kopi, pokoknya sama sekali enggak mau mengkombinasikan dengan gula ataupun susu. Namun tenang saja bro, kopi Sumatera bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya.

 

Susu, gula maupun krimmer bisa menjadi teman baiknya tanpa mengurangi rasa dari kopinya itu sendiri. Karakteristik unik dari kopi Sumatera ini dipengaruhi oleh proses pengolahannya secara semi-washed atau proses penggilingan yang dilakukan saat biji kopi masih menyisakan kadar air sebesar 30 hingga 35 persen.

 

Kalau lo ingin membicarakan mengenai rasa, sebenarnya ada beberapa fakor yang bisa mempengaruhi rasa dari kopi. Mulai dari varietas tanaman, tempat tumbuh dataran, kesehatan tanaman, cara petik, serangan hama dan penyakit. Hingga cara pengolahan, roasting dan brewing.

 

Nikmatnya Kopi Sumatera yang Mendunia – Genetik

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat! Credit: srivijaya.id

 

Berbicara mengenai genetik dari kopi Sumatera itu sendiri tentunya juga menjadi fakor penting lainnya yang mempengaruhi rasa serta aromanya. Kopi Sumatera memiliki genetik yang merupakan varietas Timor, di mana daerah tanamnya lebih basah sehingga mampu mempengaruhi cita rasa dari kopi ini menjadi lebih kompleks.

 

Tekstur dari kopi ini juga cukup halus, beserta kebanyakan tumbuh di kawasan pesisi selatan pulau Sumatera. Juga terdapat sebutan untuk jenis kopi yang tumbuh lebih kea rah barat, yaitu kopi Gunung Gayo. Para penikmatnya pun juga biasa melihat ketuaan dari biji kopi ini. Biji kopi ini juga mengeluarkan rasa “tanah” dan “rempah”.

 

Kalau untuk jenisnya sendiri, kopi Sumatera juga memiliki beberapa pilihan, mulai dari kopi Aceh, kopi Gayo, kopi Sidikalang, kopi Besemah, dan kopi Lampung. Uniknya lagi, jenis-jenis dari kopi Sumatera sendiri memiliki cita rasa tersendiri namun masih memiliki benang merah yang kuat.

 

Nikmatnya Kopi Sumatera yang Mendunia – Cara Paling Tepat

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat!

Mengenal Kopi Sumatera yang Sudah Mendunia serta Memilki Aroma dan Rasa Nikmat! Credit: bekraf.go.id

 

Menikmati secangkir kopi baik itu di pagi hari maupun sore memang merupakan momen paling menenangkan bagi para penikmatnya. Apalagi sambil melihat indahnya pemandangan alam di depan tatapan. Ditambah dengan makanan ringan yang menemani, bisa menjadi sebuah momen paling indah di hari itu.

 

Ternyata menikmati kopi Sumatera juga ada caranya agar lo benar-benar bisa merasakan nikmatnya kopi ini dengan maksimal. Kopi ini sendiri paling tepat dinikmati dengan cara diseduh menggunakan air panas atau sering juga disebut kopi tubruk.

 

Dengan cara tersebut, cita rasa dan aroma dari kopi ini akan lebih terasa dan tentunya sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat di hari yang sibuk. Cara penyajiannya sendiri juga sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Karena memang esensi kenikmatan dari kopi ini berada pada bijinya, bukan bagaimana cara pembuatannya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kopi Sumatera di atas? Yaap, kopi asli Indonesia ini memang sudah cukup mendunia. Banyak penikmat-penikmat kopi di luar sana yang sudah dimanjakan dengan kenikmatannya.

 

Cita rasa yang nikmat beserta dengan aromanya yang wangi menjadikannya sebuah hasil alam Indonesia nan indah. Buat lo para penikmat kopi atau baru ingin mengetahui cara untuk menikmati secangkir kopi, jenis kopi ini bisa menjadi pilihan lo. Semangat selalu dan jangan lupa untuk menyeruput nikmatnya kopi hari ini!

 

Source: kumparan.com

 

 

 
Featured Image: /makobar.com

 

Trending Beginner eksplorasi-kopi

9 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Citarasa kopi banyak tergantung dari varietas tanaman, tempat tumbuh dataran, kesehatan tanaman, cara petik, serangan hama dan penyakit. Hingga cara pengolahan, roasting dan brewing. Semua harus seimbang.... Mantap deh
Yuniarto ( Tato )
Sangat luar biasa
SRI YAYA ASTUTI
Kita patut bangan dengan komoditas kopi asli indonesia yang mendunia
Yudha Pratama
luar biasa infonya gan
Arip Munandar
2019 kopi membooming masuk dalam life style . dan banyak varian minuman dari kopi yang hits. kopi bisa di tinggalkan oleh orang yang pengen hits aja di media sosial, tapi tidak bisa di tinggalkan oleh pecinta kopi sejati.
Wafiroel N
kopi indonesia memang yg terbaik
Firgiawan
Punya citarasa khas tersendiri
Agus Sungkawa
Cita rasa kopi sumatra emang mantap dan luar biazzzaaaa
Yuniarto ( Tato )
Like like like