5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

Siapa bilang jalan-jalan ke luar negeri itu mahal? Nih ada 5 kota termurah di Asia Tenggara yang cocok banget buat para backpacker traveling. Penasaran? Sila simak bahasan di bawah ini ya!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

 

Siapa bilang sih kalau traveling itu hanya pemborosan? Percaya atau tidak ya bro – anak muda yang suka traveling justru mereka yang pintar sekali mengatur uang. Contohnya backpacker. Salah satu gaya traveling ini bisa lo anut kalau mau pintar atur uang!

 

Hal ini disebabkan oleh mereka, para backpacker, cukup teliti untuk mengeluarkan uang. Buat mereka, tiap uang yang dikeluarkan, mesti detil untuk apa, dan seberapa penting hasilnya nanti buat mereka. Yang penting sesuai fungsi saja.

 

 

Semisal, untuk beristirahat – yang tujuannya sama-sama tiduran dikasur, mungkin mereka akan memilih hostel, homestay atau villa-villa murah daripada mesti di hotel berbintang. Sama-sama menyewa kamar, kan. Jelas karena harganya beda, mereka tentu pilih yang lebih murah.

 

Walau begitu, lantas tidak memerhatikan fasilitas ya. Jelas mereka juga akan mengetahui terlebih dahulu fasilitas apa saja yang mereka dapat. Kalau mirip dengan yang ada di hotel, mengapa mesti bayar lebih mahal untuk tujuan istirahat tersebut?

 

Eits, bahasan kali ini bukan ingin mengulas berbagai idealisme para backpacker nih. Tapi, bahasan kali ini – sepertinya akan membuat mereka membuka kembali catatan perjalanannya. Pasalnya, di bawah ini, terdapat lima kota di Asia Tenggara yang biaya hidupnya cukup murah untuk hitungan para backpacker, ya.

 

Percaya atau tidak – beberapa kota di bawah ini di Asia Tenggara mempunyai biaya hidup kurang lebih hanya Rp 250 ribuan saja kok per harinya. Wah kalau lo mau tiga harian traveling dengan gaya backpacker – untuk ke sana, tidak perlu sampai berjuta-juta banget kok, bro!

 

Wah makin penasaran ya, sebenarnya – di mana saja sih kota-kota yang dimaksud? Daripada makin penasaran, sila bersiap untuk mengganti beberapa target destinasi perjalanan lo dengan lima kota yang ada di bawah ini ya!

***

 

Kota Termurah Buat Backpacker: Hanoi, Vietnam

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan! credit: travelinglifestyle.net

Kota pertama di Asia Tenggara yang direkomendasikan buat lo para backpacker adalah Hanoi di Vietnam. Percaya atau tidak – dalam satu harinya, lo hanya butuh mengeluarkan budget kurang lebih 18,30 dollar atau setara dengan Rp 250 ribu saja, bro.

 

Angka tersebut sudah termasuk ongkos akomodasi yang sebesar Rp 54 ribuan untuk penginapan, lalu Rp 29 ribuan untuk transportasi serta Rp 150 ribuan untuk makanan dan minuman, Rp 11 ribuan untuk ikut menyaksikan atraksi wisata.

 

Murah? Jelas. Kepengin? Langsung atur waktu dan pesan tiket pesawat jauh-jauh hari agar lebih murah dan bersiap untuk berangkat ke Hanoi, Vietnam, bro!

 

Kota Termurah Buat Backpacker: Vientiane, Laos

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan! credit: bucketlistly.blog

Selain Vietnam, negara dengan kota termurah untuk para backpacker adalah Laos. Dan kota dengan biaya hidup yang rendah di sana adalah Vientiane. Tidak jauh berbeda dengan yang ada di Hanoi, di Vientiane lo cukup menyiapkan budget per harinya kurang lebih Rp 259 ribu saja.

 

Jumlah tersebut sudah termasuk ke biaya akomodasi sebesar Rp 70 ribuan, transportasi yang sebesar Rp 30 ribuan, makan dan minum sebesar Rp 142 ribuan, dan masih bisa mengikuti atraksi wisata yang ada di kota tersebut dengan hanya membayar Rp 15 ribuan.

 

Bagaimana bro? Hanoi sudah, selanjutnya adalah Vientiane di Laos yang sepertinya mesti masuk ke dalam daftar perjalanan lo di 2020 ini nih!

 

Kota Termurah Buat Backpacker: Ho Chi Minh, Vietnam

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan! credit: hostelworld.com

Balik lagi ke Vietnam. Walau tidak semurah di Hanoi, tapi Kota Ho Chi Minh adalah kota termurah ketiga yang bisa direkomendasikan ke lo dan para backpacker lainnya. Hal ini berkaitan dengan budget yang mesti lo siapkan perharinya hanya 19,48 dollar atau kurang lebih Rp 266 ribuan saja.

 

Angka tersebut sudah termasuk dengan akomodasi penginapan yang sebesar Rp 60 ribuan, lalu transportasi Rp 29 ribuan, makan dan minum sebesar Rp 158 ribuan dan masih bisa melihat atraksi wisata lokal dengan membayar kurang lebih Rp 17 ribuan saja.

 

Kota Termurah Buat Backpacker: Yangon, Myanmar

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan! credit: twistedsifter.com

Lebih mahal dari Ho Chi Minh di Vietnam – Yangon di Myanmar jadi kota termurah nomor empat buat lo datangi, bro. Cukup menyiapkan ongkos atau budget harian sebesar 20,10 dollar atau kurang lebih sebesar Rp 275 ribuan, lo sudah bisa puas berkeliling Yangon.

 

Pasalnya, dari jumlah tersebut – lo sudah bisa membayar penginapan sebesar Rp 75 ribuan, lalu ongkos transportasi yang hanya Rp 9 ribuan, lalu makan dan minum kurang lebih bisa mencapai Rp 170 ribuan di sana.

 

Kota Termurah Buat Backpacker: Pokhara, Nepal

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan!

5 Kota di Asia Tenggara yang Cocok Buat Backpacker: per Hari cuma Rp 250 ribuan! credit: hostelworld.com

Yang mahal buat ke Nepal adalah daftar dan ikut pendakian ke Pegunungan Everest nih bro! kalau di kota-kotanya seperti Pokhara, cukup murah kok. Hal ini berkaitan dengan ongkos per hariannya yang bisa lo siapkan sebesar Rp 277 ribuan saja.

 

Penginapan di sana cukup murah, bisa mencapai Rp 49 ribuan saja, lho. Nah tapi, buat makan dan minum memang cukup pricey nih. Pasalnya lo bisa mengeluarkan sampai Rp 200 ribuan lho. Tapi tetap pintar-pintar menanyakan harga agar tidak digetok ya sama yang jual!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima kota termurah di kawasan Asia Tenggara yang sudah dijelaskan di atas, apakah sudah membuat lo mengganti beberapa target destinasi perjalanan 2020 lo ini?

 

Source – Travel Kompas

Feature Image – theculturetrip.com

Urban Places Beginner solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Loh malah bisa lebih murah di Indonesia.. Jadi pengen nih
dephy
nabung dulu mulai sekarang biar bisa traveling ke luar negeri
Agus Sungkawa
Mendingan ke negara2 tersebut d atas..biayanya lebih murah ya
Hari Tristiyanto
mamtap infonya
Wafiroel N
mantap nih, pilihan realistis untuk traveling
Yumna Aditya Prakoso
lebih murah lagi kalo bikepacking
Yudha Pratama
keren abis gan
Ricko Pratama Putra
Nice Info