Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Selain terkenal akan keindahan alamnya, daerah Purworejo juga memiliki aneka kuliner tradisional yang nikmat. Semuanya patut dicoba wisatawan kala liburan. Makanan apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Belum lama ini, perhatian publik tertuju pada daerah Purworejo sejak berita Kerajaan Keraton Agung Sejagat meluas. Purworejo bisa menjadi pilihan tempat liburan ideal karena dipenuhi beragam hal menarik. Kabupaten asal Jawa Tengah memiliki sejumlah spot wisata indah yang menakjubkan. Hal ini dapat dibuktikan ketika lo menyambangi Pantai Jatimalang dan Curug Muncar yang menawarkan pemandangan eksotis.

 

Selain itu, Purworejo juga memiliki daya tarik pada keberagaman kulinernya. Lo bisa mencicip aneka makanan tradisional bercita rasa unik. Menjajal makanan khas daerah ini tentunya bakal membuat momen liburan lo terasa komplit

 

Apa saja kuliner khas Purworejo yang patut dicari wisatawan saat liburan? Seperti apa rasa yang ditawarkan makanan khas daerah ini? Berikut adalah rekomendasi 5 kuliner khas Purworejo untuk pelancong. Silakan dibaca sampai ke bawah ya bro!

 

1. Clorot

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan! Photo Credit: @kangbenz86

Saat berlibur ke Purworejo, pelancong tak boleh melewatkan kelezatan clorot. Makanan satu ini diolah dari tepung beras yang diberi sedikit tambahan tepung kanji, gula merah, dan garam. Bahan--bahan tersebut nantinya dicampur hingga tercipta adonan bertekstur cair agak kental.

 

Adonan lalu diletakkan ke dalam bungkusan daun kelapa berbentuk corong. Setelah itu, clorot akan melewati proses pengukusan hingga bentuknya mengeras. Masyarakat Purworejo biasanya menikmati clorot dengan cara menusuk area bawah clorong menggunakan satu jari.

 

Keistimewaan clorot juga terlihat dari aromanya yang harum lantaran diberi campuran vanili atau daun pandan. Makanan satu ini cocok dijadikan camilan bagi pelancong yang tengah bersantai. Jangan lupa mencari clorot ketika berwisata kuliner ya bro!

 

 

2. Geblek

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan! Photo Credit: bloggermaknyus.blogspot.com 

Purworejo juga mempunyai camilan bernama unik yang digemari banyak orang. Kuliner tersebut adalah geblek. Ketika mencobanya, lo bakal terbius dengan rasanya yang unik dan lezat. Geblek tentu saja wajib dicari pelancong yang hobi berwisata kuliner kala liburan.

 

Makanan ringan ini kabarnya diolah dengan bahan tepung kanji. Lo bisa menikmatinya dengan sambal kacang. Jika diperhatikan sekilas, rupa geblek mirip dengan camilan khas Sunda bernama Cireng. Keduanya pun sama-sama terbuat dari tepung kanji.

 

Geblek pas disantap berbarengan dengan teh atau kopi hangat. Perpaduan ini bakal membuat lo semakin rileks dan santai pada masa liburan. Oleh sebab itu, jangan lupa menjajal kelezatannya saat berkunjung ke Purworejo ya bro!

 

3. Sego Megono

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan! Photo Credit: cookpad.com

Makanan ini terdiri atas cacahan nangka muda yang disertai parutan kelapa dan aneka bumbu lain. Segi megono bisa lo temukan di berbagai tempat di Purworejo. Rasa yang ditawarkan kuliner ini pun tak kalah nikmat dengan makanan Purworejo lainnya. Wajib coba deh!

 

Banyak orang menyamakan rasa cacahan nangka dan parutan kelapa pada kuliner ini dengan urap sayur. Hal tersebut tentu hanya bisa lo buktikan dengan mencicipi sego megono secara langsung. Lo dapat memadukan sego megono dengan aneka lauk pauk. Mantap, bukan?

 

Contoh lauk yang pas disantap bersama sego megono adalah telur balado, tempe mendoan, ayam, bandeng presto, dan lain-lain. Pelancong yang hobi jalan-jalan kuliner tentu wajib menjajal kelezatan sego megono di Purworejo. Sekali mencobanya, lidah lo akan dibuai kenikmatan yang berkesan.

 

4.  Dawet Ireng

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan! Photo Credit: instagram.com/rafiqjauhary

Sebagian besar orang mungkin sudah menjumpai es dawet dengan adonan cendol berwarna hijau. Akan tetapi, bagaimana dengan adonan cendol berwarna hitam? Nah, Purworejo diketahui punya hidangan es dawet berwarna hitam yang bercita rasa nikmat. Namanya adalah dawet ireng.

 

Warna hitam pada kuliner ini kabarnya berasal dari pewarna alami berupa abu jerami padi. Abu tersebut diambil dari jerami yang sudah mengalami pembakaran. Pedagang nantinya menggunakan abu jerami yang sudah dihaluskan untuk mewarnai adonan cendol.

 

Cara penyajian dawet ireng tak berbeda dengan es cendol atau es dawet kebanyakan. Lo bisa menikmatinya dalam mangkuk kecil atau gelas. Bahan-bahan yang turut dicampur ke dalam minuman ini di antaranya adalah cairan santan kelapa, cairan gula merah kental, dan es serut.

 

Kuliner ini enak dikonsumsi pada saat cuaca terik atau waktu siang hari. Dawet ireng menghadirkan rasa nikmat yang menyegarkan pikiran. Lo tentu bisa menyantapnya di tengah-tengah perjalanan wisata bersama orang terdekat.

 

 

5. Sate Winong

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan!

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Purworejo, Patut Dicari Pas Liburan! Photo Credit: rifkipolsa.blogspot.com 

Hidangan sate khas Purworejo ini mungkin terlihat sama seperti pada sate umumnya. Akan tetapi, Sate Winong dibuat dengan bumbu unik yang membuat rasanya terasa istimewa di lidah. Bumbu yang dipakai untuk membuat kuliner ini adalah kecap manis yang diolah sendiri, beberapa rempah, dan gula merah.

 

Sate winong diolah menggunakan daging kambing muda yang gurih dan lezat. Pedagang biasanya menghidangkan makanan ini bersama irisan bawang merah, timun, dan cabai rawit. Begitu mencicip sate winong, lo bakal dibuai cita rasanya yang begitu nikmat dan khas. Bumbunya yang unik dan berbeda menjadikan kuliner ini dicintai banyak orang. Sempatkan waktu mencobanya ya bro!

 

Demikian 5 makanan khas Purworejo yang patut lo cicip ketika liburan. Semoga informasi ini membantu lo yang membutuhkan referensi kuliner saat jalan-jalan. Kelima hidangan di atas menyajikan rasa unik yang bakal membuat perjalanan wisata lo terasa berkesan. Silakan jajal semuanya ya!

 

Source: detik.com

Feature Image -  celotehanaknegeri2014.blogspot.com

 

Trending Beginner foodventure

16 COMMENTS

SHARE
dephy
yang paling viral DAWET JemBut = DAWET Jembatan Butuh
SRI YAYA ASTUTI
PALING SUKA SAMA DAWET IRENG PURWOREJO
Agung Sutrisno
Keinget pengalaman gara gara makan gebleg jadi sakit gigi krn lengket... Tapi SO far.. Enak
Resatya Oktafitullah SAV
Suweger eeeee
Hari Tristiyanto
enak nih kayaknya
arief
cendol hitam yg mantappp
Kristian Mustafa
Perlu di coba kayaknya nih.
Wafiroel N
satenya mantap, cocok buat isi tenaga
Yumna Aditya Prakoso
sega megono di pekalongan juga ada hloo
Yudha Pratama
keren abis gan