Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri!

Craft beer jadi penambah harmoni minuman seru untuk menemani lo mengakhiri pekan nih. Sudah pernah coba bro? Atau belum tahu apa itu craft beer? Sila simak bahasan ini dulu ya!

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri!

 

Selain coffee shop – beberapa tempat yang akan diprediksi ramai setiap akhir pekan adalah pub, tavern, dan bar. Segelas sampai dua gelas bir memang tidak bisa dipungkiri kalau bisa jadi teman baik untuk menghabisi waktu libur.

 

Bicara soal bir, di Indonesia sendiri – berbagai merk sudah ada. Terlebih di Bali yang notabennya menjadi tempat di mana banyak budaya berada. Tidak heran jika bir menjadi minuman pembuka obrolan yang enak.

 

Nah, itukan yang sudah bermerk. Akhir-akhir ini, terdapat istilah yang terkait dengan bir. Istilah yang dimaksud adalah craft beer. Craft beer sempat jadi topik obrolan hangat dan tentunya jadi teman yang baik untuk para millennials menghabiskan akhir pekan.

 

 

Eits, apakah lo masih awam dan belum tahu apa itu craft beer? Buat lo yang belum tahu apa itu craft beer – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri!

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri! credit: indozone.id

Istilah ini muncul kurang lebih saat sebagian bar kecil yang mempunyai bir dengan merk yang tidak terkenal. Umumnya kan merk bir yang sudah terkenal menjadi pilihan utama untuk menemani akhir pekan.

 

Tapi ini ada beberapa bir-bir dengan merk yang tidak begitu terkenal menghiasi berbagai bar-bar kecil tersebut. Nah, bir-bir ini disebut juga dengan istilah craft beer. Tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan craft beer tersebut?

 

Buat para beer geek – istilah lain untuk mereka yang gemar meminum bir beserta mengetahui berbagai khasanah terkait minuman tersebut – membahas apa itu craft beer adalah hal yang sangat menarik. Craft beer adalah bir yang dibuat dalam skala kecil.

 

Craft Beer adalah bir yang dibuat dalam skala kecil.

 

Percaya atau tidak nih bro kalau bir-bir dengan merk terkenal dan yang sudah populer, tentu diproduksi dengan skala yang sangat besar. Hal ini tentu berkaitan erat dengan urusan memenuhi permintaan pasar dan konsumen.

 

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri!

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri! credit: bbgroup.com.vn

Nah buat bir-bir yang dibuat dengan skala kecil – disebut dengan craft beer. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah barelnya yang hanya diproduksi 6 juta barel saja dan tidak lebih. Lalu, buat apa bir ini dibuat?

 

Alasan mengapa bir ini dibuat adalah orang lokal yang suka bereksperimen dengan jenis minuman yang satu ini. Walaupun dibuat dengan tangan lokal, tapi ada andil dari korporat besar yang mendanai pembuatan bir tersebut. Tapi hanya 25% nya saja sih.

 

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri!

Mengenal Craft Beer: Bir yang Punya Cita Rasa Tersendiri! credit: dakotabeer.gr

Fakta menarik lainnya dari craft beer adalah cita rasanya yang berbeda daripada yang lain. Hal ini jelas, adalah hasil eksperimen dan inovasi dari mereka para lokal yang mau membuat bir ini. Biasanya, craft beer punya bahan-bahan tersendiri.

 

Masih termasuk dalam proses tradisional, craft beer menggunakan berbagai bahan dari alam yang difermentasikan dengan cara yang kurang lebih sama, tapi lebih tradisional saja. Dari cara dan proses ini, bir ini jadi punya cita rasa yang beda.

 

Mulai dari buah-buahan sampai ke kopi – rasa craft beer ini jadi ‘penyegar’ untuk mereka yang mulai bosan dengan rasa bir yang itu-itu saja. Oleh karena itu, craft beer jadi salah satu favorit anak muda yang ingin menyesap bir dengan rasa yang beda.

 

 

Namun, hal ini tentu tidak jadi patokan kalau lo mau ke bar, pub atau tavern – mesti memesan craft beer ya. Semua dikembalikan kepada selera lo untuk menemani akhir pekan lo dengan santai!

 

Source – beergembira.com

Feature Image – mixology.eu

Trending Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Wah jadi penasaran. Apakah bakalan kayak Coffee Shop dimana mana ada
Firgiawan
Kayanya mantaps tuh
Hari Tristiyanto
mantap.... bikin haus
SRI YAYA ASTUTI
ga kalah sama beer brand ternama
AMBO SOLLE
Ngak Suka minum bear min
Resatya Oktafitullah SAV
Suwegerehhhhh
Cecep Jajang
Seger banget ????
Agus Sungkawa
Menjadi patokan kalu mau ke bar,termakasih infonya
Hari Tristiyanto
mantap nih...
Yudha Pratama
good info oom bro