Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Bila hendak menempuh penerbangan jarak jauh, pelancong pemula baiknya memerhatikan beberapa hal penting yang menunjang kenyamanan perjalanan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Pesawat terbang menjadi salah satu transportasi yang sering diandalkan banyak orang untuk bepergian jarak jauh. Sama seperti kendaraan lainnya, panjang pendeknya perjalanan pesawat ditentukan oleh destinasi yang dipilih. Wisatawan tentu perlu mempersiapkan diri agar perjalanan terasa nyaman hingga tiba di bandara tujuan.

 

Jika hendak menempuh penerbangan jarak jauh, lo hendaknya mengamati beberapa hal yang menunjang kenyamanan perjalanan. Salah satu contohnya adalah jenis maskapai penerbangan yang dipilih. Traveler sudah sepatutnya memilih maskapai yang mampu memberikan pelayanan terbaik.

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: marriottvacationclub.com

Carilah maskapai penerbangan yang dapat memenuhi kebutuhan lo di atas pesawat. Dengan begitu, lo bisa menikmati perjalanan jarak jauh secara santai dan nyaman. Waktu perjalanan bisa lo isi dengan banyak hal seperti berfoto dari dalam kabin atau tidur untuk memulihkan stamina. Durasi perjalanan yang memakan waktu berjam-jam pun takkan terasa hingga lo tiba di tempat tujuan.

 

Kiat Memilih Maskapai Penerbangan yang Cocok untuk Penerbangan Jarak Jauh

Oleh sebab itu, wisatawan sebaiknya tak hanya tertuju pada harga tiket pesawat murah saja. Perhatikan juga hal-hal penting lainnya dari maskapai penebangan yang dipilih demi mendapat kepuasan maksimal. Apa sajakah itu? Dilansir dari airpas yang dikutip merahputih.com, berikut adalah 3 cara memilih maskapai untuk penerbangan jarak jauh.

 

1. Memeriksa Daftar Makanan yang Ada di Pesawat

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: eatthis.com

Traveler bakal mudah merasa lelah dan lapar saat menempuh penerbangan jarak panjang. Kondisi perut yang kosong juga kerap kali membuat sejumlah penumpang pesawat mabuk udara. Hal ini tentu membuat suasana perjalanan berubah menjadi tak nyaman, terutama bagi penumpang yang menghabiskan waktu berjam-jam di atas pesawat.

 

Oleh sebab itu, lo dianjurkan mencari maskapai penerbangan yang memiliki layanan in flight meals. Saat ini ada banyak maskapai yang menyajikan makanan gratis kepada para penumpang di atas pesawat. Di samping itu, ada juga maskapai yang mewajibkan penumpangnya untuk memesan sebelum naik pesawat.

 

Traveler bisa mengecek menu makanan yang dihidangkan selama penerbangan melalui situs maskapai. Dari situs tersebut, lo bisa melihat bermacam-macam makanan sesuai rute penerbangan yang dipilih. Penumpang pesawat yang punya alergi terhadap makanan tertentu baiknya menghubungi call center dari maskapai pilihan agar perjalanan tetap nyaman.

 

 

2. Melihat Fasilitas Hiburan yang Ditawarkan Maskapai Penerbangan

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: theluxenomad.com

Hal lainnya yang perlu dicek traveler saat memilih maskapai penerbangan untuk perjalanan jarak jauh adalah fasilitas hiburan. Rasa bosan tentu bakal mudah muncul ketika lo menempuh penerbangan panjang. Oleh sebab itu, traveler baiknya memilih maskapai penerbangan yang disertai layanan in flight entertainment.

 

Layanan ini memungkinkan lo untuk menjajal banyak hal menarik. Contohnya seperti menonton film secara gratis, membaca majalah gratis, mendengarkan musik, dan lain-lain. Setiap maskapai penerbangan diketahui punya fasilitas hiburan berbeda. Agar tak salah pilih, lo baiknya membandingkan hiburan yang ditawarkan suatu maskapai dengan maskapai lainnya. Semuanya bisa dicek lewat situs maskapai yang dipilih.

 

3. Mengecek Kelengkapan Fasilitas di dalam Pesawat

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: born2invest.com

Traveler juga wajib memastikan setiap fasilitas yang dihadirkan suatu maskapai penerbangan. Pilihlah maskapai yang sesuai dengan standar kenyamanan lo sendiri. Cek segala fasilitas yang ada, mulai dari jarak ruang antar kursi, bahan kursi pesawat, toilet dalam pesawat, dan lain-lain.     

 

Bila sudah yakin dengan fasilitas di kabin, jangan lupa juga untuk memeriksa kualitas pelayanan kru kabin maskapai. Pastikan tak ada hal yang menganggu kenyamanan lo saat penerbangan nanti. Oke, bro?

 

Tips Bawa Barang saat Menaiki Penerbangan Jarak Jauh

Selain pemilihan maskapai, traveler juga hendaknya menyiapkan beberapa peralatan agar siap menempuh perjalanan jarak jauh. Cari tahu juga teknik yang tepat untuk membawa barang-barang tersebut agar perjalanan terasa nyaman. Bersumber dari kompas.com, berikut adalah 3 tips dan trik membawa barang saat bepergian jarak jauh.

 

1. Membawa Barang Secukupnya Saja

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: trulytraveled.com

Jika hendak menempuh penerbangan jarak jauh, penumpang pesawat baiknya tidak membawa barang terlalu banyak ke kabin. Kaki lo dipastikan terganggu dengan keberadaan barang yang diletakkan di bawah kursi di depan. Kondisi ini tentu akan membuat penumpang merasa tak nyaman, terlebih jika memakan waktu belasan jam.

 

2. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang cocok dikenakan traveler ketika menempuh penerbangan jarak jauh adalah pakaian longgar dan tidak panas. Pasalnya, karakteristik baju ini bakal memungkinkan penggunanya untuk bergerak secara fleksibel. Jangan lupa juga memakai sepatu yang mudah dilepas serta jaket untuk mengantisipasi suhu pesawat yang dingin.

 

Traveler juga disarankan tak memakai lensa kontak selama penerbangan jarak jauh. Pemakaian kacamata dalam perjalanan jarak jauh diketahui dapat meningkatkan risiko berbahaya bagi mata. Oke, bro?

 

 

3. Menyiapkan Peralatan Khusus

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula

Cara Terbaik Nikmati Penerbangan Jarak Jauh bagi Pelancong Pemula. Photo Credit: corporatetravelsafety.com

Demi mendapatkan kenyamanan ekstra, lo sebaiknya membawa sejumlah peralatan khusus yang cocok untuk situasi penerbangan jarak jauh. Contohnya seperti masker tidur, headphone, bantal leher, dan penutup telinga. Kehadiran alat-alat ini bakal membuat kondisi tubuh dan otak lo menjadi lebih nyaman.

 

Demikian hal-hal penting yang perlu diketahui pelancong terkait penerbangan jarak jauh. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang berencana menjajal penerbangan jarak jauh dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk menerapkan hal-hal di atas ketika bepergian jarak jauh ya bro! Selamat liburan

Feature Image: cheatsheet.com

In Depth Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
kita memang harus meencanakan hal yang penting untuk traveling
Agus Sungkawa
Hal hal yang sangat penting di ketahui pelancong saat naik pesawat,bermanfaat sekali informasinya
Hari Tristiyanto
makasih info nya
Yudha Pratama
bermanfaat sekali. tengkiu min.
ditra nugraha
makasih info yg bermanfaat
Arip Munandar
oke min. makasih buat info nya
Firgiawan
Sangat Bermanfaat infonya
Yuniarto ( Tato )
Yang penting Tenang
Ricko Pratama Putra
Segala sesuatu harus mengeceknya.. Bukan hanya naik pesawat aja.
Agung Sutrisno
Sebaiknya traveller memperhatikan beberapa hal penting yang menunjang kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.