7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

Glasgow diketahui menjadi salah satu kota yang terpilih menjadi lokasi syuting film 1917. Kota asal Skotlandia ini terkenal akan keindahan spot wisatanya yang menakjubkan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro!

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

Ada banyak pilihan film keren yang bisa lo tonton di bioskop saat ini, salah satunya adalah 1917 karya Sam Mendes. Cerita film ini berfokus pada dua tentara Inggris yang ditugaskan membawa pesan kepada 1600 tentara lain di daerah musuh. Salah satu daerah yang dipilih menjadi lokasi syuting 1917 adalah kota Glasgow di Skotlandia.

 

Kota ini memang punya pesona tersendiri di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Glasgow dipenuhi banyak spot wisata keren yang menjanjikan pengalaman seru. Di mana sajakah itu? Berikut adalah 7 spot wisata ciamik yang bisa dijumpai traveler di Glasgow. Silakan dibaca!

 

1. Glasgow City Chambers

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: sundaypost.com

Lo bisa menjumpai bangunan kuno ini di City Center. Glasgow City Chambers diketahui merupakan ikon kesejahteraan warga Glasgow. Gedung dengan gaya arsitektur indah ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1888. Traveler penikmat sejarah tentu wajib menyambangi tempat ini saat liburan.

 

Dahulu, gedung ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan Glasgow City Council selama ratusan tahun. Kini pelancong bisa mendatangi Glasgow City Chambers mulai dari Senin hingga Jumat. Jam operasionalnya berlangsung dari pukul 08.30 hingga 17.00 waktu setempat.  

 

Pengunjung Glasgow City Chambers juga berkesempatan menjajal tur keliling gedung yang diadakan dua kali sehari. Tur pertama kabarnya dimulai dari pukul 10.30, sementara tur kedua dimulai dari pukul 14.30. Jangan lupa mendatangi gedung ini ya bro!

 

2. Royal Exchange Square

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: flickr.com/photos/7502723@N06

Gedung ini dibangun pertama kalinya pada tahun 1778. Traveler dapat menemukan Royal Exchange Square di pusat kota Glasgow, tepatnya di antara persimpangan Buchanan Street dan Queen Street. Saat berkunjung ke sini, lo bisa menghabiskan waktu dengan berburu foto.

 

Royal Exchange Square kabarnya didirikan oleh pengusaha rokok asal Skotlandia bernama William Cuninghame. Hak kepemilikan gedung ini diketahui berpindah ke Royal Bank of Scotland sejak tahun 1817. Kemudian, pada tahun 1996, Royal Exchange Square dialihfungsikan menjadi Gallery of Modern Art

 

Gedung ini juga menawarkan panorama indah pada malam hari. Mata lo bakal dimanjakan indahnya warna-warni cahaya lampu yang menakjubkan. Sempatkan waktu berkunjung ke Royal Exchange Square ya bro!

 

 

3. Glasgow Necropolis

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: historicgraves.com

Area pemakaman satu juga sering menyita perhatian wisatawan karena menyajikan pemandangan indah. Glasgow Necropolis bisa lo jumpai di sisi timur Glasgow Cathedral. Begitu tiba di sini, traveler bisa melihat sekitar 50 ribu makam kelompok masyarakat Victoria dari berbagai kalangan umur.

 

Tidak semua makam di Glasgow Necropolis memiliki nama dan nisan. Jumlah kuburan yang disertai nisan bahkan relatif sedikit dibandingkan dengan kuburan bernama. Pihak yang mendirikan area pemakaman ini adalah Merchant House.

 

Glasgow Necropolis dibangun sejak tahun 1650 dan kini masuk dalam area perumahan Wester Craigs. Saat ini, pihak yang bertugas sebagai pengelola area pemakaman ini adalah Glasgow City Council. Mereka dikabarkan sudah mengatur Glasgow Necropolis sejak tahun 1960.

 

4. Buchanan Street

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: gillespies.co.uk

Jika berniat mencari oleh-oleh khas kota Glasgow atau Skotlandia, lo bisa mengunjungi Buchanan Street. Jalan ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Skotlandia. Buchanan Street kabarnya juga menyatukan wilayah Sauchiehall Street dan St. Enoch Square. Di tempat ini, wisatawan juag dapat menikmati pertunjukkan musik yang dibawakan seniman Glasgow.

 

5. Kelvingrove Art Gallery and Museum

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: travel-assets.com

Tempat ini menduduki peringkat teratas dalam daftar wisata yang wajib dikunjungi di Glasgow versi Trip Advisor. Kelvingrove Art Gallery and Museum menawarkan pengalaman liburan yang berkesan. Di dalam museum ini, lo bisa mengamati bermacam-macam artefak berumur ratusan tahun.

 

Lokasi museum ini berada di tengah-tengah Kelvingrove Park. Jika tertarik pergi ke sini, traveler dapat mencari University of Glasgow terlebih dahulu. Kelvingrove Museum nantinya bisa lo temukan di seberang universitas tersebut. Oke, bro?

 

6. Ashton Lane

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917

7 Spot Wisata Ciamik di Glasgow, Kota yang Jadi Lokasi Syuting Film 1917. Photo Credit: siredwards.com

Bila berangkat dari University of Glasgow, lo bisa menyambangi jalan ini hanya dalam waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Asthton Lane berlokasi di daerah West End, Glasgow. Jalan ini dipenuhi banyak bar dan pub yang dikelola masyarakat setempat.

 

Selain itu, traveler juga bisa menemukan bioskop legendaris bernama The Grosvenor di jalan ini. Bioskop yang dibangun sejak tahun 1921 ini kabarnya sempat tutup pada tahun 2002 untuk melewati proses renovasi. The Grosvenor kemudian dibuka kembali pada November 2003.

 

 

7. The Cloisters University of Glasgow

University of Glasgow punya banyak spot indah dan menarik yang layak dijelajahi traveler. Salah satu contohnya adalah The Cloisters. Sejumlah pihak berkata bahwa tempat ini menjadi salah satu inspirasi desain sekolah Hogwarts dalam seri film Harry Potter. The Cloisters kabarnya juga pernah menjadi lokasi pengambilan adegan film Cloud Atlas dan Outlander. Keren ya?

 

Demikian 7 spot wisata mengagumkan yang bisa lo jumpai di kota Glasgow, Skotlandia. Sejak diberitakan menjadi salah satu lokasi syuting film 1917, Glasgow semakin mendapat perhatian dunia internasional. Keindahan aneka tempat wisata di kota ini tentu layak ddatangi traveler ketika liburan. Manakah spot wisata yang paling ingin lo kunjungi?

 

Source: tempo.co

Feature Image -

Urban Places Beginner

14 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
klasik itu abadi,,bangunan yang tak akan pernah lekang oleh waktu
SRI YAYA ASTUTI
MEMANG BENAR-BENAR CIAMIK
Resatya Oktafitullah SAV
Makin klasik makin asik katanyaa
Agus Sungkawa
Spot spot yang menakjubkan di kota Glasgow
Hari Tristiyanto
bener2 mantap view nya
Yudha Pratama
bermanfaat sekali. tengkiu min.
ditra nugraha
ciamik, kapan bisa kesana
Kristian Mustafa
Tempatnya keren-keren.
Firgiawan
Romantika Jaman Dulu
arief
mudah2n bisa berkunjung kesana, makasih infonya min