Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Berwisata dengan kapal pinisi sepertinya diprediksi akan naik daun di tahun 2020 ini. Sebelum lo mencobanya, pastikan sudah mengetahui berbagai tips aman untuk tren traveling tersebut ya!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

 

Baru saja kemarin dibahas kalau salah satu aksesoris wisata premium, Kapal Pinisi yang ada di Lombok, dikunjungi oleh orang No.1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo, mengalami kejadian yang kurang beruntung. Pasalnya, kapal yang mengangkut rombongan wartawan, terbalik.

***

 

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut! credit: nasional.kompas.com

Kejadian kurang beruntung itu tidak sampai memakan korban. Dilansir dari CNN Indonesia – Kapal Pinisi yang terbalik itu disebabkan oleh hembusan angin yang kencang serta diiringi oleh gelombang laut yang meninggi. Sontak, kapal langsung terbalik dan menumpahkan isinya.

 

Dari kejadian tersebut – wisata kapal laut tentu mempunyai resiko-resiko yang seperti itu. Oleh karena itu, lo mesti mengetahui setidaknya berbagai cara untuk mengantisipasinya. Well, namanya juga berdekatan dengan alam, bisa apa saja terjadi.

 

Namun, Kapal Pinisi yang kemarin juga baru saja dibahas – memang mempunyai fasilitas yang wahid. Mungkin dari fasilitas tersebut – pihak pengelola akan menambahkan sekoci kecil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak bisa diprediksi seperti itu.

 

 

Nah, berdasarkan American Sailing Association – setidaknya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Buat lo yang ada rencana untuk berwisata kapal laut, baik Kapal Pinisi atau Kapal Pesiar – mesti ada hal-hal bisa menanggulangi resiko-resiko yang ada.

 

Buat lo yang sudah penasaran apa saja hal-hal tersebut – sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Tips Aman Wisata Kapal Laut: Ketahui Musim yang Tepat

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut! credit: idntimes.com

Tidak jauh berbeda dengan traveling di darat, bro – traveling di laut seperti wisata dengan kapal laut atau kapal pesiar dan bahkan kapal pinisi tentu harus mengetahui kapan musim yang tepat untuk datang ke sana.

 

Buat lo yang ingin berwisata kapal laut – pastikan musim yang akan lo datangi berkondisikan gelombang laut yang tenang, angin yang sepoi-sepoi, dan matahari yang bersinar cerah adalah salah satu kondisi yang tepat untuk berlayar.

 

Lalu hal lain yang bisa lo lakukan adalah mengikuti segala anjuran keselamatan yang ada dan resmi. Kalau memang bukan musim yang baik untuk berlayar – lebih baik lo tunda terlebih dahulu. Jangan lupa untuk perbarui berita cuaca di lembaga terkait.

 

Tips Aman Wisata Kapal Laut: Bawaan Simpel!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut! credit: bahanatour.net

Maksudnya jangan sampai salah kostum, bro! Buat lo yang ada rencana untuk berlayar dengan kapal pesiar atau kapal pinisi – pastikan lo mengenakan pakaian yang cocok dengan kondisi ya. Seperti baju kaus oblong, celana pendek dan sandal.

 

Mungkin, untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang bisa saja mendadak berubahnya – bawa jaket anti angin atau windproof jacket. Oh iya, bawa barang bawaan yang sederhana saja ya. Namun juga pastikan sesuai dengan waktu traveling lo di sana nanti.

 

Pakaian yang berbahan mudah kering adalah salah satu bahan pakaian yang direkomendasikan buat lo yang mau berwisata kapal laut nanti.

 

Tips Aman Wisata Kapal Laut: Jangan Lupa Isi Perut

Nah ini yang mesti diperhatikan nih bro. Jangan sampai lupa atau telat makan dan minum ya. Aktivitas lo pasti banyak nih. Mulai dari eksplor kapal lautnya, belum lagi kalau island hopping atau snorkelling dan diving – pasti membutuhkan banyak tenaga.

 

Oleh karena itu, pastikan jangan lupa buat isi perut ya. Oh iya, karena biasanya di laut cuacanya cukup terik – pastikan jangan lupa untuk selalu minum air mineral ya. Jangan sampai dehidrasi bro!

 

Tips Aman Wisata Kapal Laut: Peralatan Snorkeling Pribadi

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut! credit: wirecutller.com

Kalau punya peralatan snorkelling pribadi – mending sekalian dibawa saja bro. Tidak mungkin kalau lo tidak menyelam selama berlayar tersebut. Kalau lo tidak punya, biasanya pengelola kapal menawarkan jasa penyewaan.

 

Namun, terkadang kan ada saja yang tidak pas ukurannya dengan diri lo. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan peralatan snorkelling pribadi saja.

 

Tips Aman Wisata Kapal Laut: Mengetahui SOP Penyelamatan Diri

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut!

Tren Traveling Berlayar: Ini 5 Tips Aman Buat Wisata Kapal Laut! credit: nauticexpo.com

Mengetahui di mana pelampung disimpan, mengetahui dan paham bagaimana cara mengenakannya, serta mengetahui bagaimana bertahan hidup jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti kapal terbalik adalah beberapa hal yang mesti lo persiapkan dari dalam diri lo.

 

Bisa berenang adalah hal yang sangat mendasar. Jadi persiapkanlah diri lo kalau ada kejadian buruk datang. Hal ini tentu berkaitan dengan tips pertama bro. Jika lo memang nekat untuk mencoba musim yang gelombang laut sedang tinggi-tingginya, apa boleh buat, lo mesti siap untuk segala hal apapun.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima tips aman buat berwisata dengan kapal laut – apakah ada yang mau lo tambahkan? Kalau ada yang kurang dan tentunya belum disebutkan di atas, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini agar traveler yang lain tahu juga ya bro!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – boombastis.com

Tips Beginner solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Tips yang bagus dan bermanfaat
Hari Tristiyanto
Nice info....
Firgiawan
Perhatikan Cuaca
SRI YAYA ASTUTI
info yang sangat membantu bagi kita yang akan traveling ke dengak kapal laut