Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat!

Meditasi ternyata bisa lo lakukan ketika liburan atau traveling, bahkan memiliki manfaat yang sangat baik loh. Enggak percaya? Simak saja artikel di bawah ini!

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat!

Banyak hal yang lo inginkan ketika pergi traveling, mulai dari ingin mendapatkan pengalaman mengeksplorasi tempat atau destinasi baru hingga hanya sesederhana ingin melepaskan rasa penat dari kehidupan sehari-hari. Nah, apakah lo tahu kalau lo bisa melakukan meditasi, lo bisa lebih peka lagi untuk menghilangkan rasa penat hingga benar-benar bisa mengontrol pemikiran lo?

 

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui sebenarnya meditasi itu sendiri memiliki banyak manfaat, bahkan cukup menguntungkan serta bisa digunakan ketika lo sedang menjalankan traveling loh. Karena dari aktivitas seru tersebut, belum tentu akan berjalan secara baik-baik saja bukan? Lo tetap harus mengupas serta menyelesaikan permasalahan. Ambil contoh saja, kalau tiba-tiba semua rencana lo terbengkalai karena sebuah kesalahan kecil.

 

 

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara agar lo bisa meditasi serta apa saja manfaatnya ketika lo liburan atau traveling? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Ingat, semua stres ataupun penat itu munculnya dari pemikiran lo sendiri loh.

 

Cara Meditasi untuk Pemula

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat!

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat! Credit: .yogajournal.com

 

Tentunya hal pertama yang perlu untuk lo ketahui ialah bagaimana cara melakukan meditasi itu sendiri, karena kalau lo tahu cara paling benar, maka lo akan bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik. Meditasi sendiri ialah praktik relaksasi untuk melepaskan pikiran dari hal-hal yang mencemaskan dan membebani hidup lo.

 

Melakukan meditasi sendiri tentunya lo akan lebih mudah untuk menyikapi, menentukan tindakan dan menyelesaikan masalah pribadi. Nah, pada saat liburan atau traveling tentunya lo bisa melakukannya di kamar hotel, villa atau bahkan di alam. Yang penting lo mampu untuk meluangkan waktu sebentar. Nah, berikut cara-cara agar lo bisa melakukan meditasi!

 

  • Bernafas Secara Biasa dan Natural

 

Bernafas secara biasa bisa menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa lo lakukan ketika ingin melakukan meditasi. Karena tidak ada patokan khusus mengenai cara bernafas saat lo melakukan meditasi. Selanjutnya, tidak masalah jika lo bernafasnya pendek atau agak dalam dan panjang. Pokoknya lakukan semuanya secara natural.

 

  • Berhitung ketika Bernafas

 

Kalau untuk pemula sangat disarankan untuk melakukan meditasi sendirian, tentunya agar lo lebih mudah untuk berkonsentrasi serta mendapatkan apa yang lo inginkan. Nah, pada saat menutup mata lalu menarik nafas, jangan lupa untuk menghitungnya.

 

Walaupun banyak pikiran di dalam kepala lo, hal itu tidak menjadi sebuah masalah. Yang penting ialah untuk tetap fokus menghitung jumlah nafas. Karena meditasi sendiri bukan berarti akan membuat lo tidak memikirkan apa-apa loh.

 

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat!

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat! Credit: medicalnewstoday.com

 

  • Tak Perlu Berpatok

 

Maksudnya dati tidak perlu berpatok ialah mengenai seberapa lamanya meditasi yang akan lo lakukan. Karena meditasi itu sendiri tak ada waktu tertentu yang bisa membuatnya lebih efektif loh. Hal yang paling terpenting untuk diingat selalu ialah kualitas.

 

Sehingga tidak terlalu penting mengenai durasi meditasi lo, yang penting lo tetap fokus dalam melakukannya. Walaupun hanya sebentar, namun lo benar-benar sungguh-sungguh melakukannya, maka hasilnya pun akan sangat positif.

 

  • Tentukan Waktu Terbaik

 

Ingat kalau meditasi itu sendiri tidak memiliki sebuah patokan kapan waktu terbaik untuk melakukannya, karena semuanya itu benar-benar kembali kepada diri lo sendiri. Sehingga lo harus benar-benar tahu, waktu paling nyaman untuk lo melakukan meditasi kapan.

 

Misalkan kalau lo termasuk morning person, maka lo bisa melakukan meditasi di pagi hari. Kalau lo lebih nyaman malam hari sebelum tidur, maka lakukanlah. Karena memang meditasi itu sendiri cukup fleksibel kok. Karena kalau lo tidak nyaman melakukannya, maka hasilnya tak akan maksimal.

 

Meditasi Ketika Liburan

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat!

Manfaat Meditasi ketika Traveling yang Bisa Menghilangkan Rasa Penat! Credit: breathe-mindfulness.com

 

Yaap, meditasi memang sebuah praktik relaksasi yang mampu mendatangkan rasa tenang terhadap pemikiran lo, sehingga sangat cocok sekali untuk dilakukan pada saat lo liburan atau traveling. Alasannya pun cukup sederhana, tentunya agar lo tidak mudah stres, serta juga mudah menghilangkan rasa lelah yang berlebihan.

 

Menurut para ahli, orang yang melakukan meditasi ketika liburan, presentase menghilangkan stres akan lebih besar ketimbang orang yang hanya sekedar bersenang-senang saat liburan. Tak hanya itu saja, bahkan efek positif tersebut bisa dirasakan hingga 10 bulan kemudian.

 

Ketika pikiran atau tubuh lo terbebas dari stres, secara otomatis kekebalan tubuh lo sendiri juga akan meningkat loh. Pernah kan mendengar berita kalau orang benar-benar bisa sakit hanya karena stres, tentunya dengan melakukan meditasi bisa menjauhkan lo dari hal-hal seperti itu.

 

Dengan kata lain dengan lo melakukan meditasi, tentunya akan mendapatkan momen atau pengalaman liburan yang lebih indah. Lo memiliki pemikiran yang jauh lebih jernih serta untuk melakukan apapun akan terasa lebih santai.

 

Meditasi sendiri juga bisa dilakukan di mana-mana, sehingga tak perlu atau selalu dilakuakn di tempat yang sama setiap saat. Menyelamlah dengan lingkungan sekitar, sekalipun lo berada di pasar. Bila imajinasi lo ikut bermain, tentunya lo akan mendapatkan sudut pandang lain terhadap apa yang bisa lo lihat loh.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar manfaat meditasi untuk traveling di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa ketika ingin melakukanya serta membuktikannya. Kalau memang lo memiliki cara lain untuk menenangkan atau menghilangkan rasa penat lo, bisa langsung bagikan saja di kolom komentar yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengekplorasi keindahan yang ada di dalam dunia ini!

 

Source: .pegipegi.com

 

 

 

Featured Image: idntimes.com

 

 

Tips Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
dephy
patut dicoba ini untuk mengurangi stres saat traveling
Firgiawan
Patut diaplikasikan untuk menghilangkan stress
Resatya Oktafitullah SAV
Mantaps juga tuhh
Cecep Jajang
Harus nyoba deh
Hari Tristiyanto
makasih tutornya....
Kristian Mustafa
Perlu dicoba.
ditra nugraha
ternyata simpel juga, patut dicoba nih
Yudha Pratama
Wihh mantap
Raz
wah bagus tips nya
Arip Munandar
sebenarnya meditasi ala spiritual agama pun patut anda coba, waktu terbaik ketika mau terjadi nya pergantian siang dan malam, yaitu waktu magrib dan subuh, meditasi nya adalah berdzikir. selamat mencoba