Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi!

Tidak bisa dipungkiri lagi nih bro kalau tren traveling sekarang dan nanti sepertinya terbentuk juga dari perubahan iklim dan kemajuan teknologi. Selengkapnya di bahasan kali ini ya bro!

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi!

 

Sebuah tren selalu menjadi topik pembahasan yang eksotis. Menebak, memprediksi dan meramal bagaimana tren tersebut di masa sekarang dan mendatang adalah diskusi yang tidak membosankan. Terlebih tren traveling, yang sekarang ini dipengaruhi banyak faktor.

 

Tren traveling yang sudah-sudah tidak jauh dari berpergian ke tempat-tempat tersembunyi, mengeksplorasi hidden gem serta menaklukan destinasi-destinasi yang untuk kalangan awam berbahaya. Menantang maut, terkadang jadi hal yang mengasyikan untuk beberapa kalangan.

 

Tapi apakah tren traveling seperti itu di masa yang sekarang dan nanti kedepannya akan hilang? Belum tentu, bro. Mungkin akan sulit ‘menghilangkan’ sebuah tren traveling karena ini jelas terkait dengan idealisme masing-masing pelaku.

 

 

Sebagai contoh – para millennials zaman sekarang, masih mau kok bereksplorasi ke tempat-tempat terpencil, bersusah-payah menembus berbagai halang rintang dan medan yang rumit demi mendapatkan surga-surga tersembunyi.

 

Buat mereka – bisa menemukan berbagai destinasi yang luar biasa keindahan alamnya adalah sebuah kebanggaan, dan juga tentunya konten untuk mendapatkan perhatian banyak kalangan lainnya. Maklum, millennials sekarang juga haus akan atensi yang masif, bro – terlebih di media sosial.

 

Oleh karena itu, millennial – atau traveler millennial, tidak bisa lepas dari smartphone atau gawai lainnya karena kebutuhan tersebut. Menyinggung soal media sosial, gawai dan hal terkaitnya jelas tidak akan jauh dari yang namanya teknologi.

 

Kemajuan teknologi di zaman sekarang dan nanti adalah salah satu faktor besar yang akan menentukan tren traveling nantinya seperti apa. Salah satu kemajuan yang sudah ada, contohnya adalah kompas digital yang ada di dalam gawai atau aplikasi lunak.

 

Dahulu – jika lo sedang mendaki gunung, atau trekking menembus hutan-hutan belantara – kompas manual, cara membaca arah mata angin adalah hal-hal konvensional yang mesti dipunyai dan dikuasai oleh para traveler. Tapi sekarang, cukup mengeluarkan gawai dan membuka aplikasi yang dibutuhkan.

 

Tapi, apakah kemajuan teknologi akan selalu terkait dengan media sosial, gawai dan hal sebagainya? Tidak juga bro. Menurut lo – tren traveling sekarang dan nanti, akan terbentuk dari apa saja nih bro? Ada satu hal yang cukup fundamental: perubahan iklim.

 

Perubahan Iklim Menentukan Tren Traveling

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi!

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi! credit: tirto.id

Percaya atau tidak kalau ternyata – perubahan iklim yang terjadi di bumi, di dunia ini adalah salah satu hal yang mempengaruhi tren traveling sekarang dan nanti. Salah satu topik perubahan iklim yang selalu jadi gunjingan para traveler adalah global warming.

 

Pemanasan global adalah salah satu topik yang cukup eksotis untuk selalu dibicarakan dan dikaitkan dengan apapun. Termasuk dengan traveling. Di tahun 2018-2019 kemarin, ada ‘gertakan’ yang cukup membuat tren traveling sedikit bergeser.

 

Sebelumnya ditemukan kalau menggunakan pesawat terbang dengan tujuan traveling, sama dengan menyumbang gas emisi CO2 besar untuk bumi ini. Walau masih terus dalam rundungan pro dan kontra – sempat ada gerakan anti traveling dengan pesawat.

 

Padahal, sebagai salah satu moda transportasi yang memudahkan manusia untuk mencapai satu titik ke titik lain yang mempunyai jarak yang jauh – pesawat terbang adalah salah satu solusinya. Namun, karena terkait dengan emisi gas yang berdampak buruk untuk iklim serta lingkungan, sampai-sampai mesti ada gerakan malu untuk naik pesawat terbang.

 

Nah berkaitan dengan isu perubahan iklim tersebut – tentu setiap masalah atau isu ada solusinya. Dan salah satu solusinya adalah kemajuan teknologi. Percaya atau tidak – setidaknya sudah ada dua teknologi yang dinilai sangat futuristik untuk jadi jawaban atau solusi dari isu terkait.

 

Dua teknologi ini pun diprediksikan akan merubah – atau menambahkan gaya traveling serta tren traveling yang ada. Dua teknologi yang dimaksud adalah pesawat listrik dan hyperloop.

 

Pesawat Listrik Diprediksikan Aman Untuk Traveler dan Lingkungan

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi!

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi! credit: betterlifefocus.com

Karena naik pesawat terbang pada umumnya dinilai menyebabkan salah satu emisi gas buang yang besar – ide untuk pesawat listrik ini, lahir. Sekarang ini ternyata sudah banyak lho perusahaan pembuatan serta perakitan pesawat terbang yang sedang bereksplorasi dengan pesawat listik.

 

Untuk sekarang ini – bahkan sudah ada yang hybrid. Maksudnya hybrid adalah penggabungan mesin pesawat seperti pada umumnya dan sistem kelistrikan yang baru. Namun, dinilai – penggabungan ini masih menghasilkan emisi yang besar.

 

Oleh karena itu, pengembangan pesawat listrik masih terus dilakukan. Diprediksi dari pengembangan yang ada sekarang ini – tahun 2022-2023 diperkirakan banyak negara yang akan menggunakan pesawat listrik untuk transportasinya.

 

Jelas hal ini juga akan merubah tren traveling yang ada. Pasti ada do and don’t yang mesti disesuaikan oleh para traveler terkait kemajuan teknologi yang ada. Itu sebabnya, dinyatakan bahwa kemajuan teknologi tentu bisa mempengaruhi tren traveling yang ada.

 

Bagaimana Mana Dengan Hyperloop?

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi!

Prediksi Tren Traveling 2020: Perubahan Iklim dan Kemajuan Teknologi! credit: inet.detik.com

Secara teori – hyperloop adalah alat transportasi yang bisa memungkinkan manusia untuk berpindah dari kota ke kota lainnya dengan hanya menaiki tabung aluminium dan berpindah dengan kecepatan 700-800 mil per jam.

 

Itu memang secara teori, tapi apakah bisa diterapkan? Hyperloop mendapatkan banyak feedback yang rata-rata menyatakan hal ini mustahil. Tapi dengan kemajuan yang ada sekarang ini – apakah hal ini masih mustahil, sepertinya tidak bro.

 

 

Untuk uji coba kecepatan yang super cepat itu direncanakan akan diadakan pada akhir tahun 2023. Masih lama memang. Jelas bro – hyperloop masih dalam pengembangan yang detil dari para arsitek serta ahli-ahlinya.

 

Namun cukup jelas bahwa tetap ada prediksi kalau hyperloop akan makin memudahkan orang untuk traveling ke mana-mana. Menentukan tren traveling? Jelas, secara langsung nantinya – hyperloop juga mempunyai andil untuk tren traveling yang akan berkembang nantinya.

 

Feature Image – travelandleisure.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

12 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
perubahan iklim yang sudah tidak bisa diprediksi,,mari kita jaga bumi kita tercinta ini
Yumna Aditya Prakoso
trend baru ternyata yaa
Firgiawan
Iklim sekarang sudah berubah
Landora Dwi Lestyadi
Kita lihat saja prediksi nya
Hari Tristiyanto
Sugan teh naon.... masih keneh pesawat ning euy
Yudha Pratama
Nice iNFO Gan
Yuniarto ( Tato )
Wah dunia sudah Tua
Agung Sutrisno
Menantang maut, terkadang jadi hal yang mengasyikan untuk beberapa kalangan.
Cecep Jajang
Waduh jadi ngeri deh
arief
Nice info.terimakasih