Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

Indonesia memiliki beberapa pilihan pecinan yang melegenda serta penuh dengan sejarah loh. Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

Sebentar lagi Perayaan Tahun Baru Imlek datang, tentunya ini merupakan momen paling ditunggu-tunggu oleh para warga keturunan Tionghoa. Nah, lo tahu enggak kalau di Indonesia terdapat beberapa pilihan pecinan yang melegenda serta menyimpan banyak sekali sejarah. Konon dahulu pecinan berguna untuk melokasikan warga Tionghoa pada zaman penjajahan Belanda, bahkan harus memiliki Passenstelsel atau surat izin untuk masuk dan keluar lokasi pecinan.

 

Nah, seiring berkembangnya zaman, pecinan akhirnya menjadi pusat kebudayaan Tionghoa yang berbaur dengan penduduk setempat. Di tempat ini, budaya asli yang berasal dari timur jauh tetap dipertahankan meski budaya lokal tetap dihormati. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa pilihan pecinan yang melegenda serta patut untuk lo kunjungi loh.

 

 

Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Pecinan di Indonesia sendiri juga tak kalah menariknya loh dengan apa yang terdapat di luar negeri. Bahkan mampu menjadi tempat di mana lo bisa mempelajari serta mengetahui kebudayaannya. Simak saja pilihannya ini bro!

 

Pecinan di Indonesia – Singkawang, Kalimantan Barat

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda! Credit: aufasidix.blogspot.com/

 

Berbicara mengenai pecinan di Indonesia, tentunya Singkawang menjagi tempat paling tepat untuk bisa lo kunjungi. Karena di sana lo bisa mempelajari serta mengetahui banyak hal loh. Bahkan, Singkawang sendiri merupakan salah satu pecinan paling besar yang ada di Indonesia.

 

Penduduk yang menghuni lokasi di Kalimantan Barat ini memang mayoritas keturunan etnis Tionghoa. Mereka berkumpul dan akhirnya membentuk sebuah peradaban sembari berbaur dengan penduduk lokal Kalimantan.

 

Uniknya lagi, setiap tahunnya pecinan di Singkawang ini selalu menyedot perhatian dunia. Mereka pun sering mengadakan perayaaan Cap Go Meh beberapa hari setelah Imlek dengan sangat meriah. Bahkan, festival yang selalu menyedot perhatian banyak turis ini dikatakan paling besar di kawasan Asia Tenggara.

 

Pergilah ke Singkawang kalau lo ingin melihat kebudayaan Tionghoa dengan cita rasa Dayak Kalimantan, jangan sungkan-sungkan untuk melihat secara langsung yaa. Dijamin lo akan mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan.

 

Pecinan di Indonesia – Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda! Credit: travelingyuk.com

 

Ternyata di Semarang lo juga bisa mendapatkan pecninan atau chinatownterbaik di Pulau Jawa. Di sana lo bisa melihat 11 kelenteng yang menjadi tempat ibadah masyarakat keturunan Tionghoa. Bahkan kelenteng-kelentengnya juga memiliki ukuran yang cukup besar.

 

Sepuluh dari sebelas kelenteng yang ada terdapat di kawasan pecinan terbentang dari Jl. Beteng, Gajah Mada, Jl. MT. Haryono, Jl. Jagalan dan kawasan dekat Simpang Lima Semarang. Tentunya lo dengan bebas bisa jalan-jalan di kawasan tersebut, asal tidak mengganggu yaa.

 

Uniknya ketika malam hari, kawasan pecinan di Semarang ini menghadirkan Pasa Semawis. Di pasar ini, lo bisa menikmati aneka penganan khas Tionghoa dan Semarang yang dijual berjajar setiap hari Jumat-Minggu malam. Pasar Semawis adalah pusat jajanan terpanjang di Semarang yang akan membuat lo jadi enggan untuk beranjak pulang.

 

Pecinan di Indonesia – Kya Kya Surabaya, Jawa Timur

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda! Credit: vice.com

 

Pulau Jawa juga memiliki pecinan yang terletak di Surabaya. Kawasan Kya Kya merupakan pecinan yang paling terkenal karena di sana terdapat banyak pasar dengan kuliner-kuliner khas Tionghoa yang konon masih asli dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

 

Bahkan setiap malamnya ketika lo berkunjung ke Kya Kya bisa menikmati kuliner Tionghoa yang sangat menggoyang lidah. Tentunya lo akan sangat mudah untuk memuaskan hasrat lo ketika ingin makan kuliner khas Tionghoa.

 

Selain itu, lo juga bisa melihat banyak sekali pilihan kelenteng seperti Boen Bio dan Hok An Kiong. Selain komplek kelenteng, di Surabaya lo juga bisa melihat bangunan asli dari pendatang asli Tionghoa yang akhitnya menetap hingga 6 generasi.

 

Pecinan di Indonesia – Kota Lama, Jakarta

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda! Credit: blog.airyrooms.com

 

Ternyata di Jakarta juga terdapat pecinan yang melegenda dan tepat terleteak di kawasan Kota Lama. Bahkan kawasan pecinannya juga cukup besar kok. Pecinan yang dimaksud terletak di Jl Panciran Raya, Jl. Asemka hingga Glodok. Bangunan- bangunan serta ornamen khas Tionghoa akan langsung terasa ketika lo memasuki kawasan tersebut.

 

Kawasan pecinan yang juga terkenal dengan aneka makanan khas Tionghoa nan nikmat. Bukan hanya nikmat saja, namun terdapat beberapa tempat yang menjual kuliner ekstrem loh. Bayangkan saja terdapat empedu kobra yang konon bisa dijadikan obat.

 

Pecinan di Kota Lama sendiri juga cukup lengkap kok kalau lo ingin mencari ornament khas Tionghoa dan sebagainya. Sehingga jangan lupa untuk berkunjung ke sana dan tentunya aksesnya pun juga cukup mudah kok, karena sudah terdapat banyak transportasi umum yang memadai.

 

Pecinan di Indonesia – Tanjung Pinang, Riau

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda!

Ini Dia 5 Pilihan Pecinan di Indonesia yang Penuh dengan Sejarah serta Melegenda! Credit: rissamakki.blogspot.com/

 

Berpindah ke Riau, karena lo bisa mendapatkan sebuah pecinan yang tak kalah menariknya, tepatnya berada di kawasan Tanjung Pinang. Bahkan pecinan yang ada di sana termasuk paling besar di Pulau Sumatera loh. Di sana lo bisa melihat kelenteng bernama Vihara Bahtera Sasana yang memiliki ornamen naga sangat unik.

 

Bahkan di dalam kelenteng tersebut juga terdapat satu patung besar dari Dewi Kwan Im yang konon telah dibangung sejak 1857. Malam harinya lo bisa berjalan-jalan di kawsan bernama Citywalk. Di sana terdapat banyak kuliner Tionghoa dengan harga cukup terjangkau.

 

Hampir setiap malamnya banyak dari warga keturunan Tionghoa di kawasan Tanjung Pinang berkumpul di sana untuk bersantap atau sekedar berkumpul dengan keluarga dan sahabat. Tak heran apabila kawasan ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar pecinan yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo jika ingin berkunjung ke salah satunya. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi macam-macam kebudayaan di Indonesia!

 

Source: .boombastis.com

 

 

 

Featured Image: .jalanjalanyuk.com

 

 

Urban Places Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Bukti Sejarah sebuah peradaban manusia
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
AMBO SOLLE
Indonesia kaya Akan budaya
Firgiawan
Salah satu bukti sejarah
Ldr_Lstyd
Nice info
Yudha Pratama
Nice iNFO Gan
Yuniarto ( Tato )
Pecinan ada dimana mana
Agung Sutrisno
Bermacam-macam kebudayaan di Indonesia. Aneka ragam suku dan budaya. Patut dilestarikan di jaga kebersamaannya
dephy
semoga ragam suku budaya bisa berdampingan rukun dan toleransi selamanya
Hilman rusdiyanto
Info bagus