Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

Siapa bilang kalau traveling tidak bisa sebentar atau hanya satu-dua hari saja? Bisa kok bro - nih gaya short escape buktinya. Eits, ini ada 5 tipsnya juga biar traveling singkat lo tetap berkesan ya!

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

 

Gampang jadi bad mood, mulai tidak fokus, dan merasa waktu rutinitas menjadi lama sekali adalah tanda-tanda lo butuh traveling. Tidak perlu traveling dengan waktu yang panjang bro – coba saja gaya traveling yang satu ini: short escape!

 

Short escape sempat hype di kalangan millennials yang suka sibuk dengan segala aktivitas serta rutinitas hariannya. Buat mereka, bisa traveling dengan waktu sebentar adalah hal yang luar biasa. Dan biasanya – waktunya bisa cukup random.

 

Tidak hanya Sabtu-Minggu, short escape bisa dilakukan kapanpun. Cuti satu sampai dua hari adalah cara terbaik untuk melakukan short escape. Tapi, apakah traveling dengan waktu yang sebentar ini tetap bisa berkesan?

 

 

Nah buat lo yang akhir pekan ini mau coba short escape – tenang bro, lo bisa simak bahasan kali ini terlebih dahulu karena setidaknya ada 5 tips sederhana yang bisa bikin traveling singkat lo tetap berkesan dan menyenangkan.

 

Eits, sudah penasaran apa saja cara atau tips agar traveling singkat lo tetap bisa berkesan? Sekarang seduh kopi dulu deh bro, siapkan cemilan serta kudapan dan teman lainnya agar tetap nyaman membaca bahasan kali ini sampai habis!

 

Tips Buat Short Escape: Pilih Lokasi yang Tak Terlalu Jauh

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro! credit: traveloka.com

Satu hal yang mesti lo ingat dalam traveling singkat ini bro – waktu yang tidak banyak. Artinya, lo mesti memanfaatkan waktu yang singkat ini biar short escape lo tetap berkesan. Nah, salah satu caranya adalah memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal.

 

Semisalnya – kalau lo tinggal di Jakarta, spot-spot seperti Bogor, Bandung, atau Kepulauan Seribu adalah destinasi-destinasi yang direkomendasikan kalau lo mau short escape. Hitung saja waktu perjalanannya yang tidak perlu sampai 3-5 jam lebih.

 

Cukup pilih spot yang bisa lo tempuh dengan waktu perjalanan satu-dua jam saja. Hal ini akan berguna untuk efisiensi traveling singkat lo nih. Semakin dekat, semakin cepat juga lo bisa sampai di sana dan bersantai di spot traveling tersebut.

 

Tips Buat Short Escape: Saring Lagi Spot yang Mau Didatangi

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro! credit: nativeindonesia.com

Masih berkaitan dengan tips yang pertama – jika lo lihat-lihat lagi, sebenarnya disekitar lo juga sudah banyak sekali lho spot traveling. Oleh karena itu, agar lebih efisien, cara kedua yang bisa lo lakukan adalah membuat skala prioritas untuk dikunjungi.

 

Hal ini adalah penyaringan dan memilih spot yang akan lo kunjungi. Semisalnya, kalau lo punya waktu dua hari – Kepulauan Seribu adalah spot yang cocok untuk lo datangi karena lo bisa bermalam di pantai dan sekitarnya.

 

Tapi, kalau lo hanya punya waktu satu hari – mungkin kulineran di Bogor adalah salah satu rekomendasinya. Jadi bisa lo sesuaikan juga dengan aktivitas apa saja yang akan lo lakukan di spot traveling tersebut.

 

Tips Buat Short Escape: Bawa Sedikit Barang

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro! credit: urbanicon.co.id

Nah karena waktu travelingnya juga singkat dan sebentar – mungkin hanya satu sampai dua hari saja, jangan sampai berlebihan membawa barang-barang ya. Semisalnya baju ganti – bisa lo kira-kira sesuai dengan kebutuhan berapa pasang baju yang mesti lo bawa.

 

Kalau lo membawa barang berlebihan – nanti yang repot juga lo nih. Semisalnya lo ke Bogor untuk kulineran tapi membawa koper. Ya tidak masuk juga sih bro – oleh karena itu, sesuaikan juga dengan aktivitas yang akan lo mau lakukan.

 

Tas backpack adalah salah satu tas barang bawaan yang paling simpel dan berguna. Cukup lo bawa di punggung dan bisa dibawa kemana-mana bro.

 

Tips Buat Short Escape: Tentukan Kendaraan

Sebenarnya dua jenis kendaraan, yaitu kendaraan pribadi atau umum pun sama saja untuk short escape. Namun, kalau lo mau menggunakan kendaraan umum seperti kereta, mungkin lo bisa pesan tiket pulang perginya dari jauh-jauh hari.

 

Atau – kalau hanya memang ke yang dekat-dekat saja – kendaraan pribadi juga oke kok bro. Jadi lebih fleksibel sebenarnya kalau menggunakan kendaraan pribadi.

 

Tips Buat Short Escape: Jaga Stamina

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro!

Bikin Short Escape Lo Jadi Lebih Berkesan Dengan 5 Tips Sederhana Ini, Bro! credit: 360stories.com

Terkait dengan tips keempat soal kendaraan, kalau lo memang memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi – bagusnya lo juga jangan nafsu untuk mendatangi semua tempat ya bro. Pastikan saja skala prioritasnya bisa lo ikuti dengan baik.

 

Kalau lo memforsir perjalanan tersebut – bisa jadi nanti malah lo yang tumbang. Kalau sudah begitu, nanti jadi repot dan malah tidak berkesan bro. Sayang sekali nantinya. Oleh karena itu, jangan lupa perhatikan makan dan minum serta kalau perlu bawa suplemen tubuh supaya tetap fit.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima tips untuk short escape yang sudah dijelaskan di atas – apakah ada yang mungkin mau lo tambahkan? Kalau ada – sila tambahkan tipsnya di kolom komentar di bawah ini saja ya bro!

 

Source – IDN Times

Feature Image – blog.airyrooms.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

11 COMMENTS

SHARE
dephy
perencanaan yang baik adalah cara supaya mendapatkan hasil yang terbaik
SRI YAYA ASTUTI
lebih baik diomongkan bersama sat hendak short escape bareng teman-teman kita yang lainnya
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
Firgiawan
Mantapsss
Yuniarto ( Tato )
Persiapanya harus matang ni
Agus Sungkawa
Bisa liburan berlama lama nih
Hari Tristiyanto
nice tips...
Kristian Mustafa
Nice Info.
ditra nugraha
bisa dicoba nih short escape seruu
Hengky  kik
makasih ,salah satu fungsi management traveling nih