7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

Perayaan Tahun Imlek selalu identik dengan pilihan kuliner nikmat beserta terdapat makna mendalam di baliknya!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

Tak terasa besok sudah saatnya perayaan Tahun Baru Imlek yaa, tentunya bagi para warga keturunan Tionghoa sangat menantikan momen satu tahun sekali ini. Tentunya momen istimewa ini digunakan sebaik-baiknya untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat. Nah, biasanya selain berkumpul juga ada sebuah tradisi makan bersama. Apa saja sih kuliner yang selalu hadir di momen indah ini?

 

Kulier khas Imlek sendiri selain nikmat ternyata juga memiliki makna cukup mendalam loh, mulai dari bisa membuat umur panjang, bahagia, hingga keberuntungan. Tak heran apabila tradisi unik ini selalu berjalan setiap tahunnya, bahkan sudah dari berabad-abad yang lalu loh.

 

 

Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas khusus mengenai kuliner khas Imlek yang selalu hadir setiap tahunnya serta makna apa sih di balik kenikmatannya. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna agar lo lebih mengetahui keberagaman budaya yang ada di Indonesia, karena negara ini sendiri memang penuh dengan pilihan budaya serta latar belakang.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Siu Mie (Mie Panjang)

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: mymilk.com

 

Kuliner satu ini pasti tidak pernah absen di setiap perayaan Imlek, karena memiliki makna cukup berarti serta rasanya pun tak kalah nikmatnya. Kehadiran mie goreng atau biasa juga disebut siu mie ini wajib loh hukumnya. Konon, kuliner khas Imlek ini memiliki makna panjang umur, kebahagiaan, serta rezeki yang berlimpah.

 

Ternyata juga ada tata cara untuk memakannya loh, banyak yang percaya kalau mie ini harus disantap secara utuh hingga bagian paling ujung dari mienya loh. Hal tersebut dilakukan agar lo bisa membuat harapan tersebut terwujud. Sehingga jangan heran apabila lo datang ke sebuah perayaan Imlek akan mendapatkan kuliner nikmat satu ini.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Ayam atau Bebek

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: katadata.co.id/

 

Tak hanya siu mie saja yang menarik perhatian, namun pada saat perayaan Tahun Baru Imlek, ayam atau bebek juga menjadi menu andalan loh. Makanan khas Imlek ini disajikan secara utuh sebagai simbol dari keluarga yang utuh serta bahagia.

 

Tentunya ayam atau bebek yang tersedia di meja makan ini memiliki rasa nikmat loh, tentunya juga sangat mengeyangkan. Sehingga lo enggak akan kelewatan untuk menikmati serta melihat hadirnya ayam atau bebek utuh di meja makan ketika perayaan Tahun Baru Imlek.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Kue Mangkuk

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: idntimes.com/

 

Kue ternyata juga menjadi pilihan kuliner yang selalu ada ketika Imlek, salah satunya ialah Kue Mangkuk. Kue dengan warna cukup mentereng ini memang menarik perhatian serta memilikir rasa nikmat juga, tak heran apabila banyak yang menantikan kehadirannya.

 

Biasanya Kue Mangkuk diletakkan pada bagian puncak dari susunan kue keranjang dan dibuat dengan warna merah yang memang identik dengan perayaan Imlek. Selain dari warnanya, bentuk dari kue ini juga menarik karena mekar serta melambangkan rezeki yang berkembang.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Eight Trasure Soup (Sup Delapan Bentuk)

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: triggerhappyfoodie.blogspot.com

 

Bisa dikatakan ini merupakan pilihan kuliner yang unik ketika perayaan Tahun Baru Imlek tiba, bukan hanya unik saja, namun rasanya juga sangat nikmat. Disebut Sup Delapan Bentuk karena sup ini terdiri dari delapan bahan dasar yaitu teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, serta biji lotus.

 

Bukan kuliner Imlek namanya kalau tidak memiliki makna, sebab sup ini juga memiliki makna dan sangat diharapkan bisa terjadi. Karena dipercaya bisa memberikan perkembangan cepat terhadap bisnis serta usaha di tahun baru.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Jiaozi

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: thespruceeats.com

 

Selanjutnya berbicara mengenai kuliner khas Imlek, tentunya kehadiran dari Jiaozi tak pernah luput di meja makan. Biasanya kuliner ini juga terkenal dengan sebutan Kuo Tie, yang biasanya ditemukan pada sajian Dim Sum.

 

Makanan tradisional Tiongkok ini memang memiliki rasa nikmat serta memiliki makna atau simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Mengapa? Karena bentuknya menyerupai bentuk uang kuno pada masa lampau di daratan Tiongkok. Tak heran apabila lo bisa dengan mudah menemukannya ketika perayaan Tahun Baru Imlek tiba!

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Telur Rebus Teh

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: /id.wikipedia.org/

 

Yaap, sesuai dengan namanya memang ini merupakan kuliner khas Imlek berupa telur yang telah direbus dengan bumbu kecap asin, rempah-rempah dan juga daun teh. Tak heran apabila telur ini memiliki warna cokelat.

 

Saat setengah matang, cangkang telur diretakkan sehingga bumbu-bumbu menyerap ke dalam telur. Karena menggunakan daun teh, kuliner satu ini memiliki aroma yang sangat menggoda. Selain itu, kuliner ini juga memiliki makna di balik kenikmatannya, yaitu sebagai lambang dari kesuburan.

 

Pilihan Kuliner Khas Imlek – Bandeng

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan!

7 Pilihan Kuliner Khas Imlek yang Pasti Selalu Ada di Meja Makan! Credit: kompas.id

 

Ternyata ikan juga menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk selalu ada di setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Bandeng merupakan jenisnya, ikan yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah ini tentunya menghasilkan rasa serta aroma sangat menggoda.

 

Makna dari kehadiran Ikan Bandeng sendiri dipercaya melambangkan dari rezeki bisnis yang lancar. Oleh sebab itu, penyajian dari ikan ini juga harus secara utuh. Tentunya kenikmatannya sangat menarik perhatian bagi siapapun yang ingin memakannya.

 

**

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner khas Imlek yang harus selalu ada di atas meja? Semoga bisa menjadi panduan lo yaa. Semangat selalu dan selalu hargai perbedaan budaya serta tradisi di Indonesia yaa, karena itu merupakan kunci utama dari kerukunan serta juga menjadi kelebihan yang harus dibanggakan!

 

 

Source: tokopedia.com

 

 

 

Featured Image: .idntimes.com/

 

 

Trending Beginner foodventure

17 COMMENTS

SHARE
Raz
wahh jadi laper liatnya
Yuniarto ( Tato )
Jadi pengin nyobain
SRI YAYA ASTUTI
hidangan pada saat imlek yang mempunyai arti dan simbol bagi umat tionghoa
AMBO SOLLE
Selamat tahun Baru IMLEK,bagi yg merayakan
Agung Sutrisno
Semua jenis makanan mengandung makna yg luar biasa
Resatya Oktafitullah SAV
Celeng e endi rek?
Yumna Aditya Prakoso
wah baru tau saya
Hari Tristiyanto
menggiurkan...
iwansunardi
Nyumiiiii...lezatosss
dephy
baru tau bahwa ikan bandenh mempunyai filosofi dari arti kelancaran rejeki