10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

Virus corona diketahui telah menyebar ke beberapa negara. Negara mana sajakah itu? Lalu, bagaimana cara agar tetap aman ketika traveling ke sana? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

Baru-baru ini, virus corona tengah menjadi sorotan masyarakat dunia lantaran sudah menyebar ke berbagai negara. Negara mana sajakah yang sudah mengonfirmasi adanya kasus virus ini? Lalu, bagaimana cara aman agar tak terkena corona saat traveling ke sana? Cek jawabannya di bawah bro!

 

1. China

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana. Photo Credit: businessinsider.com

Virus corona diketahui berasal dari negara ini, tepatnya kota Wuhan. Tak heran jumlah pengidap corona di China paling banyak dibandingkan negara lain. Saat ini kota Wuhan sudah diisolasi agar virus corona tak semakin menyebar sehingga bisa ditangani lebih mudah.

 

Seluruh kegiatan lalu lintas keluar-masuk di kota Wuhan kabarnya sudah dinonaktifkan sementara waktu. Hingga hari Sabtu siang (25/1/2020), penderita corona di China yang sudah meninggal dunia mencapai 41 orang. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya total 830 kasus. Harap waspada bila hendak traveling ke sini deh bro!

 

Pengidap penyakit corona juga ditemukan di wilayah Hongkong dan Makau. AFP memperkirakan warga Hong Kong yang sudah terjangkit virus ini berjumlah 1300 orang. Sementara itu, kasus corona di Makau yang sudah dikonfirmasi pemerintah Makau berjumlah dua.

 

2. Singapura

Lo juga perlu berhati-hati bila hendak traveling ke Singapura dalam waktu dekat. Pasalnya, pengidap penyakit corona baru saja dikonfirmasi pemerintah Singapura pada hari Kamis (23/1/2020) kemarin. Pasien tersebut ialah turis asal China yang tengah berwisata bersama keluarganya. Kini, petugas setempat sudah mengamankan turis tersebut untuk mencegah penyebaran virus.

 

3. Taiwan

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana. Photo Credit: architecturaldigest.com

Virus corona juga sudah terdeteksi di negara ini. Pada hari Rabu (22/1/2020) kemarin, Taiwan sudah memvalidasi satu kasus corona yang dialami seorang warga setempat berjenis kelamin perempuan. Ia terdiagnosa mengidap corona sepulang berlibur dari China.

 

Wilayah yang dikunjungi wanita tersebut sebelumnya adalah kota Wuhan. Jadi harap berhati-hati ketika bertandang ke negara Taiwan. Pastikan diri lo sudah mengikuti prosedur pencegahan corona yang benar.

 

 

4. Amerika Serikat

Negara ini menyiarkan kasus corona pertamanya pada hari Selasa (21/01/2020) lalu. Sama seperti Taiwan, penderita corona yang sudah terkonfirmasi di Amerika Serikat saat ini berjumlah dua. Orang pertama adalah pria berusia 30 tahun serta tinggal di wilayah Seattle.

 

Sementara itu, penderita kedua baru diumumkan pada hari Jumat (24/1/2020) ini. Pemerintah AS setempat kabarnya sudah mengambil tindakan pengamanan kepada para penderita. Jangan lupa berhati-hati ketika berlibur ke sini ya bro!

 

5. Korea Selatan

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana. Photo Credit: closte.com

Virus corona juga sudah menyebar ke negara Korea Selatan. Negara ini melaporkan kehadiran corona pertama kalinya pada hari Senin (20/1/2020). Virus corona terdeteksi pada tubuh seorang perempuan yang baru kembali dari Wuhan.

 

6. Vietnam

Sudah ada dua kasus corona yang dikonfirmasi negara ini. Salah satunya adalah pria China yang hidup di Ho Chi Minh. Ia dikabarkan tertular virus ini dari ayahnya yang bepergian dari kota Wuhan ke Vietnam tanggal 13 Januari lalu.

 

7. Thailand

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana. Photo Credit: theculturetrip.com

Penyebaran virus corona juga sudah sampai ke Negeri Gajah Putih. Saat ini, Thailand telah mengonfirmasi dua kasus terkait virus corona. Dua orang yang didiagnosis terkena virus ini adalah warga negara China yang tengah liburan.

 

Awalnya, ada seorang turis China yang diduga mengidap pneumonia pada tanggal 8 Januari. Hasil ini ternyata berubah pasca dirinya menjalani pemeriksaan. Ia dikatakan terbukti menderita virus corona.

 

Kemudian, pada tanggal 13 Januari, seorang wanita asal China didiagnosis terkena gejala penyakit seperti corona. Hal ini diketahui saat dirinya melintasi bandara Thailand Suvarnabhumi.

 

8. Jepang

Jepang juga sudah memvalidasi kasus corona pertama di negaranya pada tanggal 16 Januari lalu. Penderita yang merupakan warga asli Jepang terjangkit virus ini usai pulang dari Wuhan. Tak lama setelah itu, Jepang mengumumkan kasus keduanya. Korban kedua virus ini adalah pria China yang akan bepergian ke Jepang.   

 

 

9. Nepal

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana. Photo Credit: 

Dilansir dari Reuters dan AFP, Nepal menjadi negara pertama dari Asia Selatan yang melaporkan kasus virus corona. Penderita corona dari negara ini adalah pelajar berusia 30 tahun  yang diketahui baru pulang dari sekolahnya di Wuhan. WHO Collaborating Center di Hongkong mengonfirmasi hal ini usai pelajar tersebut menjalani tes pendahuluan.

 

10. Perancis

 Virus corona juga sudah sampai ke negara Perancis. Penderitanya saat ini berjumlah tiga orang dan semuanya sedang mengalami perawatan di rumah sakit. Orang ketiga yang dinyatakan terjangkit corona kabarnya merupakan rekan dari salah satu dari dua penderita sebelumnya.

 

Tips Menghindari Corona saat Pergi ke China Menurut Imbauan Pemerintah

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana

10 Negara yang Sudah Melaporkan Virus Corona serta Tips Aman Traveling ke Sana: thepeninsulaqatar.com

Jika berencana traveling ke China atau negara lain yang sudah tersebar virus corona, ada baiknya lo melakukan beberapa hal penting agar tak tertular. Pertama, sebisa mungkin jauhi pasar ikan atau unggas selama liburan. Cara kedua adalah menghindari kontak fisik dengan orang yang terkena demam atau batuk.  

 

Ketiga, lo dianjurkan untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun agar selalu bersih. Keempat, lakukan pengecekan ke fasilitas kesehatan jika merasa demam atau batuk tiba-tiba. Kelima, lo disarankan masuk ke negara asing lewat jalur resmi dan pengecekan thermal scanner. Pelancong yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius nantinya melaksanakan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut terkait virus corona. Bila terdiagnosis corona, pelancong bakal dikarantina oleh petugas setempat.

 

Demikian 10 negara yang sudah mengonfirmasi virus corona serta tips mencegah penularannya. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang akan traveling atau bepergian ke luar negeri dalam waktu dekat. Harap berhati-hati ya bro!

Source: kompas.com, tempo.co, cnbcindonesia.com

Feature Image - architecturaldigest.com

Trending Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Virus baru yang membahayakan
Resatya Oktafitullah SAV
Virus kok koyo minuman keras jenenge
Hari Tristiyanto
Bagusnya lagi jgn pergi ke china...
SRI YAYA ASTUTI
selalu waspada saat traveling ke luar negeri
Agus Sungkawa
Virus mematikan,tahan dulu buat para traveler yang mau berpergian ke negara2 yg tersebut d atas
Cecep Jajang
Semoga warga Indonesia di jauhkan
Yumna Aditya Prakoso
kebanyakan dari asia yaa lur
Firgiawan
Ini Pernah diperingati Oleh Bill gates
Yuniarto ( Tato )
Cukup meresahkan ni penyakit
Masni
Makasih ya infonya