TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

Virus corona memang mencekam. Tapi mungkin hal ini tidak mengendurkan semangat lo buat traveling ke sana-sini. Oleh karena itu, ketahui juga 7 tips antisipasi virus terkait ya bro! Sila simak bahasan kali ini!

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

 

Beberapa negara tetangga di Asia Tenggara termasuk Indonesia sedang dihebohkan dengan keberadaan virus corona. Virus yang dinyatakan berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok ini cukup berbahaya. Oleh karena itu, buat lo yang ada rencana untuk traveling ke luar negeri, perhatikan travel advice di bawah ini ya!

***

 

Beberapa negara lainnya juga sudah mengeluarkan travel advice buat traveler yang masih aktif untuk traveling. Hal ini dikarenakan oleh berbagai fakta yang menyatakan kalau wabah virus yang satu ini cukup menyeramkan.

 

Indonesia sendiri memang belum mengeluarkan travel warning atau larangan berpergian ke negara-negara yang diduga sudah terjangkit atau terinfeksi virus tersebut. Namun, tidak ada salahnya kalau lo mesti tetap waspada.

 

 

Tidak hanya waspada nih – lo juga mesti mengetahui bagaimana cara mengantisipasi terjangkitnya virus corona tersebut. Oleh karena itu, dilansir dari CNN Indonesia – di bawah ini setidaknya ada tujuh cara dan tips agar traveling lo tetap aman dan nyaman.

 

Eits, sabar bro – perhatikan dengan baiknya berbagai cara dan tips di bawah ini. Travel advice ini sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan untuk waktu-waktu ini saja, tapi kapanpun. Oleh karena itu, sila simak bahasan di bawah ini ya!

***

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Hindari Tempat Terlarang

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro! credit: dw.com

Kalau lo memang mesti berangkat traveling ke luar negeri terutama ke beberapa negara Asia Tenggara yang tengah ramai karena infeksi virus corona, tenang bro – salah satu langkah antisipasi yang bisa lo lakukan di awal kedatangan adalah mengetahui tempat mana saja yang sudah dipastikan oleh pemerintah setempat dilarang.

 

Seperti Kota Wuhan di Tiongkok yang memang sekarang ini sudah dilarang, tahan diri lo – jangan nekat datang ke area yang sudah restricted. Lebih baik, putar haluan dan pindah ke spot-spot wisata lainnya.

 

Pintar dalam meriset adalah kemampuan yang mesti lo miliki jika ada kejadian yang seperti ini nih. Berani berpetualang sih boleh bro – tapi menerobos ke tempat yang sudah dilarang adalah hal yang kurang bijak. Pastikan lo mengetahui hal ini ya.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Hindari Kontak Langsung

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro! credit: kbr.id

Berbagai pertanda orang yang terjangkit oleh virus corona adalah batuk, demam serta kesulitas bernapas. Jika dalam perjalanan lo melihat ada orang-orang yang seperti ini – sebaiknya hindari kontak langsung bro.

 

Pakai masker – sarung tangan kalau perlu untuk menghindari infeksi yang tidak diinginkan.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Jangan ke Pasar Dulu

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro! credit: spiegel.de

Salah satu asal usul virus corona ini adalah dari hewan. Oleh karena itu, hindari tempat-tempat umum yang ramai seperti pasar hewan atau bahkan peternakan, bro. Memang sih, traveling ke pasar-pasar tradisional di berbagai negara adalah hal yang seru.

 

Namun, melihat kondisi seperti ini – menghindari tempat-tempat tersebut sementara adalah salah satu cara dan tips agar lo tidak terjangkit virus corona ini. Sila riset kembali dan pergilah ke tempat-tempat yang dinilai cukup aman.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Kunjungi Tempat Layanan Kesehatan

Jika pada diri lo sudah merasakan hal yang tidak enak, seperti batuk, demam dan lemas serta kesulitan bernapas – langsung pakai masker dan pergilah ke tempat layanan kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Terkait dengan hal ini – ada baiknya diri lo mengetahui alamat tempat-tempat layanan kesehatan terdekat. Minimal mengetahui nomor teleponnya sehingga jika memang kondisi badan lo menurun, lo bisa langsung mendapatkan pelayanan yang tepat.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Perhatikan Kebersihan

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro!

TRAVEL ADVICE: 7 Tips Antisipasi Virus Corona Saat Dalam Perjalanan, Bro! credit: kentucky.com

Virus corona diprediksi akan mudah menjangkiti seseorang yang punya kebersihan di level yang rendah. Oleh karena itu, walau semisalnya kondisi lo sedang dalam perjalanan atau traveling, pastikan kebersihan diri mesti tetap terjaga.

 

Cuci tangan sebelum makan atau sesudah makan, menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, dan yang jelas jangan bertukar botol serta alat makan saat dalam perjalanan ya. Kalau bisa, semua mesti lo gunakan sendiri-sendiri.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Perhatikan Daya Tahan Tubuh

Tips menghindari jangkitan virus corona salah satunya adalah mengetahui persis bagaimana kondisi daya tahan tubuh lo. Oleh karena itu, makan makanan yang bergizi serta seimbang adalah hal yang sangat perlu lo perhatikan.

 

Kemudian – tidak hanya makan dan minum saja yang mesti lo perhatikan dengan detil – tapi juga waktu istirahat lo yang mesti cukup. Tidurlah lebih cepat jika memang lo sudah tidak ada jadwal perjalanan lagi.

 

Tips Antisipasi Virus Corona: Konsultasi ke Dokter

Nah – tips antisipasi terakhir ini bisa lo lakukan setelah lo pulang dari negara yang diduga terjangkiti virus tersebut bro. Jika sudah kembali – pastikan lo memeriksa segala kondisi tubuh lo di dokter yang professional.

 

Beritahu riwayat perjalanan lo dan jangan lupa menggunakan masker untuk mencegah penularan yang ada.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh tips antisipasi virus corona yang sudah dijelaskan di atas – apakah ada yang mau lo tambahkan? Jika memang ada – sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini agar bisa didiskusikan ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – liputan6.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

5 COMMENTS

SHARE
dephy
tetap berhati-hati,selalu mematuhi peraturan yang ada di negara yang kita berada demi kesehatan kita
SRI YAYA ASTUTI
selalu mengikuti petunjuk dari pemerintah negara setempat demi kesehatan kita bersama, lebih baik mengatisipasi
Firgiawan
Ihh virus yang sangat membahayakan.. jangan banyak makan kelalawar makanya
Agus Sungkawa
Tujuh tips yang bermanfaat,mencegah virus yg sangat bebahaya
Cecep Jajang
Harus jaga kesehatan nih biyar jauh dari virus