Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Kereta ekonomi tidak selalu buruk kok, sebenarnya tergantung bagaimana lo menghadapinya! Simak saja beberapa tips di bawah ini agar lo bisa selalu nyaman!

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Traveling menggunakan kereta memang merupakan hal biasa yang sering dilakukan oleh banyak orang, karena alat transportasi umum ini terbilang cukup murah serta lo enggak bakalan terkena macet. Apalagi kalau lo memilih kelas ekonomi, tentunya akan membuat kantong lo selalu terisi, namun memang ada beberapa cara agar lo tetap bisa nyaman menggunakan kereta kelas ini.

 

Kereta kelas ekonomi memang cukup menggiurkan, karena harga yang ditawarkan memang sangat murah, bahkan dengan harga tersebut lo sudah bisa mengunjungi berbagai kota seperti Yogyakarta, Semarang hingga Solo. Bahkan fasilitasnya juga cukup lengkap kok, mulai dari tempat duduk hingga colokan untuk mengisi baterai gadget.

 

 

Namun tetap ada perbedaan bila dibandingkan dengan kelas bisnis atau eksekutif, tentunya akan berpengaruh terhadap kenyamanan. Namun lo enggak perlu ambil pusing, karena ada beberapa tips agar lo tetap asyik menggunakan kereta ekonomi. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

 

Tips Naik Kereta Ekonomi – Datang Tepat Waktu

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh! Credit: /en.wikipedia.org

 

Langkah pertama yang bisa lo lakukan agar perjalanan lo tetap nyaman ialah untuk datang tepat waktu, memang terdengar sepele, namun yakinlah ini merupakan cara paling mudah untuk lo lakukan. Kereta ekonomi pun memiliki penjadwalan yang ketat dan padat.

 

Sehingga kalau lo telat datang ke stasiun, mungkin hanya lima menit, sudah pasti akan ditinggal. Sangat disarankan untuk lo bisa datang 30 menit sebelum keberangkatan yaa. Tentunya semuanya itu dilakukan agar lo bisa terhindar dari ketinggalan kereta.

 

Dengan datang lebih cepat 30 menit, lo memiliki waktu untuk bernafas serta menenangkan diri. Lo tidak akan gerasak-gerusuk pada saat hendak masuk ke dalam kereta. Alhasil semua rencana lo pun akan terjalankan dengan baik.

 

Tips Naik Kereta Ekonomi – Posisi Duduk

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh! Credit: omnivagant.com

 

Posisi duduk untuk kereta kelas ekonomi memang tidak bisa diubah, sehingga ini merupakan salah satu hal yang patut untuk lo perhatikan. Lebih baik dari awal lo pilih posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Ambil contoh saja, kalau kereta melaju ke arah barat, lo juga patut menghadap ke barat juga.

 

Bukan hanya sekedar bisa melihat pemandangan loh, namun dengan mengambil posisi duduk seperti ini juga akan mengurangi kemungkinan lo untuk mual. Sangat disarankan juga untuk menghindari duduk dekat dengan bordes (sambungan gerbong).

 

Alasannya pun cukup sederhana, karena posisi dari bordes itu sendiri biasanya dekat dengan toilet, tentunya sudah kebayang dong kalau sepanjang perjalanan lo duduk di dekat dengan toilet? Selain bau tidak sedap, duduk dekat dengan bordes juga lebih berisik.

 

Tips Naik Kereta Ekonomi – Satu Tas Cukup

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh! Credit: .lonelyplanet.com/

 

Bukan hanya posisi duduk saja yang menjadi perhatian lo sebagai penumpang kereta kelas ekonomi, karena barang bawaan lo juga bisa menjadi faktor lainnya agar lo tetap nyaman. Sangat disarankan untuk membawa hanya satu tas saja.

 

Selain agar tidak mudah ketinggalan, tentunya juga bsia membuat lo tidak ribet ketika berada di dalam kereta. Dengan kata lain, dengan hanya menggunakan satu tas, lo juga akan mudah untuk meletakkannya di atas kabin.

 

Perlu diketahui juga kalau beberapa gerbong kereta ekonomi dilengkapi dengan kursi berkapasitas tiga orang. Merupakan hal penting juga untuk selalu menjaga kenyaman orang di sekitar lo yaa, bisa banyangin enggak sih kalau lo membawa lebih dari satu tas akan dengan mudah bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain.

 

Tips Naik Kereta Ekonomi – Hindari AC Langsung

 

Kereta ekonomi memang sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, namun memang lo tidak akan menemukan kenyamanan yang mirip dengan kelas-kelas di atasnya yaa. Ruangan yang tidak terlalu dingin pun akan menjadi hal biasa, lo harus membiasakan diri lo yaa.

 

Walaupun begitu, bukan berarti lo harus duduk benar-benar di depan AC yaa. Karena kalau lo duduk benar-benar di depan pendingin ruangan, tentunya akan memperbesar kemungkinan lo akan masuk angin. Tentunya akan membuat perjalanan lo sendiri semakin tidak nyaman.

 

Lo juga bisa menggunakan jaket apabila mendapatkan tempat duduk yang langsung berhadapan dengan AC. Percayalah dengan perjalanan yang akan memakan waktu berjam-jam, kalau lo duduk di depan AC, tentuya akan membuat lo sakit loh bro!

 

Tips Naik Kereta Ekonomi – Dekat Jendela Lebih Nyaman

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh!

Malas Naik Kereta Ekonomi? 5 Tips Ini Bisa Membuat Lo Selalu Nyaman Loh! Credit: videoblocks.com

 

Naik kereta memang paling seru apabila lo bisa melihat pemandangan di sekitar lo dengan waktu yang cukup lama. Tak heran apabila hal ini bisa menjadi salah satu alasan orang banyak memilih kereta sebagai alat transportasi umum ketika ingin berpergian keluar kota.

 

Walaupun durasi perjalanan bisa memakan waktu lebih dari enam jam, pemandangan cantik nan indah bisa menghapus rasa bosan. Lantaran satu kursi bisa bertiga, lo bisa memilih nomor kursi yang bersebelahan langsung dengan jendela.

 

Selain itu, manfaat duduk dekat jendela ialah bisa mendapatkan colokan charger yang posisinya berada di bawah meja penumpang. Kalau pun tidak mendapatkannya, lo bisa bertukaran dengan penumpang lain, kalau memang diizinkan.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tips naik kereta ekonomi di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Ingat naik kereta ekonomi tidak seburuk itu kok, yang penting lo mengikuti beberapa arahan atau tips di atas. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan di Indonesia yaa!

 

Source: .pegipegi.com/

 

 

 

Featured Image: .justanotherbackpacker.com

 

Tips Beginner solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Tetep aja kl dptnya kursi ngadep belakang .. hadeeuh....
Agus Sungkawa
Justru dengain naik kereta api sanggat menyenangkan,kita bisa menikmatai pemandangan alam sekitar
Mochamad Iqbal Zakaria
Mantap parah
Yumna Aditya Prakoso
yang penting disyukuri
Cecep Jajang
Yang penting selamat sampai tujuan
arief
mantap infonya
Yuniarto ( Tato )
Pilih dekat Jendela kyanya lebih sejuk