Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Sejumlah wisatawan terkadang membawa laptop saat bepergian dengan pesawat terbang. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan wisatawan ketika membawa laptop ke bagasi pesawat? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Wisatawan tentu perlu berhati-hati saat membawa laptop kala traveling. Sejumlah maskapai penerbangan dari Amerika Serikat diketahui melarang penumpangnya untuk membawa laptop. Ada yang menduga larangan ini bakal diterapkan maskapai lain. Jika benar terjadi, aturan ini tentunya menyulitkan pelancong yang harus bekerja menggunakan laptop.

 

Terdapat beberapa risiko yang harus ditanggung pelancong ketika membawa laptop ke dalam bagasi pesawat. Mulai dari laptop hilang hingga kemungkinan laptop terbentur benda lain. Hal-hal apa saja yang harus dilakukan wisatawan bila hendak bawa laptop di bagasi pesawat? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Meletakkan Laptop di Posisi Tengah

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro! Photo Credit: tortugabackpacks.com  

Bila hendak membawa laptop saat bepergian, pelancong perlu memastikan posisinya benar-benar aman. Letakkan laptop lo dalam tas secara hati-hati. Pokoknya jangan sampai barang ini rusak akibat mengalami guncangan atau benturan di perjalanan. Waspada ya!

 

Oleh sebab itu, posisi laptop dalam tas perlu diperhatikan dengan baik oleh pelancong. Pastikan laptop tidak terhimpit atau tertindih barang-barang lain terlalu kencang. Cek juga apakah barang-barang yang lo letakkan di dekat laptop benar-benar aman mengingat perjalanan tidak sebentar.

 

Jika lo membawa baju atau celana di dalam tas, manfaatkan hal ini untuk menambah keamanan laptop. Taruhlah laptop di tengah-tengah baju atau celana dalam tas. Benda-benda ini tentu akan menjadi bantalan atau peredam guncangan yang pas untuk laptop lo di dalam tas. 

 

2. Menggunakan Tas Laptop saat Bepergian

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro! Photo Credit: blog.lenovo.com 

Salah satu cara untuk mengurangi risiko laptop rusak di perjalanan adalah membawa tas laptop. Carilah tas laptop yang benar-benar mampu menunjang keamanan. Terlebih jika laptop lo termasuk dalam tipe rapuh dan tidak sesuai spesifikasi militer. Jangan sampai berspekulasi deh!

 

Sebelum berangkat, pelancong hendaknya mengecek kualitas tas laptop yang dibawa. Perhatikan apakah bantalan tas laptop lo sanggup meredam guncangan yang mungkin terjadi di dalam bagasi. Pasalnya, lo pasti menaikkan dan menurunkannya selama berada dalam pesawat.

 

Jika khawatir terkena benturan, pelancong baiknya membungkus laptop dalam sleeve atau sarung laptop. Lakukan hal ini sebelum lo memasukkanya ke dalam tas laptop. Dengan begitu, penerbangan bisa lo lalui dengan perasaan tenang tanpa cemas. Oke, bro?

 

 

3. Membawa Laptop dengan Desain dan Bahan Tangguh

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro! Photo Credit: businessinsider.com 

Sebagian laptop diketahui terbuat dari bahan yang rapuh sehingga rentan rusak bila dibawa bepergian. Sementara itu, sebagian lainnya didesain dengan bahan tangguh sehingga cocok dibawa ke mana pun. Para pebisnis biasanya memiliki laptop dengan konstruksi tangguh serta daya tahan tinggi karena mereka sering berpindah-pindah.

 

Oleh sebab itu, pelancong yang hendak berlibur disarankan membawa laptop dengan spesifikasi militer mumpuni. Contohnya seperti laptop yang tahan terhadap tingkat kelembapan kisaran 91-98 persen pada suhu 30 hingga 60 derajat Celcius, suhu rendah hingga minus 20 derajat Celcius, suhu tinggi antara 30 derajat hingga 60 derajat Celcius.

 

Laptop yang cocok dibawa saat traveling juga baiknya sudah melalui tes ketinggian, tes perubahan suhu drastis, tes getaran, tes ketahanan pada pasir, dan tes bantingan, Pelancong lebih dianjurkan membawa laptop dengan daya tahan seperti ini ketimbang laptop biasa. Jadi harap berhati-hati memilih laptop yang akan dibawa ya bro!

 

4. Memastikan Laptop Sudah Berada dalam Keadaan Mati

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro! Photo Credit: rd.com

Pelancong juga baiknya memerhatikan kondisi laptop ketika hendak masuk ke dalam pesawat.Bila hendak memasukkan laptop ke dalam bagasi, pastikan barang ini sudah berada dalam kondisi mati terlebih dahulu. Cek apakah laptop lo sudah benar-benar mati atau berada dalam kondisi standby.

 

Hindari laptop tersimpan dalam kondisi masih menyala karena hal ini berisiko membuatnya cepat panas Jika hal ini berlangsung lama, laptop lo dikhawatirkan rusak akibat terlalu panas. Lo pun tidak bisa mengoperasikannya ketika bepergian.

 

Maka dari itu, pelancong perlu menonaktifkan laptop sebelum memasukknya ke dalam bagasi pesawat. Jangan sampai kondisinya masih menyala karena hal ini bakal membuatnya mudah panas. Jadi, harap periksa laptop lo sebelum meletakknya ke bagasi ya!

 

5.  Mencopot Baterai Laptop

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro!

Berniat Bawa Laptop di Bagasi Pesawat? Perhatikan 5 Hal Ini Bro! Photo Credit: store.hp.com

Langkah ini sebenarnya ditujukan agar lo tak perlu melakukan tips nomor 4. Laptop yang sudah terlepas dari baterainya tentu dapat dipastikan mati. Kondisinya pun bakal tetap terjaga dengan baik karena tidak mengalami panas akibat menyala terus-menerus.

 

Perlu diingat, tidak semua jenis laptop punya baterai yang bisa dicopot sesuka hati. Beberapa laptop diketahui memiliki baterai yang tak mampu dilepas. Oleh sebab itu, jangan keluarkan baterai dari laptop secara paksa bila hal ini memang tidak memungkinkan.

 

Pisahkan baterai hanya dari laptop yang benar-benar mendukung. Jika sudah, letakkan baterai dalam tempat yang aman secara baik. Pelancong tentu bisa memasukkannya ke dalam latop usai turun dari pesawat. Jangan lupa mengingat tips ini ya bro!

 

 

Demikian 5 tips bawa laptop di bagasi pesawat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pelancong yang sering bepergian dengan pesawat. Penerapan 5 hal di atas tentu akan membuat laptop lo tetap aman sepanjang perjalanan. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya bro!

 

Source: liputan6.com

Feature Image - travelandleisure.com

Tips Beginner

5 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
nggak kepikiran jalan2 bawa laptop, takut jadi mikir kerjaan
arief
makasih infonya
dephy
memastikan barang yang sangat penting supaya aman dan tidak membuat kita jadi kecewa karena kalo tidak diperhatikan dengan baik-baik
Yuniarto ( Tato )
Penting banget nih biar Aman..
Agus Sungkawa
Lima tips bawa laptop yang bermanfaat