6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

Tentunya lo mau dong selalu aman serta nyaman ketika menggunakan bus sebagai transportasi umum? Penasaran? Simak saja artikel ini!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

Perjalanan darat menggunakan bus memang terkadang menjadi pilihan banyak orang dengan berbagai alasannya. Mulai dari harganya yang relatif lebih murah, sehingga mudah. Bahkan moda transportasi bus merupakan salah satu pilihan paling laris manis di Indonesia, terutama untuk Pulau Jawa. Namun terkadang bagi lo yang belum pernah berpengalaman menggunakannya akan merasakan tidak nyaman.

 

Perasaan terebut biasanya datang karena terlalu khawatir akan keamanan baik untuk diri lo sendiri atau barang bawaan. Sebenarnya aman atau tidaknya menggunakan bus tergantung dari diri lo sendiri menyikapinya. Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai tips-tips paling mudah yang bisa lo lakukan agar perjalanan lo menggunakan bus akan selalu aman serta nyaman.

 

 

Apalagi buat lo para newbie sebagai penumpang bus antar kota atau provinsi, tentunya patut untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini. Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya, semoga lo menjadi berani serta terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan yaa.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Pahami Seluk Beluk Terminal

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum! Credit: mapio.net/

 

Langkah pertama yang patut untuk lo lakukan apabila ingin menjaga keamanan serta kenyamanan lo selama menggunakan transportasi bus ialah memahami seluk beluk terminal. Karena memang terminal sendiri menjadi rumah bagi para bus-bus yang akan lo tumpangi.

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau terminal merupakan tempat yang paling rawan terjadinya tindak kejahatan, baik itu pencopetan ataupun perampokan. Tak heran apabila ini merupakan langkah paling penting.

 

Sebenarnya tidak sulit kok untuk mengetahui selak beluk dari terminal bus itu sendiri, lo bisa mencari tahu informasi seputar terminal lo di internet atau melalui teman-teman lo yang sudah mengunjungi atau menggunakan jasa di terminal tersebut. Riset terlebih dahulu bisa menjadi solusinya.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Nama PO dan Loket Resmi

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum! Credit: thejakartapost.com

 

Biarpun lo menggunakan bus malam atau siang, hal berikutnya yang patut untuk lo ketahui serta lakukan ialah dari nama PO dari bus hingga di mana tempat pembelian karcis dari bus yang akan lo gunakan. Dengan begitu lo akan mudah untuk terhindar dari kesalahan informasi.

 

Sangat disarankan untuk mencari referensi terlebih dahulu mengenai harga tiket bus dari kota asal hingga kota tujuan agar bisa menyiapkan uang pas atau meminimalisir pembelian tiket dari calo dengan harga yang lebih mahal. Apalagi kalau sedang musim liburan.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Selalu Waspada

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum! Credit: /prfmnews.com

 

Selalu waspada bisa menjadi kunci utama akan aman atau tidaknya lo, sehingga jangan lupa untuk selalu melakukannya yaa. Karena kejahatan itu terjadi dengan adanya kesempatan. Sehingga sangat disarankan untuk meminta tolong ditemani oleh seseorang.

 

Kalau memang terpaksa harus sendirian, maka akan lebih baik jangan pernah merasa bingung.Selalu hindari lokasi yang sepi, sehingga selalu mencari kerumunan orang atau bisa pergi ke warung apabila lo benar-benar enggak tahu mau ngapain.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Bawa Barang Secukupnya

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum! Credit: /lettersfromnj.wordpress.com

 

Bisa kebayang dong dengan kondisi kabin yang ada di dalam bus, tentunya tidak memiliki ruang luas sehingga sangat disarankan untuk membawa barang secukupnya. Alasannya pun cukup mudah, agar lo tetap bisa selalu nyaman serta aman.

 

Membawa barang terlalu banyak ketika bepergian keluat kota ataupun keluar provinsi selain akan membuat lo kesulitan, juga menjadi salah satu indikasi terjadinya sebuah kejahatan di dalam terminal loh. Karena para penjahat pun melihat sebuah peluang untuk mengambil barang-barang lo.

 

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selalu membawa barang secukupnya yang memang lo rasa perlu dan penting untuk aktivitas sehari-hari lo di tempat tujuan. Lagipula buat apa juga bawa barang berlebih kalau memang tidak akan digunakan kelak.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Hindari Bus “Sapu Jagad”

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum!

6 Tips Aman serta Nyaman Ketika Menggunakan Bus Sebagai Transportasi Umum! Credit: jurnaba.co/

 

Apakah lo sudah mendengar sebutan “Sapu Jagad”? Bagi lo yang baru pertama kali menggunakan bus sebagai transportasi umum, tentunya harus peka terhadap sebutan ini, karena kalau tidak lo benar-benar bisa tidak nyaman serta rasa khawatir lo pun akan semakin meningkat.

 

Julukan bus “Sapu Jagad” sendiri merupakan julukan bagi bus-bus yang menerima penumpang dengan tujuan yang berbeda-beda dan biasanya bus ini selelu berangkat paling akhir. Hal palig menyebalkan bus-bus tersebut juga tidak memiliki karcis sebagai bukti pembayaran yang sah.

 

Tawar menawar pun menjadi aktivitas yang ada di dalam bus ini, sehingga sangat disarankan untuk menghindari bus ini yaa. Tentunya akan merugikan lo sendiri loh, baik dari segi energi, material, hingga waktu.

 

Tips Aman serta Nyaman Menggunakan Bus – Berbaur dengan Penumpang Lain

 

Cara paling mudah serta ampuh yang bisa lo lakukan kalau ingin selalu aman serta nyaman ketika berada di dalam terminal atau bus ialah dengan selalu berbaur dengan para penumpang lain. Tentunya lo bisa mendaptakan teman ngobrol dan bisa mengurangi rasa bingung lo.

 

Apalagi kalau lo memegang karcis keberangkatan, maka sangat disarankan agar lo tidak selalu dikejar-kejar oleh para calo yang ada di lokasi terminal. Sehingga cobalah untuk lebih berbaur dengan penumpang lain baik itu yang bus dengan lo ataupun tidak.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tips aman serta nyaman pada saat lo menggunakan bus? Semoga bisa menjadi salah satu panduan yang berguna kelak. Karena faktor keamanan diri lo sendiri merupakan hal paling penting untuk lo utamakan yaa. Semangat selalu dan semoga setiap perjalanan lo selalu menyenangkan serta aman yaa!

 

 

Source: otoflik.com

 

 

 

Featured Image:goodnewsfromindonesia.id/

 

Tips Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
selalu waspada dan hati-hati saat kita traveling menggunakan bus umum
arief
makasih infonya
Kristian Mustafa
Wow sapu jagad,yg artinya semua dilibas hehehe.
ditra nugraha
makasih tipsnya kak
Yuniarto ( Tato )
Awas Copet,,,,,itu yg paling di waspadai
Cecep Jajang
Wih denger namanya ajah udah serem sapu jagat..
Ricko Pratama Putra
OK Tipsnya Boleh Juga
SURIANTO
Yang paling penting kalau di bus itu, selalu jaga barang bawaan
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
Tips yg bagus