Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto!

Buat lo yang mau traveling ke Jepang dan mau keliling di sana menggunakan sepeda, pastikan lo mengetahui beberapa hal menarik di bawah ini ya!

Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto!

 

Selain Shinkansen, sepeda adalah salah satu moda transportasi yang identik dengan negara Jepang. Negara matahari terbit ini adalah negara yang warganya dominan menggunakan kereta dan sepeda. Oleh karena itu, Tim Travelism Super Adventure pakai sepeda buat keliling Kota Kyoto!

 

Sepeda seperti yang diketahui bersama, adalah salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, sebenarnya tidak hanya di Jepang saja sih – tapi juga di beberapa negara lain seperti Belanda, Perancis, termasuk Indonesia – sekarang menyediakan peminjaman sepeda.

 

Nah, buat lo yang ada rencana untuk traveling ke luar negeri khususnya ke Jepang dan bingung mau ke mana dan mau apa saja, bisa lihat keseruannya Tim Travelism Super Adventure saat berada di sana nih! Sudah pasti bisa jadi referensi travelingnya kalian!

 

Kembali lagi membicarakan sepeda – seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau warga lokal di Jepang memang suka sekali menggunakan sepeda sebagai moda transportasinya. Selain ramah lingkungan, badan juga tetap fit lho.

 

Buat para traveler – khususnya lo yang mau traveling ke Jepang dan ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda saat eksplorasi di sana, coba deh buat sewa sepeda, dan keliling kota dengan sepeda tersebut. Tapi, sebelumnya – ketahui dulu ada beberapa hal menarik yang mesti lo perhatikan.

 

 

Penasaran apa saja hal-hal yang mesti lo perhatikan sebelum rental sepeda di Jepang? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

***

 

Tips Rental Sepeda di Jepang: Deposit Uang Sebagai Jaminan

Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto!

Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto! credit: jalan2kejepang.com

Memang tidak semua tempat rental sepeda melakukan hal ini sebagai langkah pertama jadi atau tidaknya lo mau pinjam sepeda di sana. Mendepositkan sejumlah uang sebagai jaminan adalah tips pertama yang mesti lo ketahui.

 

Jumlahnya berapa dan bagaimana – biasanya berbeda-beda tergantung kebijakan si pengelola peminjaman sepeda tersebut. Lalu, biasanya juga, pihak pengelola akan menanyakan asalnya lo dari mana kalau memang lo terlihat sekali bukan native.

 

Tips Rental Sepeda di Jepang: Duplikat Identitas

Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto!

Tips Rental Sepeda di Jepang: Tim Travelism Super Adventure Sepedahan di Kyoto! credit: ohayojepang.kompas.com

Nah selain meminta sejumlah uang dalam bentuk deposit – para pengelola peminjaman sepeda di Jepang biasanya juga akan meminta duplikat identitas lo. Misalnya fotokopi paspor atau bahkan kartu identitas lainnya.

 

Well, hal ini tentu berdasarkan alasan keselamatan serta keamanan agar jika terjadi apa-apa, segala pihak terkait nanti bisa mengurusnya dengan mudah. Oh iya, karena yang diminta biasanya adalah duplikat atau fotokopinya – kalau bisa jangan berikan yang asli ya bro.

 

Pastikan yang asli selalu lo bawa dan aman tersimpan di dalam tas atau lainnya. Oh iya, jika ada yang meminta alamat – sila berikan alamat di mana lo menginap saja, ya. Lalu, jika ada yang meminta nomor telepon lo, sila tanya, apakah nomor pribadi atau nomor tempat penginapannya saja.

 

Tips Rental Sepeda di Jepang: Soal Harga?

 

 

Hal selanjutnya yang mesti lo ketahui sebelum meminjam sepeda dari tempat pengelolaannya adalah harga sewa. Harga sewa ini fluktuatif bro – jadi bisa saja berubah setiap saat tergantung pihak pengelolanya.

 

Namun pada umumnya biaya yang mesti lo siapkan untuk meminjam sepeda adalah 100-300 yen untuk per jamnya saja. Jika dikonversi ke rupiah, kurang lebih Rp 12 ribu-Rp 36 ribu per jamnya. Tergantung kebutuhan, kalau lo memang mau pinjam langsung setengah hari atau seharian, harganya juga beda lagi.

 

Untuk setengah hari – biasanya harga yang diberikan sekitaran 400-800 yen. Lalu, jika ingin seharian penuh – lo bisa menyiapkan budget 1000-1200 yen atau kurang lebih sampai Rp 120 ribu – Rp 140 ribu saja. Buat lo yang mau tahu persis bagaimana tips rental sepeda di Jepang, sila simak video ini ya!

 

Tips Rental Sepeda di Jepang: Aturan Bersepeda di Jepang

Nah ini yang mesti lo ketahui sekali sebelum lo keliling Jepang dengan bersepeda ya. Karena di Jepang sudah rapi sekali – jadi lo tidak bisa sembarangan terutama saat parkir. Jika lo parkir sembarang sepeda lo, dijamin akan digotong oleh pihak keamanan di sana!

 

Kalau lo mau mampir ke convenience store di Jepang, sila pastikan lo mendapatkan tempat yang memang sudah disediakan untuk sepeda-sepeda parkir. Ingat bro, jangan sembarang parkir, nanti lo juga akan dikenakan denda!

 

Kemudian – satu hal lagi nih yang mesti lo ketahui, sila kendarai sepeda pinjaman lo di jalur yang benar. Jangan berani untuk goes sepedanya di trotoar tempat para pejalan kaki ya. Hal itu sangat tidak dianjurkan.

 

Oh iya, selain itu, jangan lupa pakai pengaman. Helm, pelindung siku atau pelindung lutut kalau perlu – bisa lo kenakan agar tetap aman selama eksplorasi lo di Jepang menggunakan sepeda.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai penjelasan di atas, apakah sudah jelas soal meminjam sepeda di Jepang. Sama nih, Tim Travelism Super Adventure saat akan berkeliling Kota Kyoto juga menggunakan sepeda dari tempat peminjaman. Jangan lupa tonton videonya untuk lihat keseruan mereka di sana ya!

 

Source – Japanesestation.com

Feature Image – Tim Travelism Super Adventure

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
dephy
sepedaan di jepang bebas polusi udara
ditra nugraha
seru banget pengen nyoba tapi kapan ya
Cecep Jajang
Wihhh memang asik kalau bersepedanya d jepang
SURIANTO
Mau tapi ......