5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

Saat ini kata “touring” sangat identik dengan motor-motor berukuran besar. Padahal, siapapun bisa melakukan hal ini dengan motor jenis apapun, termasuk matic. Apa saja yang harus dilakukan saat touring menggunakan motor matic?  Cek dulu jawabannya di bawah bro!

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

Musim liburan dapat menjadi waktu terbaik untuk melakukan touring. Jika berniat mencoba touring berkelompok, ada baiknya lo mengamati beberapa hal penting. Tujuannya agar perjalanan lo berlangsung aman dan menyenangkan. Oke, bro?

 

Touring tak hanya menjanjikan pengalaman seru karena lo bisa melihat pemandangan indah di sepanjang jalan. Ketika touring, lo bisa menjalin kebersamaan dengan rekan traveling lo secara menyenangkan. Hubungan lo dan teman pun dapat menjadi lebih dekat.

 

Saat ini kata “touring” sangat identik dengan motor-motor berukuran besar. Padahal, siapapun bisa melakukan hal ini dengan motor jenis apapun, termasuk matic. Penggunaan motor matic justru akan membuat suasana touring menjadi lebih praktis. Siapapun bisa memakai motor ini, baik itu laki-laki maupun perempuan.

 

Apa saja yang harus dilakukan saat touring menggunakan motor matic? Berikut adalah tips memakai motor matic ketika touring. Silakan dicoba ya bro!       

 

1. Mengecek Kondisi Rem

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman. Photo Credit: kompas.com

Pengemudi motor hendaknya mengecek urusan rem untuk menunjang keamanan berkendara. Periksa minyak rem serta ketembalan kampas pada motor lo. Jangan sampai lo berangkat dengan komponen yang masih rusak karena hal ini bakal membahayakan perjalanan.

 

Perbaiki semua komponen yang rusak agar lo terhindar dari marabahaya. Jika menemukan keanehan pada salah satu perangkat motor, lo sebaiknya langsung membawa kendaraan ke bengkel. Mintalah montir untuk memperbaiki segala kerusakan pada motor matic lo.

 

Perlu diingat, pengemudi baiknya tak menganggap remeh kerusakan kecil pada motor matic. Terlebih jika lo hendak melakukan perjalanan pada musim hujan. Kondisi rem yang prima tentu bakal menjauhkan lo dari berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi. Oke, bro?

 

 

2. Mengenakan Perlengkapan Berkendara secara Lengkap

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman. Photo Credit: 

Sebelum memulai touring, lo juga wajib mencermati kelengkapan peralatan pengaman. Pastikan lo sudah mengenakan helm dan jaket berkendara agar perjalanan tak begitu berisiko. Pengemudi motor matic juga perlu memakainya untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk di perjalanan.

 

Terdapat beberapa barang yang perlu dibawa pengemudi motor matic sebelum touring. Contohnya seperti jas hujan, bekal makanan dan minuman, pakaian ganti, dan obat-obatan. Lo juga wajib membawa uang saku agar siap menghadapi situasi tak terduga di tengah perjalanan.

 

Jangan lupa juga untuk memakai alas kaki dan masker selama berkendara. Jika perlu, gunakan sepatu touring yang kuat dan tahan air supaya perjalanan lo berlangsung nyaman. Hal ini bakal membuat pengemudi lebih siap dalam menghadapi cuaca ekstrem.

 

3.  Mengecek Belt CVT

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman. Photo Credit: indoparts.id 

Belt VCT atau Continous Variable Transmission juga termasuk komponen yang perlu diperhatikan selama touring. Pengecekan rutin terhadap alat ini akan membuat perjalanan lo menjadi lebih aman dan menyenangkan. Jadi, harap periksa barang ini selama perjalanan berlangsung ya bro!

 

Periksa penggunaan dan standar ketebalan belt CVT selagi mengeceknya. Jika masih bingung, lo bisa menjadikan buku service manual sebagai acuan. Setiap jenis kendaraan memang punya acuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, penggantian biasanya dilakukan ketika kendaraan sudah mencapai 20.000 hingga 25.000 km.

 

Jangan lanjutkan perjalanan bila motor matic lo sudah menunjukkan angka tersebut. Pasalnya, perjalanan akan dipenuhi berbagai risiko buruk. Jadi sempatkan waktu untuk mengecek belt CVT secara rutin ya bro!

 

4. Memeriksa Kondisi Ban

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman. Photo Credit: bibli.com 

Salah satu komponen terpenting pada motor adalah ban. Lo sebaiknya tak lupa memeriksa kondisi ban sebelum memulai tur. Jangan ambil risiko dengan ban gundul karena perjalanan lo bakal menjadi berisiko. Harap mengeceknya sebelum berangkat ya bro!

 

Jika nekat menggunakan ban gundul, lo berisiko tergelincir saat membawa motor matic dalam kecepatan tinggi. Pengemudi juga dikhawatirkan hilang kendali karena ban pecah. Semua hal ini tentunya membahayakan keselamatan pengemudi selama berada di jalan raya.

 

Oleh sebab itu, gantilah ban lo bila memang kondisinya sudah gundul. Hal ini juga akan membuat perasaan lo menjadi lebih tenang ketika berkendara. Pengemudi pun bisa menikmati touring tanpa dikuasai perasaan was-was. Oke bro?

 

5. Cek Bagian Lampu

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman

5 Kiat Touring Menggunakan Motor Matic, Biar Liburan Lo Tetap Aman. Photo Credit: bibli.com 

Komponen lainnya yang perlu dicek pengenda motor matic sebelum touring adalah lampu. Periksa semuanya secara teliti, mulai dari lampu sein, lampu belakang, dan lampu depan. Lampu motor yang terang tentu akan memudahkan lo untuk melihat kondisi jalan secara jelas.

 

Jika ada lampu yang kurang terang, segera antar kendaraan lo ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Mintalah bantuan motir untuk membuatnya jadi lebih terang. Lo tentu membutuhkan hal ini agar bisa tetap fokus selama berkendara. Dengan begitu, perjalanan akan menjadi lebih aman.

 

Hindari pemakaian lampu motor yang sudah rusak atau tak layak. Pasalnya, hal ini juga bisa menganggu pandangan pengendara lain sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan. Lampu motor yang masih berada dalam kondisi baik akan meminimalisir risiki tabrakan. Jadi harap ruting mengecek kondisi lampu ya bro!

 

 

Demikian 5 kiat touring menggunakan sepeda motor matic. Penerapan kelima tips di atas tentu akan menjauhkan pengendara dari berbagai risiko buruk di perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu lo untuk lebih berhati-hati selama touring. Selamat mencobanya ya bro!

 

Source: harapanrakyat.com

Feature Image - harapanrakyat.com

Tips Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
AMBO SOLLE
Lebih nyantai
Resatya Oktafitullah SAV
Sing temping 666assss
nugraha
gass polll
dephy
lebih nyaman touring dengan motor matic tidak capek di badan kalo perjalanan jauh apalagi sering pakai Vespa LX125 jok motornya empuk dan lebar sehingga ga capek duduk lama diperjalanan
Hari Tristiyanto
sangat bermanfaat tipsnya...
Agus Sungkawa
Mantap..touring jauh dan dekat boleh ni pakai matic sekali2
Yuniarto ( Tato )
Matic lebih mudah si,tapi harus tetap hati2 kalo di jalanan Naik turun.
Achmad Yunus
mantaaaap
Cecep Jajang
Matic memang asikk
SRI YAYA ASTUTI
selalu hati-hati di jalan saat touring