4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

Ternyata bukan hanya kopi saja, cokelat juga menjadi salah satu tanaman asli Indonesia yang menyimpan banyak potensi loh. Penasaran apa saja pilihannya? Simak saja informasinya di bawah ini!

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

Ternyata bukan hanya kopi atau teh saja yang dimiliki oleh Indonesia, cokelat juga merupakan tanaman dengan potensi cukup tinggi di negeri ini. Bahkan beberapa daerah juga sudah memiliki jenis-jenis sendiri. Hal tersebut tentunya dikarenakan ragam keunkan geografis ingga kearifan lokal di Indonesia mampu memperkaya tanaman cokelat dari segi rasa.

 

Namun memang dari beberapa jenis cokelat di negara ini ada beberapa pilihannya yang patut untuk lo cicipi. Apalagi buat lo para penikmatnya. Bahkan rasa serta kualitas dari cokelat yang ada di Indonesia sendiri tak kalah loh dengan luar negeri, cokelat Indonesia memiliki karakteristik sendiri.

 

 

Nah, karakter cokelat setiap daerah ternyata dipengaruhi oleh kondisi minyak dalam tanahnya, vegetasi lain di sekitar cokelat, jarak pemukiman ke perkebunan, ketinggian tanah, hingga kearifan lokal yang memproses kakao menjadi cokelat. Daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan-pilihan cokelat asli Indonesia yang patut untuk lo cicipi, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini!

 

Pilihan Cokelat Asli Indonesia – Cokelat Tabanan, Bali

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat! Credit: kintamani.id/

 

Pulau Dewata ternyata tidak hanya memancar kecantikannya melalui alamnya saja. Selain kopi, Bali juga memiliki jenis cokelat yang patut untuk diperhitungkan. Hal tersebut pun bukan tanpa alasa, sebab terdapat Cokelat Tabanan nan nikmat.

 

Cokelat ini berasal dari jenis Trinatario yang ditanam pada ketinggian 200 -250 mdpl. Banyak faktor yang membuat cokelat ini menghasilkan rasa serta kualitas terbaik, salah satunya ialah dari kondisi geografis kawasan Tabanan yang mampu membuat cokelat ini memiliki kandungan asam, serta menghasilkan cita rasa fruity dan berry yang kaya.

 

Selain itu cokelat Tabanan memiliki dasar rasa manis karamel dan sedikit creamy. Uniknya untuk mengeluarkan cita rasa khasnya, cokelat ini juga perlu difermentasi secara tradisional di dalam kotak kayu selama lima hari. Sehingga kalau lo berkunjung ke Pulau Bali, jangan hanya menikmati keindahan alamnya saja, namun lo juga patut untuk mencicipi Cokelat Tabanan.

 

Pilihan Cokelat Asli Indonesia – Cokelat Glenmore, Banyuwangi

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat! Credit: /jadiberita.com

 

Berpindah ke kawasan Banyuwangi, terdapat juga jenis cokelat nan nikmat yang patut untuk lo cicipi yaitu Cokelat Glenmore. Bahkan cokelat ini sebenarnya sudah mendunia sejak perkebunan era kolonial loh. Sehingga kalau berbicara mengenai rasa, sudah tak perlu lagi diragukan.

 

Biji kakao yang ditanam di ketinggian 100 – 200 mdpl ini dikenal dengan sebutan “Cacao Java” dan banyak diekspor ke berbagai negara. Cokelat ini juga memiliki cita rasa asam dan berry yang tinggi, tetapi manis madunya di akhir juga tidak kalah tinggi. Sehingga bisa dibilang, kalau cokelat ini paling “seimbang” bila dibandingkan dengan yang lain.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau Cokelat Glenmore sendiri memilki taste hampir sama dengan Bali dan Aceh, namun tidak memiliki rasa yang strong. Kalau memang lo sangat penasaran bagaimana rasa dari cokelat ini, maka tak ada salahnya untuk langsung mencicipinya di tempat asalnya.

 

Pilihan Cokelat Asli Indonesia – Cokelat Tanazozo, Flores

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat! Credit: /lifestyle.okezone.com

 

Cokelat di kawasan Rajawawo, Flores, Nusa Tenggara Barat juga merupakan pilihan cokelat yang patut untuk lo cicipi. Cokelat tersebut ialah Tanazozo, uniknya tanaman ini benar-benar diolah secara tradisional oleh masyarakatnya serta ditanam di atas 500 mdpl bersama dengan perkebunan lainnya seperti kopi.

 

Keadaan alam di tempat penanamannya juga menjadi faktor yang mempengaruhi cita rasa dari cokelat ini, mulai dari kondisi tanah kering dengan beraneka ragam perkebunan dan tanah yang bercampur dengan batu gamping membuat cokelat ini mengeluarkan karakter nan unik.

 

Rasa yang dihasilkan oleh cokelat ini pun lebih medium dengan aroma cengkeh dan kopi di setiap akhir rasanya. Selain itu, cokelat ini juga lebih natural dan lebih organic karena proses dari leluhurnya. Rasa manis juga cukup menonjol, sehingga tak perlu dicampur apapun sudah manis.

 

Pilihan Cokelat Asli Indonesia – Cokelat Pidie Jaya, Aceh

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat!

4 Pilihan Cokelat Asli Indonesia dengan Kualitas Tinggi serta Rasa yang Nikmat! Credit: travel.kompas.com/

 

Aceh yang terkenal dengan pilihan kulinernya ini ternyata juga memiliki pilihan cokelat aslinya yang patut untuk lo cicipi. Tentunya rasa nikmat menjadi daya tariknya, sama halnya dengan kopi dari Tanah Rencong ini, cokelatnya pun juga memilikki rasa yang kuat.

 

Cokelat Pidie Jaya sendiri memiliki rasa yang dominan pahit dibanding manis, dengan rasa akhir atau after taste yang asam dan sedikit pedas. Perlu untuk diketahui kalau tanaman cokelat ini masuk ke dalam kategori Trinitario yang ditanam di ketinggian tanah 150 – 250 mdpl.

 

Selain itu, cokelat asal Aceh ini masih menggunakan fermentasi tradisional dengan kotak kayu selama lima hari. Keunikan dari cokelat ini pun tidak berhenti sampai di situ saja, karena juga memiliki periode pengeringan cukup singkat. Kelembabanm iklim Aceh pun juga membantu untuk menghasilkan after taste yang spicy dan bercita rasa tembakau.

 

**

 

 

Yaap, dengan beberapa pilihan cokelat asli Indonesia di atas dapat menjadi bukti kalau negeri ini memang memiliki banyak sekali kekayaan yang menyimpan banyak potensi loh. Bahkan cokelat-cokelatnya juga memiliki rasa serta kualitas tinggi kok, sehingga mampu dibandingkan dengan produk luar negeri.

 

Jadi bagaimana bro? Apakah lo sudah memiliki keinginan kuat untuk mencicipi beberapa pilihan cokelat asli Indonesia? Kalau memang lo memiliki pilihan lainnya, bisa langsung bagikan di kolom komentar yaa. Semangat selalu dan jangan lupa untuk terus melestarikan hasil alam Nusantara!

 

Source: /travel.kompas.com

 

 

 

Featured Image: thebalifamilyguide.com
 

 

Trending Beginner foodventure

11 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Coklat punya Sulawesi ga masuk ya.
Agung Sutrisno
Letak geografis dan kearifan lokal di Indonesia mampu memperkaya tanaman cokelat dari segi rasa gak kalah dengan coklat luar negri.
Achmad Yunus
enak kuabeh
Agus Sungkawa
Coklat indonesia tidak kalah sama negara lain
Yuniarto ( Tato )
Coklat Glenmore...kyanya udah melegenda banget nih
SRI YAYA ASTUTI
kita patut bangga terhadap perkebunan coklat di Indonesia karena coklat yang ditanam di Indonesia adalah coklat dengan kualitas pilihan yang terbaik
Solech.21
Bener Enak kabeh
Hilman rusdiyanto
Penak poll
dephy
seperti kopi di Indonesia, coklat di Indonesia juga punya kualitas terbaik dunia
Yumna Aditya Prakoso
wah glenmore ada coklat juga tha