5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

Ketika berlibur di Dieng, wisatawan disarankan tak lupa menjajal sejumlah kuliner khas daerah ini yang terkenal lezat. Apa sajakah itu? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

Salah satu destinasi wisata populer di wilayah Jawa Tengah adalah Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini terkenal dengan spot wisatanya yang indah serta suhu udaranya yang begitu ekstrem. Inilah yang membuat daerah rerumputan sebelah timur Candi Arjuna mengalami peristiwa embun beku.

 

Daerah berjulukan ‘Negeri Para Dewa’ ini dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah setiap harinya. Banyak dari mereka tergoda untuk melihat langsung penampakan ‘Salju Jawa’ di daerah Dieng. Selagi berlibur di Dieng, lo juga patut mencoba sejumlah kuliner khas daerah ini yang terkenal lezat.

 

Apa saja kuliner khas Dieng tak boleh dilewatkan pelancong? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicoba semuanya ya bro!

 

1. Tempe Kemul

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong. Photo Credit: mytrip123.com

Di wilayah Dieng, pelancong yang lapar bisa mengisi kekosongan perut dengan tempe kemul. Asal nama makanan ini kabarnya berasal dari penggunaan kemul (selimut) tepung yang lebar dan tebal pada tempe gorengnya. Tempe kemul tentu wajib dicoba traveler yang hobi kulineran selama liburan.

 

Salah satu ciri khas tempe kemul terletak pada warna kuningnya yang berasal dari bumbu kunyit. Selain itu, tempe ini juga terlihat menggoda karena disertai irisan daun-daun kucai. Tampilan ini tak jarang menggelitik rasa penasaran pelancong untuk mencicipinya secara langsung.

 

Tempe kemul pas disantap pelancong di tengah udara dingin. Lo tentu bisa menyantapnya sembari mengamati embun es Dieng yang indah. Rasanya yang lezat bakal membuat momen liburan lo terasa berkesan. Jangan lupa mencobanya ya bro!

 

 

2. Dodol Carica

Makanan lainnya yang patut lo coba di sekitar Dieng adalah dodol carica. Sesuai namanya, kuliner ini terbuat dari buah carica yang kemudian diolah ke dalam bentuk jenang dodol. Wilayah Dieng cukup banyak ditumbuhi buah carica sehingga warga setempat sering membuatnya dalam bentuk dodol.

 

Satu pack carica biasanya dijual dengan harga kisaran Rp 20.000. Jumlah dodol carica dalam satu wadah terbilang banyak mengingat ukurannya relatif kecil. Banyak orang menyukai rasanya yang begitu manis dan lezat. Cocok jadi camilan kala bersantai deh.

 

Wisatawan biasanya menjadikan dodol carica sebagai oleh-oleh alternatif selain manisan carica. Lo tentu bisa membeli kuliner manis ini untuk teman atau keluarga. Keunikan rasanya patut lo coba sendiri deh bro! Jangan lupa meluangkan waktu untuk membelinya ya.

 

3. Mi Ongklok

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong. Photo Credit: caricagemilang.com 

Dieng yang dikenal sebagai negeri para dewa juga punya kuliner mie yang mengggoda selera. Namanya adalah Mi Ongklok. Kuliner ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran tepung kanji. Rasanya pun tak kalah nikmat dnegan makanan khas Dieng lainnya.

 

Ciri khas Mi Ongklok juga terletak pada penyajiannya yang melibatkan kuah sambah kacang. Hal tersebut membuatnya cocok disantap di tengah udara dingin. Pelancong tentu bisa terhindar dari rasa menggigil usai mengonsumsi mi Ongklok yang hangat dan gurih di Dieng.

 

Banyak wisatawan menyantap kuliner ini ketika menonton embun es Dieng. Mengenai harga, mi Ongklok dijual dengan harga cukup terjangkau. Lo bisa puas menikmatu satu porsi makanan ini mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Murah sekali bukan? Jangan lupa mencobanya ya bro!

 

4. Kentang Goreng Khas Dieng

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong. Photo Credit: republika.co.id

Di sebelah timur Candi Arjuna, lo bakal menemukan sejumlah warung yang menjajakan kentang goreng khas Dieng. Kelezatan kentang di sini cukup terkenal sehingga kerap diburu wisatawan dari berbagai daerah. Lo tentu bisa puas menikmati keindahan Dieng sembari menyantap kuliner ini di perjalanan.

 

Sejak dahulu, Dieng memang dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil kentang terbaik se-Indonesia. Banyak yang terpincut rasanya yang lezat dan gurih.  Selain itu, daya tahan kentang khas Dieng sangat jauh lebih baik dibandingkan kentang daerah pada umumnya. Hal tersebut membuat makanan ini populer bahkan di kalangan masyarakat luar negeri.

 

Kentang goreng khas Dieng kabarnya punya kadar air yang rendah sehingga tidak mudah busuk. Kandungan karbohidrat dan gulanya juga terbilang sedikit. Saat ini, masyarakat setempat dikabarkan sudah menjual sebagian kentang Dieng ke sejumlah negara lho. Keren sekali, bukan?

 

5. Kopi Purwaceng

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong

5 Kuliner Khas Dieng yang Pantang Dilewatkan Pelancong. Photo Credit: Jin_Youngin 

Pelancong dapat menemukan minuman ini ketika mendatangi deretan warung di sekitar Dieng. Sesuai namanya, kopi ini diolah menggunakan bahan berupa tanaman purwaceng. Tumbuhan ini kabarnya termasuk dalam spesies endemik serta sudah lama ditanam masyarakat lokal.

 

Kopi purwaceng dikenal sebagai minuman yang kaya akan khasiat. Ada yang mengatakan kopi ini mampu menambah vitalitas bagi kaum pria. Selain itu, kopi ini dikatakan mampu mengembalikan stamina tubuh yang hilang usai beraktivitas. Wisatawan juga bisa menikmati kopi ini untuk mengusir rasa dingin dari tubuh.

 

Kopi purwaceng tentu layak dicoba pelancong yang tengah berlibur di kawasan Dieng. Lo tentu bisa menyereput kopi ini sembari menikmati indahnya panorama alam. Langsung dicoba saja ya bro!

 

 

Demikian 5 kuliner khas Dieng yang tak boleh dilewatkan pelancong. Kelimanya punya ciri khas tersendiri sehingga sayang untuk tak dicoba. Traveler penikmat kuliner tentu wajib mencoba semuanya selama liburan di Dieng. Semoga informasi di atas dapat membantu lo yang membutuhkan referensi kuliner ketika datang ke Dieng. Dari kelima menu di atas, manakah yang ingin lo lebih dulu?

 

Source: kompas.com

Feature Image - instagram.com/liemmon98

Trending Beginner foodventure

13 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Jadi pengen nyoba ,semuanya kayanya enak ????
Hari Tristiyanto
Wajib dicoba tuh
Yuniarto ( Tato )
Mie Ongklok,Tempe Kemul , Kopi Purwaceng Nikmat banget di santap kala Pagi.
dephy
tempe kemul dan mie ongkloknya juara ga ada yang bisa nandingi
Agung Sutrisno
Kopi purwaceng tentu layak dicoba, minuman yang kaya akan khasiat
Resatya Oktafitullah SAV
Purwoceng mantap wkwk
Solech.21
Wah pas musim candi Arjuna beku. Pesan kentang goreng anget anget SEGE4R
Yumna Aditya Prakoso
pingin mie ongklok
Hilman rusdiyanto
Jossssss
Hengky  kik
andalan klo ke dieng wajib mi ongklok dan bawain olehje oleh kopi purwaceng