Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Masyarakat Indonesia baru saja berduka atas kepergian tokoh agama terkemuka KH Salahudin Wahid atau Gus Sholah. Beliau diketahui lahir di Jombang, Jawa Timur. Apa saja keistimewaan daerah ini? Silakan cek jawabannya di bawah ya bro!  

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Indonesia baru saja kehilangan salah satu tokoh agama terpandang, yakni KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Beliau dikabarkan wafat dalam usia 77 tahun pada hari Minggu (2/2/2020) usai menjalani operasi jantung di RS Jantung Harapan Kita. Kepergian Gus Sholah tentu meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia.

 

Beliau diketahui lahir di kabupaten Jombang, Jawa Timur. Berbicara mengenai Jombang, daerah ini cukup terkenal dengan keindahan alamnya yang mememesona. Bagaimana cara terbaik menghabiskan liburan di daerah Jombang? Berikut adalah itinerary yang bisa lo coba selama berlibur di Jombang. Silakan disimak ya bro!   

 

1. Menikmati Kesegaran Air Terjun Tretes

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah. Photo Credit: cewealpukat.com 

Jika lo mengaku sebagai traveler pencinta alam, Air Terjun Tretes wajib masuk dalam daftar destinasi yang dikunjungi di Jombang. Air terjun dengan ketinggian 158 meter ini menawarkan pemandangan alam ajaib yang memanjakan mata. Wisatawan bisa menjumpainya di dataran setinggi 1250 mdpl.

 

Suasana sekitar air terjun ini sangatlah sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Mata pengunjung bakal dihipnotis indahnya panorama sekitar sini. Meski debit airnya tidak begitu besar, Air Terjun Tretes tetap menjanjikan nuansa alam yang alami. Lo juga bisa berfoto dengan puas di bongkahan batu yang berada di depan air terjun.

 

Air Terjun Tretes masih berada  dalam satu lokasi yang sama dengan area Taman Hutan Raya di Kompleks Gunung Anjasmoro. Lo bisa menemukannya di Desa Galengdowo, Wonosalam, Jombang. Tempat wisata ini masuk ke dalam area pegunungan, namun wisatawan bisa mengaksesnya secara mudah.

 

 

2.  Memasuki Goa Sigolo-Golo

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah. Photo Credit: royale.travel

Banyak pihak menganggap goa ini sebagai salah satu tempat wisata mengesankan di Jombang. Daya tarik Goa Sigolo Golo terletak pada sajian alamnya yang menakjubkan dengan lanskap perbukitan berwarna hijau. Lo bisa menemukan goa ini di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Wonosalam, Jombang.

 

Hawa sekitar tempat ini juga terbilang sejuk sehingga menunjang kenyamanan wisatawan untuk bersantai. Pemandangan luar goa ini sangatlah eksotis sehingga lo tak akan menyesal melihatnya secara langsung. Ketika berada di atas goa ini, wisatawan bakal puas menyaksikan indahnya pemandangan sungai Boro dan gunung Kukus.  

 

Untuk bisa sampai ke sini, lo harus melewati medan yang cukup sulit. Rasa lelah di perjalanan tentunya bakal terbayar saat lo mengamati pemandangan goa ini secara langsung. Pelancong perlu menaiki anak tangga terlebih dahulu sebelum akhirnya tiba di mulut goa. Harap Berhati-hati saat ke sini ya bro!

 

3. Menjelajahi Kampoeng Djawi

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah. Photo Credit: instagram.com/kampoengdjawi  

Destinasi ini sebenarnya bukan tipe tempat wisata yang bisa didatangi kapan pun. Kampoeng Djawi sejatinya merupakan vila indah yang disertai aneka wahana unik. Lo bisa melepaskan penat dengan duduk di pinggir kolam sembari menghirup udara sejuk pedesaan.

 

Kampoeng Djawi direkomendasikan buat lo yang jenuh dengan suasana kota serta ingin mendekatkan diri ke alam. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dijajal pelancong di sini, mulai dari mengelilingi kampung dengan kapal sampan, menggowes sepeda, dan lain-lain. Pikiran lo bakal segar seketika deh!

 

Lokasi kampung ini kabarnya berada pada ketinggian 750 mdpl. Tak heran udaranya cukup sejuk karena daerahnya di tengah-tengah pegunungan dan hamparan sawah. Pemandangan ini tentunya bakal mengusir stres lo dalam sekejap. Kampeng Djawi bisa lo jumpai di Desa Godang, Wonosalam, Jombang.

 

4. Mengarungi Taman Keplaksari

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah

Itinerary Traveler Petualang di Jombang, Daerah Kelahiran Gus Sholah. Photo Credit: njombangan.com 

Apakah lo mencari tempat wisata yang mengusung konsep eco-green di Jombang? Jika iya, Taman Keplaksari adalah destinasi liburan yang sangat direkomendasikan. Tempat ini sangat pas didatangi pelancong yang ingin bersantai atau sekadar melihat panorama taman hijau.

 

Salah satu daya tarik Taman Keplaksari nampak pada patung binatangnya yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Jumlahnya diketahui mencapai puluhan. Fasilitas yang disediakan tempat ini di antaranya adalah taman segar, danau air jernih, lapangan tenis, dan kolam pemancingan.

 

Taman Keplaksari cocok disambangi pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Lokasinya mudah dijangkau sehingga wisatawan bisa mendatangi tempat ini secara mudah. Jangan lupa sempatkan waktu ke sini ya bro!

 

 

5.  Menikmati indahnya Kedung Cinet

Kedung Cinet termasuk salah satu wisata ikonik Jombang. Banyak orang menyamakan keindahan tempat ini dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Lanskap anti-mainstream yang ditawarkan tempat ini amatlah mengagumkan. Patut dikunjungi secepatnya deh bro!

 

Setibanya di sini, lo bakal disuguhi pemandangan tebing bebatuan kapur disertai aliran air bernuansa hijau di dekatnya. Kedung Cinet dikelilingi hutan hijau yang amat lebat. Hal ini membuatnya udara di sekitarnya terasa sejuk dan segar.

 

Jika tertarik ke Kedung Cinet, pelancong tinggal mengunjungi Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang. Lokasinya berjarak sekitar 10 kilometer dari jembatan Ploso Brantas. Kedung Cinet bisa lo jumpai dengan melintasi jembatan gantung yang sudah cukup tua dan melewati sungai Brantas yang lumayan deras terlebih dahulu.

 

Demikian itinerary yang bisa lo coba saat menyambangi Jombang, Jawa Timur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pelancong yang hendak mendatangi Jombang dalam waktu dekat. Jangan lupa menjelajahi tempat-tempat di atas selama liburan lo. Dari daftar di atas, manakah hal yang ingin lo coba lebih dahulu?

 

Source: liputan6.com

Feature Image: instagram.com/robbiepoerwanto                             

Urban Action Beginner solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
dephy
surga tersembunyi di kota santri yang sangat indah
SRI YAYA ASTUTI
keren banget
Agung Sutrisno
Rekomendasikan buat yang jenuh dengan suasana kota serta ingin mendekatkan diri ke alam
Resatya Oktafitullah SAV
Wohhh mantaps tuh
Hari Tristiyanto
Pemandangan bagus
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Suasana di Kota Santri memang bikin Damai
nugraha
wisata religi sekalian wisata alami
Cecep Jajang
Suasana yang bikin sejuk di hati
Agus Sungkawa
Sebelumnya Turut berduka cita atas wafatnya bpk KH.Gus Sholah.Tempat" wisata yang memoesona d jombang dengan keanekaragamanya