Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Indonesia memiliki beragam pilhan kuliner unik, termasuk serangga. Enggak percaya? Simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Bukan hanya nikmat saja, namun kuliner Indonesia juga cukup ekstrem loh. Bahkan ada beberapa diantaranya yang terbuat dari serangga sebagai bahan utamanya. Uniknya lagi, lo bisa menemukannya dengan mudah, apabila lo mengeksplorasi tempat di mana kuliner tersebut berasal. Ternyata penggunaan serangga sebagai kuliner pun sudah lama dilakukan loh.

 

Keanekaragaman kuliner maupun budaya itu sendiri memang sudah menjadi ciri khas atau daya tarik dari Indonesia. Tak heran apabila sering sekali lo menemukan sesuatu yang baru setiap harinya di negara ini. Berbicara mengenai kuliner serangga, kenikmatannya pun tak kalah loh bila dibandingkan dengan apa yang ada di negara Thailand. Secara, negara tersebut memang sudah sangat terkenal apabila berbicara mengenai kuliner serangga.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilhan kuliner serangga asli Indonesia yang patut untuk lo cicipi? Langsung saja simak beberapa informasi atau rekomendasinya di bawah ini. Semoga bisa mengobati rasa penarasan lo yaa. Enggak perlu jijik kok, sudah banyak orang yang mencicipinya, nyatanya menyimpan rasa nan unik.

 

Kuliner Serangga Asli Indonesia – Sate Ulat Sagu

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak? Credit: /blog.reddoorz.com

 

Siapa bilang sate hanya terbuat dari daging sapi, ayam ataupun kambing? Karena kalau lo jalan-jalan ke Papua, lo bisa menemukan satu kuliner unik dan tentunya akan membuat lo penasaran mengenari rasanya, yaitu Sate Ulat Sagu.

 

Sagu sendiri memang sudah menjadi makanan pokok orang Papua, namun apa kabar dengan ulatnya? Biasanya suka asli Papua mengambil ulat sagu yang ada di dalam pohonnya, lalu menusuknya di sebuah kayu layaknya sebuah sate. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, karena hanya dibakar di atas api.

 

Mengenai rasanya, memang tidak bisa diterima oleh banyak orang, namun ada saja tuh yang mengatakan kalau kuliner ini nikmat. Begitu dikunyah, cairan di dalam ulat akan meletus dan menyebar dalam mulut. Suku asli Papua sendiri biasa memakan kuliner ini untuk camilan ketika berada di hutan. Apakah lo berani untuk mencicipinya?

 

Kuliner Serangga Asli Indonesia – Jangkrik Goreng

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak? Credit: reseppraktislengkap.blogspot.com

 

Jangkrik merupakan serangga lainnya yang dijadikan kuliner atau kudapan di Indonesia. Hewan ini sendiri memang paling mudah ditemukan di kawasan persawahan karena sering membuat bunyi-bunyi nyaring. Ternyata serangga ini memiliki kandungan protein cukup tinggi loh, bahkan bisa mengganti protein harian lo.

 

Thailand sendiri merupakan negara yang paling sering menjual serangga ini sebagai kuliner street food. Kalau di Indonesia sendiri lo bisa menemukannya di kawasan Ciamis, Jawa Barat. Bahkan di sana terdapat olahan jangkrik yang akan menarik perhatian lo.

 

Bukan hanya digoreng saja, namun jangkrik di Ciamis juga ada yang di bumbui dengan balado loh. Sangat menarik bukan untuk dicicipi? Apalagi kalau ditambah dengan nasi panas, bisa menjadi makanan nan nikmat serta mengeyangkan.

 

Kuliner Serangga Asli Indonesia – Sayok

 

Mungkin Sayok sendiri masih sangat kurang familiar di kuping banyak orang, namun ketika lo sudah mencicipinya, ternyata serangga ini juga bisa loh dibuat sebagai kuliner nikmat loh. Sayok sendiri merupakan sebutan dari larva capung yang memiliki sifat predator. Mereka biasanya hidup di danau-danau dan suka memangsa ikan kecil di sekitar.

 

Biasanya Sayok dikonsumsi dengan bumbu pedas, seperti rica-rica. Lo bisa menemukan kuliner ini ketika berkunjung ke kawasan Danau Linow di Tomohon, Sulawesi Utara. Tentunya kuliner ini juga sering dijadikan menu bersama nasi hangat.

 

Lo juga bisa menemukan kuliner sejenis ini di daerah Bali, uniknya di sana namanya ialah Jubel Manis dan dibuat semacam pepes. Jubel ialah sebutan larva capung yang hidup di danau-danau. Saat ini Jubel Manis sudah susah ditemui di Bali. Hal tersebut dikarenakan populasi Sayok atau Jubel sudah semakin sedikit.

 

Kuliner Serangga Asli Indonesia – Botok Tawon

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak? Credit: travelingyuk.com/

 

Sesuai dengan namanya memang ini merupakan kuliner yang terbuat dari tawon loh dan sering sekali ditemukan di Jawa Timur terutama kota-kota seperti Banyuwangi, Kediri, dan juga Blitar. Botok ialah makanan yang terbuat dari kelapa parut yang diberi bumbu.

 

Nah, untuk Botok Tawin sendiri menggunakan bumbu yang sama, hanya saja komponen pengisinya menggunakan larva tawon atau lebah madu. Larva ini dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

 

Oleh sebab itu, banyak dari para petani madu tak membuang sisa panen yang biasanya ada larva tawon. Para petani tersebut mengolahnya menjadi masakan yang nikmat meski terdapat pula beberapa yang bisa mengalami alergi berupa bentolan di tubuhnya.

 

Kuliner Serangga Asli Indonesia – Belalang Goreng

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak?

Ini Dia 5 Kuliner Serangga Asli Indonesia! Lo Berani Mencicipinya Enggak? Credit: seputarwisata.com

 

Bukan hanya jangkrik saja yang menjadi kuliner di Indonesia, namun lo juga bisa menemukan belalang loh. Uniknya lagi, belalang juga mampu mengganti protein yang sangat bermanfaat. Bahkan kandungan gizinya pun nyaris menyerupai daging ayam.

 

Lo bisa dengan mudah menemukan Belalang Goreng ini ketika berkunjung ke kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Bahkan di pinggir jalan pun lo bisa menemukannya loh, baik itu siang hari ataupun malam hari.

 

Hewan yang tadinya dibasmi ini, diubah oleh masyarakat Gunung Kidul menjadi sebuah makanan yang layak dikonsumsi. Harga perkilonya juga lumayan loh, bisa mencapai 40 ribu Rupiah. Sehingga kalau lo sedang berkunjung ke kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner serangga asli Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan lo ketika ingin mencicipi beragam kuliner Indonesia yang tergolong anti mainstream yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam budaya serta kuliner di negeri ini!

 


Source: boombastis.com/

 

 

Featured Image: /sibukliburan.id/
Trending Beginner foodventure

8 COMMENTS

SHARE
Solech.21
Pernah aku makan yang belalang goreng saat ke gunung kidul. Uwuwww rasanya sangat gurih
SRI YAYA ASTUTI
kuliner ekstrime serangga seperti ini harus hati-hati kalu mau mengkonumsi takutnya badan kita malah menjadi alergi
Kristian Mustafa
Anatara nikmat dan Geli.
Firgiawan
Ini Awal Mula terjadi Virus Corona
Yuniarto ( Tato )
Ngeri2 sedap yah
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
Ayo mencoba
Iksan
yang punya alergi jangn coba coba