Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

Buat lo yang ada jadwal traveling ke Jepang dan mau mendaki Gunung Fuji - sudah tahu akan lewat jalur pendakian mana bro? Kalau belum tahu - sila simak bahasan kali ini ya!

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

 

Memang sih kearifan lokal di Jepang sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari budayanya sampai ramah tamah warga lokal – tentu bakal bikin lo balik lagi ke sana. Tapi, apakah keindahan alamnya juga ramah? Belum tentu. Gunung Fuji, misalnya – adalah gunung dengan jalur pendakian yang bermacam-macam tingkat kesulitannya.

 

Never judge a book by its cover – rasanya peribahasa ini juga tepat disematkan ke Gunung Fuji. Walau dibingkai sebagai salah satu gunung terindah di dunia – namun soal kesulitan dalam pendakiannya, dapat acungan jempol para pendaki nih!

 

Bicara soal keindahan Gunung Fuji – ada dua waktu premier nih untuk datang ke Gunung Fuji. Tinggal pilih bro, mau saat bunga sakura bermekaran, atau saat sedang musim salju sekalian. Kedua musim tersebut adalah periode yang tepat buat mendaki Gunung Fuji.

 

Segala keindahan yang ada di puncak gunung, tentu akan sepadan dengan segala pengorbanan yang dilakukan saat pendakian. Sepertinya pernyataan barusan cocok untuk hampir semua gunung, termasuk Gunung Fuji.

 

 

Pendakian Gunung Fuji tidak mudah bro – walau lo akan tahu kalau keindahan dari atas puncaknya benar-benar luar biasa. Tapi – mungkin bisa diakali dengan strategi tersendiri dalam pendakiannya. Atau, tergantung dengan jalur pendakian yang akan lo pilih.

 

Nah, terkait dengan jalur pendakiannya – Gunung Fuji setidaknya punya empat jalur pendakian yang populer. Dikatakan populer karena kebanyakan traveler serta pendaki memang melewati jalur pendakian tersebut bro.

 

Apakah gunung sebesar Gunung Fuji hanya mempunyai empat jalur saja? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya ya kalau empat jalur ini adalah yang populer. Sebenarnya Gunung Fuji mempunyai banyak jalur pendakian.

 

Hal ini berkaitan dengan bentangan gunung tersebut yang mencakup dua prefektur sekaligus. Yaitu Prefektur Yamanashi dan Prefektur Shizuoka. Tentu banyak jalur pendakian di dua kawasan tersebut.

 

Lalu di mana sajakah empat jalur pendakian Gunung Fuji yang populer itu? Daripada makin penasaran – sila simak bahasan ini sampai habis ya!

***

 

Jalur Pendakian Gunung Fuji: Rute Yoshida

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro? credit: laughtraveleat.com

Dimulai dari yang benar-benar paling populer dan paling mudah – jalur pendakian Gunung Fuji pertama yang bisa lo ketahui adalah rute Yoshida. Jalur pendakian ini adalah yang paling ramah untuk para petualang dan pendaki, terutama para pemula.

 

Hal ini dikarenakan oleh banyaknya penginapan serta fasilitas lainnya untuk membantu lo melewati segala rintangan yang ada di jalur pendakian tersebut. Namun, ada satu hal yang perlu lo ingat – karena ini merupakan rute paling populer dan favorit, rute pendakian ini bisa sangat penuh orang.

 

Nah, dari banyaknya traveler dan petualang yang mengantre di rute ini – terkadang jadwal pendakian lo bisa bergeser lebih lambat lho.

 

Padahal, lama pendakian dari rute Yoshida ini hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 6 jam saja. Dan untuk turun lagi hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam 30 menit saja.

 

Jalur Pendakian Gunung Fuji: Rute Fujinomiya

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro? credit: soranoshita.net

Jalur pendakian kedua atau rute perjalanan ke puncak Gunung Fuji selanjutnya yang bisa lo ketahui adalah rute Fujinomiya. Rute pendakian ini adalah yang paling singkat untuk dilalui – namun membutuhkan stamina serta tenaga yang betul-betul terjaga untuk melewatinya.

 

Hal ini dikarenakan oleh banyaknya tanjakan tinggi serta curam untuk dilewati. Oleh karena itu – jika ingin melewati jalur pendakian yang satu ini – lo membutuhkan stamina yang benar-benar fit.

 

Lama pendakiannya hanya 5 jam 30 menit saja kok, dan waktu turun dengan melewati jalur yang sama hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam saja.

 

Jalur Pendakian Gunung Fuji: Rute Subashiri

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro? credit: thetruejapan.com

Menjadi rute yang paling ‘sepi’ di antara dua rute sebelumnya – jalur pendakian Gunung Fuji lewat rute Subashiri adalah jalur yang cocok sekali dengan pendaki atau traveler introvert. Di rute ini lo akan melewati banyak hutan hijau yang dipenuhi pepohonan khas dataran tinggi.

 

Nah keunikan dari jalur pendakian atau rute yang satu ini adalah trek turunnya yang didominasi oleh pasir. Tidak hanya itu, jalur turunnya bisa lo gunakan sembari berlari! Oleh karena itu, nama rute ini berasal dari kata Sunabashiri yang artinya berlari di atas pasir.

 

Eits, tetap saja lo mesti hati-hati supaya tidak jatuh menggelinding ya. Buat lo yang akan menggunakan jalur pendakian ini – estimasi waktu pendakian sampai 7 jam dan turunnya sekitar 3 jam 30 menit saja.

 

Jalur Pendakian Gunung Fuji: Rute Gotemba

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro?

Berikut 4 Jalur Pendakian Gunung Fuji di Jepang: Mau Lewat Mana Nih, Bro? credit: fun-japan.jp

Tidak terburu-buru oleh waktu karena periode traveling lo masih lama? Tenang, kalau lo mau mendaki dengan suasana santai – lo bisa menggunakan jalur pendakian dengan rute Gotemba.

 

Saking santainya – dengan melewati jalur pendakian ini, estimasi lo sampai puncak kurang lebih 8 jam bro! Treknya yang cukup landai dan didominasi oleh pasir – lo juga bisa sembari berlari nih di trek atau rute pendakian yang satu ini.

 

 

Buat turun dari puncak dan kembali ke basecamp pertama, lo hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam 30 menit. Dari jalur pendakian atau rute yang lain – Gotemba adalah jalur pendakian yang paling lama untuk dilalui. Tapi tidak apa – memang cocok buat lo yang ingin mendaki santai, kok!

 

Wah bagaimana bro? Masing-masih trek atau rute pendakian memang mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sepertinya buat lo, pilihan jalur pendakian kedua adalah yang cocok nih. Banyak tanjakan tinggi yang menguji adrenalin!

 

Source – matcha-jp.com

Feature Image – indopolitika.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

11 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
semoga suatu saat bisa ke Jepang. Amin
Ahmad Fahri Azhar
Aamiin.....
agung
tq info ya
Asep Hilman Purnama
Siap Berkemah
Yumna Aditya Prakoso
wah pingin ke gunung fuji
Kristian Mustafa
Nice Info.
dephy
infonya sangat bermanfaat karena memudahkan para pendaki
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Asep Hilman Purnama
Siap Berkemah
Agung Sutrisno
Segala keindahan yang ada di puncak gunung, tentu akan sepadan dengan segala Pengorbanan yang dilakukan saat pendakian