5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

Gedung tua di Jogja ternyata menyimpan banyak sekali cerita serta sejarah, enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

Apa yang ada di benak lo ketika pertama kali mendengar Jogja? Tentunya kebudayaan serta kulinernya menjadi faktor utama mengapa kota ini selalu menjadi megnet bagi para wisatawan. Namun apakah lo menyadari kalau lo bisa mendapatkan banyak pemandangan gedung-gedung tua yang penuh dengan sejarah, bahkan diantaranya sudah lebih tua dari negara ini loh.

 

Jogja sendiri memang merupakan tempat wisata paling tepat untuk lo kunjungi ketika tidak ingin ke luar negeri namun mendapatkan banyak keindahan yang sulit untuk dilupakan. Jogja juga terkenal dengan pilihan pantai beserta dengan pegunungan indah loh. Bisa dikatakan kalau Jogja merupakan tempat wisata yang berbobot.

 

 

Nah, kembali membicarakan mengenai gedung tua, jangan pernah menganggap sebelah mata mengenai kota ini yaa. Sehingga siapkan kamera beserta keperluan lainnya agar lo bisa mengabadikan momen indah lo di kota ini. Daripada lo semakin penasaran, pilihan gedung tua mana saja yang patut untuk lo kunjungi, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa.

 

Rekomendasi Gedung Tua di Jogja – Benteng Baluwerti

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri! Credit: kratonpedia.com

 

Berkunjung ke Jogja, pasti lo sudah tidak asing lagi dengan benteng ini loh, karena paling sering dilihat dan dilalui. Yaap, Benteng Baluwerti sendiri merupakan benteng yang dibuat sejak tahun 1785 dan pembuatnya ialah Pangeran Adipati Anom. Alasannya untuk menjaga lingkup Keraton Jogja dari serangan Belanda pada masa itu.

 

Lokasi dari benteng ini sendiri terletak di perempatan yang menghubungkan Jalan Kadipaten, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Letjend. S. Parman. Bentuk dari benteng ini sendiri berupa persegi yang cukup luas dan dengan ketebalan dinding sangat tebal.

 

Seiring dengan perkembangan zaman, benteng ini memiliki banyak perubahan bentuk dan fungsi. Banyak bagian yang telah hilang dan rusak. Beberapa bagian masih bisa lo nikmati kok hingga sekarang. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk selalu menjaga kelestariannya yaa.

 

Rekomendasi Gedung Tua di Jogja – Hotel Inna Garuda

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri! Credit: kemdikbud.go.id

 

Hotel yang terletak di Jalan Malionoro ini sendiri merupakan salah satu hotel sangat legendaris di Jogja. Keberadaan hotel ini tak bisa lepas dari sejarah perkembangan kota Jogja. Bangunannya sendiri dibangun pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda, pada awalnya hotel ini bernama “Grand Hotel de Djogja”.

 

Seiring perkembanngan zaman, hotel ini telah banyak berganti nama, bahkan hingga 6 kali loh. Nama yang pernah disandang oleh hotel ini ialah Hotel Asahi pada masa kependudukan Jepang di kota indah ini. Kemudian juga pernah berubah menjadi Hotel Merdeka saat Indonesia baru pertama memasuki kemerdekaan.

 

Hingga hari ini lo masih bisa kok menginap di hotel ini serta rasakan secara langsung keindahan beserta sejarah panjangnya. Kalau lo masih bingung mau nginap di mana, Hotel Inna Garuda bisa loh menjadi pilihannya.

 

Rekomendasi Gedung Tua di Jogja – Pasar Beringharjo

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri! Credit: .outingjogja.com

 

Pasar memang sudah menjadi pusat aktivitas ekonomi dari zaman dahulu, tak heran heran apabila salah satu pasar tertua di kota ini pun masuk ke dalam pilihan gedung-gedung tua di Jogja. Lokasinya pun cukup dekat dengan Malioboro dan tak lepas dari pendirian Keraton Jogja.

 

Sejak awal pendiriannya, pasar ini merupakan pusat dari perputaran ekonomi yang ada di kota Jogja. Selain menjadi tempat wisata sejarah yang memiliki nilai sejarah cukup besar, pasar ini juga berfungsi sebagai tempat wisata belanja di Jogja. Bentuk bangunannya memiliki perpaudan antara bentuk atau gaya Belanda dan Jawa.

 

Rekomendasi Gedung Tua di Jogja – Pabrik Gula Madukismo

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri! Credit: .njogja.co.id/

 

Berikutnya mengenari gedung tua di Jogja, lo harus berkunjung ke Pabrik Gula Madukismo, pabrik yang berdiri sejak tahun 1955 ini merupakan pabrik gula tertua yang ada di Jogja dan masih berdiri hingga hari ini.

 

Selain sebuah pabrik, gedung ini juga merupakan tempat wisata di Bantul. Pabrik ini sendiri memang pernah mengalami kerusakan parah ketika perang dengan Belanda. Namun, oleh Sri Sultan Hamengku Buwono XI tempat ini kembali direnovasi dan diperbaiki. Pabrik ini pun masih beroperasi hingga hari ini.

 

Kalau lo berkunjung ke sana masih bisa menemukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penggilingan tebu loh. Selain memproduksi gula, pabrik ini jgua memproduksi hal lainnya seperti spirtus. Fasilitasnya juga cukup lengkap kok, sebaiknya lo datang ke pabrik ini ketika musim penggilingan karena akan lebih ramai.

 

Rekomendasi Gedung Tua di Jogja – Taman Sari

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri!

5 Rekomendasi Gedung Tua di Jogja yang Patut untuk Lo Hampiri! Credit: tour-yogyakarta.com

 

Gedung ini termasuk sangat tua di Jogja karena pertama kalu dibangun pada tahun 1758. Bahkan lokasi Taman Sari ini sering sekali digunakan oleh keluarga Keraton untuk mandi dan melepas lelah pada masa itu. Luas total dari bangunan inin sendiri sekitar 10 hektar.

 

Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak dari bagian kompleks yang rusak dan berubah fungsi. Namun lo masih bisa melihat bangunan utama dari kawasan ini yang berupa kolam air sangat jernih. Ada teori yang mengatakan kalau selain menjadi tempat beristirahat, tempat ini juga berfungsi sebagai perlindungan apabila terjadi sebuah penyerangan.

 

**

 

 

Jadi itu merupakan pilihan atau rekomendasi gedung tua yang ada di Jogja, kira-kira menurut lo mana yang ingin lo kunjungi pertama kali? Semoga bisa menjadi destinasi seru agar bisa memberikan warna ketika momen liburan lo di sana. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam budaya di Indonesia, karena negara ini memang sangat penuh sekali dengan keindahan!

 

Source: tempatwisataunik.com

 

 

 

Featured Image: fajar.co.id/
Urban Places Beginner solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Resatya Oktafitullah SAV
Mantap mantap nihhh
Ahmad Fahri Azhar
Next trip.nih
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
harus dijaga kelestariannya
Asep Hilman Purnama
Harta Karun
Agung Sutrisno
Berkunjung ke kota Jogja, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah disini.
Firgiawan
Warisan Bangunan Yang Sangat Kokoh
Agus Sungkawa
Yogyakarta Istimewa ..kpan bisa ke kelilng" yogya lagi
Hilman rusdiyanto
Info bagus
dephy
baru nyadar ternyata ada Benteng Baluwerti, padahal sering banget lewati daerah itu