6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

Traveler perlu ingat bahwa aksi pencurian motor bisa terjadi kapan dan di mana saja. Perangkat tambahan apa saja yang mampu mencegah risiko motor kemalingan? Cek jawabannya di bawah ya bro!

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

Aksi kriminal bisa terjadi kapan dan di mana saja, bahkan ketika lo menikmati momen traveling dengan motor. Pelancong yang membawa motor saat liburan hendaknya mewaspadai segala aksi kejahatan yang mungkin terjadi. Jangan sampai indahnya pemandangan di sekitar rute perjalanan membuat lo lupa untuk berhati-hati. 

 

Lo sebaiknya memakirkan motor di tempat yang aman atau lokasi yang berada dalam pengawasan petugas keamanan. Selain itu, pengguna motor juga perlu menyiapkan perangkat tambahan untuk menambah keamanan secara ekstra. Alat-alat ini tentu dapat menggagalkan aksi pencurian yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.   

 

Perangkat tambahan apa saja yang mampu mencegah risiko motor kemalingan? Berikut adalah 6 alat tambahan yang direkomendasikan bagi pengendara motor. Silakan baca tulisan di bawah ini ya bro!

 

1. Griplock Grip

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling. Photo Credit: slatic.net 

Pemakaian alat ini lumayan efektif menurunkan risiko motor kemalingan, bro. Griplock Grip mempunyai tampilan mirip dengan gembok kecil. Lo bisa menerapkan fungsi perangkat ini di sejumlah bagian motor seperti tuas koping, rem, cakram motor, gas, dan rantai. Keren sekali, bukan?

 

Ukuran griplock grip memang kecil. Meski demikian, manfaat yang ditawarkan alat ini tak boleh dipandang sebelah mata. Lo bisa mengagalkan usaha maling untuk merampas motor lo kala traveling.

 

Biaya yang perlu disiapkan pelancong untuk membeli alat ini juga tak mahal. Griplock grip biasanya dijual dengan harga kisaran Rp 80.000. Cukup murah, bukan? Jangan lupa memakainya untuk menambah keamanan motor ya bro!

 

 

2. Disc Lock

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling. Photo Credit: harleyheaven.com 

Traveler yang sering bepergian dengan motor juga perlu menyiapkan alat ini sebelum berangkat. Disc Lock diketahui mampu memberi perlindungan esktra kepada motor. Perangkat tambahan ini nantinya dipasang di area lubang ventilasi cakram. Pengguna motor dapat meletakkannya di area depan maupun belakang.

 

Manfaat yang ditawarkan disc lock adalah membuat cakram motor terkunci dengan baik. Dengan begitu, motor tidak akan dapat digerakkan atau dipindahkan tanpa permintaan pemiliknya. Disc lock memiliki ukuran dan merk yang beragam. Carilah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan lo.

 

Saat ini, ada disc lock yang sudah dilengkapi fitur alarm. Perangkat tersebut diketahui bakal mengeluarkan bunyi bila dibongkar secara paksa. Risiko kemalingan motor pun bisa semakin berkurang. Jadi, jangan ragu gunakan alat ini saat bepergian ya bro!

 

3. Alarm

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling. Photo Credit: dealerspike.com 

Aksi pencurian motor juga bisa diantisipasi dengan penggunaan alarm. Pastikan lo menaruh alat ini di bagian motor yang aman dan tersembunyi. Selain itu, jangan beritahu siapapun mengenai alarm yang terpasang di motor demi alasan keamanan. Oke bro?

 

Bila mendeteksi adanya aksi pencurian motor, alarm  bakal mengeluarkan bunyi secara otomatis. Situasi ini tentu akan memancing perhatian banyak orang serta membuat pencuri panik. Motor lo pun terhindar aksi pencurian meski lokasinya terletak di tempat sepi.

 

Cobalah untuk meletakkan alarm di lokasi yang aman dari paparan sinar matahari maupun hujan. Tujuannya tidak lain agar alat ini dapat berfungsi dengan baik dalam jangka waktu lama. Lo pun bisa meninggalkan motor tanpa dihantui perasaan cemas yang berlebihan.

 

4. U-Lock / D-Lock

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling. Photo Credit: kryptonite.com 

Alat pengaman berbentuk gembok ini juga patut disiapkan pengguna motor. U-Lock memiliki bentuk seperti huruf “U”, sementara D-Lock berbentuk huruf “D”. Lo bisa mengaplikasikan alat ini pada bagian velg dan cakram motor sehingga keduanya tak bisa berputar.

 

Ada dua metode pengucian yang bisa lo terapkan saat memakai benda ini. Pertama adalah kunci, kedua adalah kode kombinasi. Masing-masing metode memiliki keunggulan tersendiri. Lo sebaiknya memilih metode berdasarkan kebutuhan dan keinginan. 

 

5. Kunci Rahasia

Untuk menambah keamanan, pengguna motor juga sebaiknya menggunakan kunci rahasia. Lo hendaknya merahasiakan letak alat ini kepada siapapun untuk meminimalisir risiko kemalingan. Trik ini juga ditujukan supaya motor lo tidak bisa dinyalakan oleh sembarang orang.

 

Kunci rahasia bakal memperkuat keamanan motor lo secara lebih baik. Dengan begitu, lo bisa memakirkan motor dengan perasaan tenang. Jadi persiapkan alat ini sebelum memulai perjalanan ya bro!

 

6. Baut dan Mur

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling

6 Perangkat Tambahan untuk Cegah Motor Kemalingan saat Traveling. Photo Credit: kompas.com 

Tahukah lo bahwa penambahan baut dan mur bisa meningkatkan keamanan motor menjadi lebih baik? Dua perangkat ini sebaiknya lo taruh di piringan cakram. Pencuri tentu tak bakal bisa berkutik ketika lo memasangkan alat di area cakram.

 

Untuk memasangnya, lo harus memastikan ukuran baut dan mur benar-benar pas dengan ukuran lubang piringan cakram. Hal ini tentu akan membuat ban motor lo tak dapat bergerak. Maling pun tak bisa membawa motor lo secara mudah.

 

Oleh sebab itu, tambahkan baut dan mur pada kendaraan lo agar keamannya terjaga dengan baik. Cek kesiapan benda-benda ini sebelum memulai perjalanan. Jika perlu, simpanlah baut dan mur dalam tempat khusus agar lo bisa mencarinya dengan mudah. Setuju ‘kan bro?

 

 

Demikian 6 perangkat tambahan yang perlu disiapkan traveler sebelum berangkat. Semoga informasi ini memudahkan traveler yang sering atau baru mencoba bepergian dengan motor. Jangan lupa menyiapkan keenam perangkat ini sebelum memulai perjalanan ya bro. Selamat liburan dan tetap berhati-hati ya!

 

Source: harapanrakyat.com

Feature Image - rideapart.com

Gear Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Memudahkan traveller bepergian dengan motor dan tenang dan nyaman saat bepergian
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Resatya Oktafitullah SAV
7. Berdoa sebelum berkendara
Ahmad Fahri Azhar
Nice tips for Travelling
agung
tq info ya
Hari Tristiyanto
mantap bgt tools nya
Cecep Jajang
Sangat membantu info nya gan
Agus Sungkawa
Rekomended banget alat pencegah anti maling nya
Kristian Mustafa
Thanks infonya min,sangat berguna.
Ricko Pratama Putra
okey thanks tipsnya