4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

Menyusul dengan penyebaran virus corona yang kian mengganas, pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk melarang penerbangan dari atau menuju China. Apa saja fakta yang perlu diketahui pelancong soal aturan ini? Simak lebih jelasnya dalam tulisan di bawah bro!

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

Belum lama ini tersiar berita bahwa pemerintah Indonesia tengah melakukan proses evakuasi terhadap WNI di China. Kebijakan tersebut diambil pemerintah untuk melindungi mereka dari risiko penularan virus corona yang tengah menyebar di sana. Virus corona sendiri diketahui sudah menyebar ke banyak negara.

 

Jumlah korban yang meninggal akibat virus ini telah mencapai ratusan orang. Melihat hal tersebut, WHO akhirnya mengumumkan virus corona sebagai status darurat global. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengeluarkan kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran corona, yakni larangan penerbangan dari atau menuju China.

 

Kebijakan ini diambil untuk menghindari risiko penularan semakin meluas. Apa saja yang perlu diketahui pelancong terkait larangan penerbangan RI-China akibat virus corona? Berikut adalah 4 fakta di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Waktu Berlakunya Larangan Penerbangan

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona. Photo Credit: flickr.com/ThroughTheL3ns

Pengumuman penghentian sementara ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menurut beliau, larangan penerbangan dari dan ke China akan diterapkan mulai hari Rabu (5/2/2020). Retno mengatakan keputusan ini diambil usai dirinya menghadiri rapat terbatas yang diikuti sejumlah menteri serta Presiden Jokowi.

 

Rapat tersebut juga menghasilkan beberapa langkah lain. Contohnya seperti penghentian sementara pemberian visa bebas kunjungan dan visa on arrival bagi warga China ke Indonesia. Hal ini tentu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

 

Selain itu, pemerintah juga menyarankan masyarakat Indonesia untuk tidak menyambangi China sementara waktu. Hingga sampai saat ini belum dipastikan kapan waktu aman bagi masyarakat untuk mengunjungi China. Jadi simak terus informasi terkini seputar corona agar perjalanan lo berlangsung aman ya bro!

 

 

2. Lima Maskapai Penerbangan Nasional Diminta Menunda Rencana Penerbangan

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona. Photo Credit: indonesiainside.id 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai pemberlakuan larangan penerbangan ditujukan untuk mengantisipasi penularan virus corona di Indonesia. Dengan menunda penerbangan ke atau dari China, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari risiko tertular. Kita doakan saja semoga upaya ini berhasil ya bro?

 

Akses transportasi udara yang berkaitan dengan penumpang internasional saat ini dianggap menyimpan potensi penyebaran virus tertinggi. Itulah yang menjadi pertimbangan Budi dalam menunda seluruh rencana penerbangan maskapai asing dan nasional dari China. Aturan ini kabarnya juga berlaku untuk penerbangan transit.    

 

Indonesia memiliki beberapa maskapai nasional yang menjalankan penerbangan reguler dan carter dari atau ke China. Maskapai tersebut adalah Sriwijaya Air, Citilink, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Citilink. Pemerintah menghimbau seluruh pihak maskapai untuk menjelaskan rencana penundaan ini secepatnya kepada konsumen agar kerugian dapat diminimalisir.

 

3. Layanan Penerbangan Garuda Indonesia dari atau menuju China Dihentikan Sementara

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona. Photo Credit: marketeers.com

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, Garuda Indonesia termasuk maskapai yang menutup penerbangan dari atau menuju China. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menutup persebaran virus corona di Indonesia. Resiko penularan pun dapat diminimalisir. Oke bro?

 

Pemberhentian sementara ini berlaku untuk sejumlah layanan penerbangan dari atau menuju beberapa daerah China. Contohnya seperti Guangzhou, Xi’an, Beijing, Zhengzhou, dan Shanghai. Biasanya, Garuda Indonesia memberikan pelayanan 30 frekuensi penerbangan ke China untuk satu minggu.

 

Meski begitu, pelancong saat ini masih diperbolehkan memakai penerbangan dari atau menuju Hong Kong, Hal ini berlaku selama penerbangan berada di bawah pengawasan penuh otoritas terkait. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra melihat aturan ini sebagai wujud dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam membatasi penyebaran virus.

 

Menurut Irfan, Garuda Indonesia menerapkan kebijakan fleksibel terkait layanan operasional. Hal ini diaplikasikan dalam mekanisme perubahan jadwal terbang hingga pengalihan rute. Intinya, semua kebijakan akan disesuaikan dengan situasi atau kondisi terkini.

 

Irfan juga menghimbau seluruh calon penumpang untuk memeriksa jadwal penerbangan Garuda Indonesia via media sosial secara rutin. Terlebih jika lo berniat melewati rute-rute yang termasuk dalam kategori rawan penyebaran virus. Bila hendak mengurus pembatalan penerbangan ke China, lo bisa melakukan proses penukaran tiket atau refund langsung kepada pihak Garuda Indonesia.

 

4. Belum Ada Kepastian Lama Waktu Larangan Penerbangan RI-China

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona

4 Fakta yang Perlu Lo Tahu Soal Larangan Penerbangan RI-China Akibat Virus Corona. Photo Credit: tangerangtribun.com 

Mulai hari Rabu (5/2/2020) ini sejak pukul 00.00 WIB, pemerintah melarang maskapai penerbangan melakukan penerbangan dari atau menuju China. Sejauh ini belum ada informasi terkait durasi larangan penerbangan. Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD saat ia diwawancarai Kumparan di JCC Senayan, Minggu (2/2/2020) kemarin.   

 

Mahfud sendiri tidak banyak menyampaikan opininya terkait larangan penerbangan dari atau ke China. Menurut beliau, persoalan ini akan dibahas lebih lanjut oleh otoritas yang lebih berwenang. Satu-satunya yang pasti adalah penerapan aturan ini berkaitan dengan upaya menghalau penyebaran virus corona.

 

 

Demikian 4 fakta terkait larangan penerbangan RI-China yang mulai berlaku sejak Rabu (5/2/2020) ini. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi traveler yang berencana ke luar negeri. Jangan lupa untuk terus menyimak berita terkini seputar penerbangan dan virus corona di media manapun. Dengan begitu, lo dapat meminimalisir risiko tertular virus corona selama bepergian. Harap berhati-hati saat traveling ya bro!

 

Source: kumparan.com

Feature Image -  blog.glocalzone.com

Trending Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Virus yang sangat berbahaya,info fakta di atas sangat bermanfaat buat traveler yg akan berpergian ke daerah asal Virus
AMBO SOLLE
Mantap bro
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Hari Tristiyanto
makasih i fo nya
Cecep Jajang
Jangan sampai masuk Indonesia deh pokonya
Firgiawan
Virus corona menggemparkan dunia
Yuniarto ( Tato )
Wajib di Waspadai banget nih
Kristian Mustafa
Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati.
Yumna Aditya Prakoso
sementara di ruma dulu lur
dephy
semoga penularan virus corona dapat di cegah secepatnya