Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer

Buat lo yang suka banget sama wisata kuliner - apakah lo mengetahui apa esensi dari gaya traveling tersebut? Kalau belum, sila simak bahasan kali ini ya!

Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer

 

Kalau lo mengetik kata kunci ‘wisata kuliner’ pada mesin pencarian di internet, sedetik kemudian akan muncul berbagai ‘rekomendasi’ restoran atau tempat makan untuk lo jelajahi. Semakin mudah buat lo mau icip-icip rasa, kan. Tapi, terlepas dari semua hal itu – apa sih esensi dari wisata kuliner?

 

Apa sih esensi dari wisata kuliner?

 

Tentu masing-masing dari lo semua punya pendapat tersendiri soal esensi dari wisata kuliner. Kalau boleh tahu – coba absen dulu dan sila ketik dan ungkapkan pendapat lo soal esensi dari wisata kuliner di kolom komentar di bawah nanti ya.

 

Wisata kuliner – seperti yang sudah diketahui bersama kalau hal ini termasuk ke salah satu gaya traveling yang ada dan berkembang dengan baik. Dahulu, wisata kuliner tidak seperti ‘wisata’ seperti sekarang ini.

 

Sepertinya beberapa waktu lalu, wisata kuliner adalah ajang di mana para traveler ke luar dari penginapannya dan mencari makan siang atau malam. Sudah sampai di situ saja. Tapi kalau sekarang ini – wisata kuliner memang benar-benar sudah jadi ‘wisata’ atau gaya traveling.

 

Tentu perubahan ini dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya dan yang paling besar adalah media sosial. Percaya atau tidak – kemajuan teknologi pun memengaruhi gaya traveling yang satu ini.

 

 

Hayo, siapa di sini yang suka sekali mengunggah foto makanannya ke lini masa sebelum di makan?

 

Tapi, sebelum membahas hal-hal apa saja yang memengaruhi gaya traveling wisata kuliner ini, ketahui dulu sebenarnya esensi dari wisata kuliner ini sendiri ya. Jadi makin penasaran ya sebenarnya ada apa sih dibalik wisata kuliner? Sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Menelisik Rasa, Menjadi Lokal

Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer

Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer - credit: traveltriangle.com

Jika lo sedang traveling ke sebuah destinasi, tentu ada keinginan untuk mencoba apa saja yang asli dari sana, kan? Mulai dari aktivitas warga lokal, kebiasaan serta budaya lokal dan tentu yang tidak akan pernah dilewatkan, yaitu kulinernya.

 

Keinginan seperti ini yang sebenarnya membuat lo, sebagai seorang traveler menjadi beda dengan jenis traveler lainnya seperti turis. Kalau turis – seperti yang diketahui bersama, hanya ingin melihat apa yang ditawarkan mereka lewat pamflet atau iklan di media.

 

Tapi kalau traveler sebenar-benarnya traveler, tentu tidak akan mau melewatkan untuk mengetahui tiga hal tadi yang sudah disebutkan di atas sebelumnya – terlebih soal makanan, bro. Keingintahuan yang besar untuk mencicipi rasa lokal jadi salah satu motornya.

 

Lalu apa esensi wisata kuliner? Jelas – merasakan lokalitas jadi inti dari gaya traveling yang satu ini. Lo pasti ingin merasakan rasa lokal, rasa asli, rasa apa adanya dari sebuah kuliner di tiap destinasi. Mengapa lo ingin merasakan lokalitas tersebut?

 

Karena lo, dan kita semua mengetahui bersama kekayaan Indonesia seperti apa. Tentu setiap daerah, kawasan, destinasi wisata punya ciri khas, punya kekayaannya masing-masing yang begitu diicip di lidah sebagai bentuk kesatuan makanan – akan jadi kejutan yang tidak pernah terlupakan.

 

Bayangkan bro – dari berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia – hampir tiap daerah punya ciri khas masing-masing di bidang kulinernya. Tentu hal ini jadi alasan mengapa rasa keingintahuan lo sangat besar untuk melakukan wisata kuliner.

 

Betul bro, merasakan lokalitas adalah esensi yang penting dalam berwisata kuliner.

 

Apakah lo setuju dengan pernyataan di atas?

 

Lalu, Hanya Itukah yang Memotori Perkembangan Wisata Kuliner?

Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer

Sebuah Analisis Sederhana: Mengetahui Esensi Dari Wisata Kuliner yang Populer - credit: marketeers.com

TENTU TIDAK BRO! Perkembangan wisata kuliner yang begitu pesat sekarang ini tidak hanya dimotori oleh keingintahuan yang kuat soal rasa lokalitas yang punya kejutan luar biasa untuk setiap indera perasa.

 

Dari sekian banyak hal-hal yang memengaruhi perkembangan wisata kuliner, sudah ada dua hal yang dianalisis sebagai inti-inti yang begitu terkait dengan kebiasaan traveler zaman sekarang saat sedang berwisata kuliner.

 

Pertama adalah kemajuan teknologi. Siapa yang di sini selalu berusaha menjepret makanan yang ada di depannya lalu diedit dengan sedemikian rupa sehingga jadi menarik lalu dipamerkan di media sosial supaya dapat atensi yang masif?

 

Media sosial jadi hal pertama yang sangat memengaruhi perkembangan wisata kuliner. Kenapa begitu? Dari pertanyaan di paragraf sebelumnya – apakah lo adalah orang yang seperti itu? Kalau iya, jelas, itu jadi contoh mengapa kemajuan teknologi jadi hal yang paling memengaruhi perkembangan wisata kuliner.

 

Kebiasaan traveler yang memfoto makanannya lalu dipamerkan di media sosial akhirnya menciptakan tren tersendiri di media sosial tersebut. Muncul jenis unggahan yang disenangi banyak orang: “unggahan makanan dan minuman yang menarik perhatian”.

 

Dari sana, sudah jelas kalau media sosial benar-benar memengaruhi tren dan gaya traveling wisata kuliner. Kemudian, hal kedua ini juga tidak kalah penting nih: perkembangan pengelola kuliner itu sendiri.

 

Percaya atau tidak nih bro kalau perkembangan para pelaku kuliner membuat street food market menjadi hal yang paling dicari oleh para traveler sekarang ini. Pengadaan fasilitas tempat adalah salah satu hal fundamental bagi mereka.

 

Buat mereka, kios, warung atau restoran adalah hal utama untuk membuat bisnis kuliner mereka dicari oleh banyak traveler. Hal kedua tentu adalah kuliner atau makanannya sendiri. Mereka berlomba-lomba untuk membuat rasa lokal terus naik ke permukaan sehingga benar-benar dicari oleh traveler.

 

 

Nah, bagaimana nih bro? Penjelasan di atas, sudah cukup jelaskan sebenarnya apa sih esensi dari wisata kuliner? Oh iya, kalau ada pendapat lain soal esensi gaya traveling tersebut, sila kemuka kan pendapat lo di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Feature Image – travel.tribunnews.com

 

In Depth Beginner foodventure solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Nice Info
SRI YAYA ASTUTI
dengan adanya media sosial yang sanagat banayak sekarang bisnis kuliner, wisata kuliner sangat membantu para traveler cepat dapat mendpatkan informasi
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Esensi kuliner perkembangan nya sangat cepat,mempermudah orang2 menemukan kuliner ygvd inginkan dengan cita rasa yg sangat beragam.
Hilman rusdiyanto
Mamtabbbb
Cecep Jajang
Waduuh jadi bikin lapar nih,enak "
Suleman
Nice infonya