Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini!

Lombok menjadi tempat di mana lo bisa mendapatkan beragam pilihan air terjun indah, enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Lombok bukan hanya berupa pantai indahnya saja yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan loh, karena lo bisa menemukan banyak “harta karun” lainnya. Pulau dengan beragam keindahan alamnya ini memang sangat cocok sekali untuk menjadi destinasi liburan lo kelak, apalagi kalau lo sudah bosan dengan suasana di Pulau Bali.

 

Gunung Rinjani dan Gili Trawangan memang kawasan yang paling sering muncul di benak banyak orang kalau membicarakan mengenai pulau Lombok, namun pulau ini juga menawarkan potensi lainnya loh. Menjelajahi kawasan di pulau ini pun bisa menjadi aktivitas unik, lo bisa memulainya dari pilihan air terjunnya.

 

 

Air terjun dengan panorama indah juga bisa menjadi magnet bagi para penikmat alam, tak heran apabila pulau ini menyimpan banyak sekali pilihan atau spot wisata yang patut untuk lo kunjungi. Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini yaa. Semoga bisa menjadi referensi lo dan jangan lupa juga untuk selalu menjaga kelestariannya!

 

Rekomendasi Air Terjun di Lombok – Air Terjun Sendang Gile

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini! Credit: wisatabaru.com

 

Bukan berarti gila yaa, namun air terjun ini mampu menawarkan sebuah pengalaman tak terlupakan di dalam hidup lo. Namun memang lo membutuhkan peralatan seperti melakukan pendakian, minus kemah serta peralatan berat lainnya.

 

Untuk bisa sampai di air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menaiki sekitar 500 anak tangga melalui jalur trekking menuju Gunung Rinjani. Tenang saja, rasa lelah lo akan terbayar begitu tiba di lokasi kok. Sejauh mata lo memandang akan terdapat banyak sekali aneka macam tumbuhan hijau yang akan menambahkan suasana asri di lokasi ini.

 

Selain keindahannya, terdapat sebuah kepercayaan dari masyarakat setempat. Konon kalau lo membasuh wajah atau mandi di air terjun Sendang Gile maka lo akan menjadi awet muda loh. Apakah lo sudah tertarik untuk menghampirinya?

 

Rekomendasi Air Terjun di Lombok – Air Terjun Benang Kelambu

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini! Credit: /travelingyuk.com/

 

Berikutnya mengenai air terjun di Lombok, lo patut untuk mengunjungi Benang Kelambu, tentu ada alasannya, yaitu mata dan jiwa lo akan termanjakan dengan keindahannya. Air Terjun Benang Kelambu sendiri tepat terletak di bawah kaki Gunung Agung.

 

Yaap, bisa dikatakan juga kalau letak dari air terjun ini berada di tengah-tengah pulau Lombok. Air terjun ini juga memiliki aliran air yang muncul dari rerimbunan tumbuhan di sepanjang tebing serta memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Namun lo harus memastikan kalau kondisi tubuh lo fit yaa.

 

Mengapa? Karena medan yang akan lo tempuh untuk bisa sampai di kawasan air terjun ini pun cukup berat dan sulit. Lo harus melewati halur hiking yang curam di dalam rerimbunan hutan. Serta jangan lupa juga untuk menyiapkan segala peralatan pendakian agar semuanya bisa aman yaa.

 

Rekomendasi Air Terjun di Lombok -  Air Terjun Kerta Gangga

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini! Credit: lombokmandalika.co.id

 

Air terjun di Pulau Lombok memang cukup banyak pilihannya dan Kerta Gangga merupakan salah satu yang paling indah. Tak heran apabila banyak ketertarikan dari para wisatawan mengenai air terjun ini. Kalau lo ingin mendapatkan pengalaman unik tak terlupakan, ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk lo kunjungi kok.

 

Air Terjun Kerta Gangga yang memiliki tiga tingkatan ini berlokasi di Dusun Kerta, Desa Genggelang di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Keindahannya pun terlihat dari tinggi air terjun yang mencapai 40 meter. Lo juga harus berhati-hati yaa ketika ingin mengunjungi tempat ini, karena aksesnya akan sangat sulit untuk ditempuh.

 

Tanjakan serta turunan yang berkelok-kelok pun menjadi rintangannya,namun lo enggak perlu takut atau cemas yaa. Begitu lo tiba di titik di mana air terjun ini berada, rasa cemas tersebut akan hilang seketika. Air Terjun Kerta Gnagga yang indah langsung berada di depan wajah lo.

 

Rekomendasi Air Terjun di Lombok – Air Terjun Tiu Kelep

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini! Credit: wisatalombokku.blogspot.com

 

Derasnya air yang turun dari ketinggian memang menjadi incaran para penikmat alam ketika berkunjung ke air terjun. Akan lebih indah lagi apabila ditambah dengan bentangan alam hijau. Nah, Air Terjun Tiu Kelep di Lombok merupakan tempat yang akan memberikan hal-hal seperti itu loh.

 

Air Terjun Tiu Kelep sendiri berlokasi di Desa Senaru yang berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Kalau lo ingin menuju ke lokasi air terjun ini, lo harus menempuh jarak sekitar 60 km dari Mataram. Perlu untuk diketahui juga kalau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter.

 

Aliran air di kawasan iin pun cukup deras, serta terdapat mitos di balik keindahannya loh. Banyak orang percaya kalau seseorang mandi di kolam yang terletak tepat di bawah air terjun ini maka ia pun bisa menjadi awet muda.

 

Rekomendasi Air Terjun di Lombok – Air Terjun Benang Stokel

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5

Kangen Sama Air Terjun? Coba Deh ke Lombok dan Temukan 5 "Harta Karun" Ini! Credit: wisatalombokyes.com

 

Air Terjun Benang Stokel merupakan salah satu bukti betapa indahnya pilihan air terjun di Pulau Lombok. Berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, air terjun ini memiliki 2 aliran air dengan ketinggian sama, sekitar 30 meter.

 

Nah, untuk bisa mengunjunginya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kota Mataram loh. Terdapat pula kolam kecil yang bisa lo gunakan untuk mandi ataupun berenang. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun ini merupakan salah satu tempat bagi Dewi Anjani membersihkan diri. Dewi Anjani sendiri merupakan salah satu makhluk ghaib penunggu Gunung Rinjani.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rekomendasi air terjun di Lombok? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Tetap semangat untuk mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia dan jangan lupa untuk terus menjaga kelestariannya yaa!

 

Source: .idntimes.com/

 

 

 

Featured Image: /wisatalengkap.com

 

Wilderness Beginner solo traveling

1 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Subhanallah, Lombok memang indah