Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis?

Kapan lo terakhir kali berkemah nih bro? Buat mengisi waktu akhir pekan, sepertinya cocok banget nih buat berkemah di CAUB Jawa Tengah. Penasaran kenapa begitu? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis?

 

Berkemah adalah salah satu cara bagi para traveler untuk lebih dekat dengan alam. Apapun caranya, baik yang konvensional atau glamping – berkemah tetap mengasyikan. Apalagi spot di mana tenda lo berada adalah kaki Gunung Slamet yang punya banyak curug eksotis!

***

 

Sebagai gunung paling tinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru, Gunung Slamet adalah salah satu gunung favorit para pendaki Indonesia dan mancanegara. Pasalnya, dengan jalur pendakian yang bermacam-macam, kesulitannya pun berbeda-beda.

 

Terlepas dari hal itu – jika pendakian berhasil sampai puncak, segala pengorbanan serta usaha lo akan dibayar dengan rasa puas serta pemandangan keindahan alam yang luar biasa dari atas sana. Buat lo sendiri – apakah sudah pernah mendaki Gunung Slamet?

 

 

Nah buat lo yang belum pernah mendaki Gunung Slamet tapi tetap mau dapat vibe-nya di sana, sekarang ini ada fasilitas baru di sekitar Gunung Slamet tersebut. Berada di Desa Karangsalam, Banyumas – Jawa Tengah, ada camping ground yang bisa jadi pilihan lo berakhir pekan!

 

Area tersebut dinamakan Camp Area Umbul Bengkok. Dikelola oleh masyarakat lokal – adanya camping ground ini mengantarkan Desa Karangsalam mendapatkan peringkat ke tujuh dalam lomba Desa Wisata Nusantara 2019 lalu dengan kategori Desa Wisata Maju.

 

Wah keren banget nih ya bro. Jadi penasaran ya bagaimana sih berkemah di sana. Sebelum lo ke sana, sila simak bahasan kali ini dulu sampai habis – barulah siapkan waktu, terutama waktu akhir pekan saja untuk menikmati keindahan alam terutama pemandangan Gunung Slamet beserta curug-curug eksotisnya!

***

 

CAUB Jadi Favorit Para Traveler

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis?

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis? credit: dolanyok.com

Awalnya memang hanya terkenal di lingkungan lokal sana saja – tapi lama kelamaan, tentu akan terkenal di kalangan traveler luas juga. CAUB atau Camp Area Umbul Bengkok ini jadi objek wisata di kaki Gunung Slamet yang menawarkan pengalaman traveling luar biasa, lho.

 

Para traveler yang tidak punya peralatan berkemah tenang saja! Justru di sana, segala peralatan berkemah dan asesorisnya sudah disiapkan. Oleh karena itu, tiket retribusinya sih masih Rp 2 ribu saja kok. Nah, buat sewa tenda, harganya Rp 100 ribu dengan kapasitas tenda 4 orang plus matras bro.

 

Bagaimana? Murah kan? Lalu para pengunjung atau traveler yang akan menginap berkemah di sana juga disediakan kayu bakar kok kalau mau menyalakan api unggun pada malam hari. Wah makin intim saja nih dengan alam!

 

Bahkan segala fasilitas yang ada di sana terbilang cukup lengkap kok. Pasalnya, fasilitas seperti rumah ibadah, gazebo serta toilet dan restoran atau warung makan – buka 24 jam kok! Jadi santai saja kalau misalnya perbekalan lo menipis!

 

Terlepas dari segala fasilitas super lengkap yang sudah disediakan oleh pihak pengelola CAUB – ada satu tambahan yang sepertinya tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Penasaran bro? Sila simak terus poin-poin yang akan dijelaskan di bawah ini ya!

 

Eksplorasi Banyak Curug Eksotis di Gunung Slamet

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis?

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis? credit: lifestyle.okezone.com

Selain lo bisa menikmati segala keindahan alam yang ada di kaki Gunung Slamet, para pengelola CAUB juga akan menawarkan lo trip yang akan membawa lo ke pengalaman yang luar biasa. Biasanya, trip ini akan jadi satu dengan paket berkemahnya.

 

Trip tersebut adalah perjalanan singkat untuk trekking menyusuri berbagai curu-curug eksotis yang ada di dalam Gunung Slamet. Penawarannya ada tiga kategori, bro. Kategori pertama adalah short trip yang akan mengunjungi tiga curug saja. Short trip berharga Rp 75 ribu per orang.

 

Lalu kategori kedua yaitu medium trip akan membawa lo ke empat curug. Paket tersebut berharga Rp 85 ribu per orang. Dan kategori ketiga atau yang terakhir adalah long trip di mana lo akan mengeksplorasi enam curug sekaligus! Kategori ketiga itu berharga Rp 95 ribu saja per orang.

 

Bagaimana bro? Selain curug, akan ada banyak kejutan lagi nih yang bisa lo temu di sana. Makin penasaran ingin mencoba berkemah di CAUB ya?

 

Tantangan yang Ada di Gunung Slamet

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis?

Siap Berkemah di Kaki Gunung Slamet dan Eksplorasi Berbagai Curug Eksotis? credit: backpackerjakarta.com

Kalau lo berniat sekalian mendaki Gunung Slamet – tentunya ada persiapan khusus yang mesti lo lakukan. Seperti persiapan logistik dan segala peralatan yang harus lengkap serta stamina yang mesti fit agar tidak lemas duluan saat pendakian.

 

Wajar bro – Gunung Slamet adalah salah satu gunung dengan jalur pendakian yang cukup sulit. Pasalnya, di berbagai jalur pendakiannya hampir tidak ada mata air. Selain itu, di hampir semua jalur pendakian Gunung Slamet, sering sekali terjadi kabut tebal.

 

Kabut tebal tersebut biasanya diiringi dengan cuaca yang tidak menentu. Misalnya, dari pagi sudah cukup terang karena ada matahari, tapi siang hari bisa saja berubah dengan cepat. Ditandai dengan turunnya kabut tebal lalu hujan ditambah angin.

 

Wah kalau lagi badai seperti itu, cepat temukan shelter pos pendakian dan berlindung sejenak ya bro. Ingat bro – alam liar adalah bukan sesuatu hal yang bisa lo taklukan. Jadi tetap humble dan berhati-hati karena bahaya bisa datang dari mana saja.

 

 

Jadi bagaimana nih bro? Sudah siap untuk berkemah di CAUB dan sekalian mendaki Gunung Slamet? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu kosong untuk melakukan petualangan lo itu ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – goodnewsfromindonesia.id

Wilderness Beginner Tenda Camping solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Keren Spot nya.
dephy
selalu jaga alam kita dengan tidak merusak alam
Yumna Aditya Prakoso
pingin ndaki ke sana
Asep Hilman Purnama
Siap Berkemah
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
Kereeeenn
SRI YAYA ASTUTI
ga jauh ni dari kota jogja,kapan-kapan bisa kesini
Cecep Jajang
Wisata alam memang gak ada dua ny
Fardi Irawan
Jadi pengen liburan
Solech.21
Status gn Slamet sampai saat ini masih siaga