Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

Eits, walau ini penerbangan pertama lo dengan first class - jangan canggung banget ya, berikut panduan-panduannya biar tetap nyaman selama penerbangan!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

 

Segala hal yang baru dilakukan untuk pertama kalinya memang terkadang membingungkan. Seperti masuk kerja di kantor baru untuk pertama kali, tentu lo butuh panduan. Sama halnya nih dengan penerbangan pertama lo dengan First Class!

***

 

Penerbangan dengan first class tentu akan cukup berbeda dengan kelas ekonomi atau bisnis, bro. Perbedaan yang cukup signifikan tentu ada di fasilitas. Jelas, dengan fasilitas seperti itu harga yang mesti lo bayarkan tentu lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

 

 

Tapi untuk perjalanan serta pengalaman traveling yang super nyaman, harga tiket pesawat first class akan jadi lebih rasional kok bro. Nah, terkait dengan segala hal yang ada di penerbangan kelas wahid tersebut, buat lo yang pertama kali – tentu ada yang bikin canggung nih!

 

Supaya canggung lo tidak terlalu kelihatan – sebelum melakukan penerbangan tersebut, sebaiknya lo simak dulu nih bahasan kali ini supaya lebih jelas! Sayang banget nih sudah gaya naik first class tapi bingung saat penerbangannya!

***

 

Tips Naik First Class: Memeriksa Kuota Bagasi

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman! credit: harnas.co

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau penumpang untuk kelas wahid seperti first class mendapatkan kuota barang lebih banyak untuk disimpan di bagasi pesawat. Eits, jangan ketukar ya membacanya, di bagasi pesawat – bukan di kabin pesawat.

 

Walau mempunyai kuota lebih banyak ketimbang penumpang pesawat dari kelas lainnya – namun ada satu hal yang mesti lo ingat juga kalau aturan jenis barang yang boleh dibawa tetap sama. Jadi jangan membawa barang-barang yang membahayakan ya.

 

Lalu kalau ini adalah penerbangan pertama lo menggunakan first class – sila hubungi maskapai terkait untuk mengetahui seberapa banyak kuota berat barang yang bisa lo dapatkan untuk disimpan di bagasi pesawat. Sila cek terlebih dahulu agar bisa lo manfaatkan dengan sebaik mungkin ya.

 

Tips Naik First Class: Bisa Pilih Bangku!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman! credit: thejakartapost.com

Dalam penerbangan menggunakan kelas first class – lo bisa lho memilih tempat duduk sesuai dengan kondisi. Misalnya, kalau lo berpergiannya sendirian – lo bisa nih untuk meminta tempat duduk dekat dengan jendela. Kalau berdua dengan pasangan, sebaiknya lo pilih tempat duduk di area tengah.

 

Nah kalau lo yang introvert atau memang butuh privasi tersendiri – lo bisa pilih tempat duduk di bagian depan dekat dengan kokpit bro. Atau kalau mau lebih jelas – sila periksa situs SeatGuru untuk mendapatkan peta area duduk di pesawat yang bakal lo gunakan.

 

Oh iya, ada yang mesti lo ketahui nih dari pihak maskapai terkait dengan memilih tempat duduk. Pastikan kembali bisa memilih tempat duduk ini bebas dari charge. Karena ternyata ada maskapai yang akan memasangkan tarif saat lo memilih tempat duduk.

 

Tips Naik First Class: Fasilitas Dari Darat

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman! credit: blog.pergi.com

First Class fasilitasnya tidak hanya bisa lo nikmati saat dalam penerbangan saja nih. Dari darat pun lo sudah bisa merasakan fasilitas yang wahid! Hal ini terkait dengan bebas antrean saat check in, bisa santai di Lounge dan dapat shuttle khusus untuk naik pesawat.

 

Nah, karena lo sudah tahu begini – pastikan lo mengetahui persis nih apa saja fasilitas yang bisa lo dapatkan agar tidak canggung saat menikmati penerbangan lo menggunakan first class.

 

Tips Naik First Class: Makanan dan Minuman

Sama seperti memilih tempat duduk di dalam kabin, beberapa maskapai juga punya layanan pemesanan menu makanan serta minuman sebelum berangkat terbang, bro. Jadi langkah pertama yang bisa lo lakukan adalah memeriksa situs resmi maskapai tersebut dan lihat menu apa saja yang disediakan.

 

Yang pasti lo jangan malu ya untuk meminta makanan serta minuman tambahan selama penerbangan di dalam pesawat. Buat masalah perut – first class tentu akan menyediakan yang terbaik untuk penumpangnya bro.

 

Tips Naik First Class: Atur Bangku Buat Tidur

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman!

Pertama Kali Naik First Class? Ini 6 Panduannya Biar Penerbangan Lo Nyaman! credit: koreanair.com

Ini salah satu fasilitas yang bikin nyaman naik first class – tempat duduk lo bisa diatur atau di-adjust dengan sedemikian rupa sampai nyaman buat tidur. Biasanya – satu tempat duduk dilengkapi dengan berbagai panel serta tombol untuk mengatur.

 

Nah kalau ini adalah waktu pertama lo untuk naik first class dan masih bingung bagaimana mengatur tempat duduk lo agar bisa nyaman tidur – sila tanya oleh awak kabin ya bro. Jangan malu bertanya dengan mereka karena mereka bertugas untuk hal tersebut.

 

 

Atau biasanya – pihak maskapai sudah menyediakan panduannya dalam bentuk visual fisik atau visual virtual dalam bentuk video. Jadi pastikan lo mengetahui bagaimana cara mengoperasikan serta mengatur tempat duduk lo agar nyaman buat tidur selama penerbangan nih!

 

Tips Naik First Class: Jangan Malu Bertanya!

Ini yang sudah pasti bro – jangan sampai malu buat bertanya soal apapun. Para awak kabin di first class dengan sigap akan membantu lo untuk tetap nyaman dalam penerbangan.

 

Wah bagaimana nih bro? Dari semua tips atau panduan yang sudah dijelaskan di atas – apakah masih ada yang membingungkan? Atau ada yang mau lo tambahkan? Boleh banget nih langsung saja tinggalkan tambahannya di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – starsinsider.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

13 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Supaya gak canggung dan keliatan.... Sebaiknya kita belajar dari bahasan diatas, karena first class jelas beda mengenai fasilitas dgn elo dan bisnis.. Mantap
Hari Tristiyanto
Keren bgt info nya
SURIANTO
Info yang sangat bermanfaat
dephy
fasilitas yang istimewa, jangan samapi fasilitas istimewa membuat kita seperti orang yang kuper
SRI YAYA ASTUTI
satu kata yang cocok untuk first class adalah ISTIMEWA
ditra nugraha
mewah banget, semoga bisa merasakan masuk first class
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Pengen nyoba gimana ya rasanya
Arip Munandar
oh gitu yaa. haa
Kristian Mustafa
Kepengen coba terbang dengan fasilitas tersebut.