5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

Nusa Tenggara Timur seolah-olah tak pernah habis memukau wisatawan lewat panorama alamnya yang menawan. Jika mengaku sebagai pencinta pantai, lo dianjurkan mendatangi kabupaten Sumba Timur. Mengapa demikian? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro! 

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

Keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya bisa lo nikmati di Pulau Komodo atau Gili Meno saja. Pelancong juga bisa menjelajahi surga wisata alam NTT dengan mendatangi kabupaten Sumba Timur. Daerah ini diberkahi dengan objek wisata alam yang sungguh elok dan memukau. Contohnya seperti taman nasional, air terjun, tanjung, taman wisata, pulau terluar, hingga pantai eksotis.

 

Nah, jika lo mengaku sebagai wisatawan pencinta pantai, Sumba Timur adalah daerah yang tak boleh dilewatkan. Kabupaten ini memiliki banyak pantai-pantai cantik yang tersebar di berbagai penjuru. Sehubungan dengan itu, aktivitas apa sajakah yang patut dijajal pencinta pantai di Sumba Timur?

 

Berikut adalah rekomendasi 5 kegiatan seru untuk wisatawan penyuka pantai selama liburan di Sumba Timur. Silakan disimak ya bro!

 

1. Menyaksikan Matahari Terbit di Pantai Walakiri

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT. Photo Credit: travelapak.id

Kabupaten Sumba Timur memang  dikenal sebagai surganya wisata pantai. Di sini, pelancong bisa menenangkan diri sembari melepas penat dengan mendatangi pantai-pantai cantik. Salah satu pantai indah yang wajib lo masukkan dalam daftar destinasi liburan di Sumba Timur adalah Pantai Walakiri.

 

Pantai berpanorama eksotis ini bisa ditemukan pelancong di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai. Jika berangkat dari kota Waingapu, lo bisa menyambangi Pantai Walakiri dalam jarak kurang lebih 24 kilometer. Keistimewaan pantai ini terletak pada airnya yang berwarna biru jernih serta pasir putihnya yang memesona.

 

Banyak hal yang bisa lo lakukan di Pantai Walakiri, mulai dari berenang hingga piknik sembari memandang indahnya pemandangan sekitar. Pantai ini juga menyajikan panorama matahari terbit yang menawan dan berkesan. Momen spesial ini tentu tak boleh dilewatkan wisatawan pencinta pantai. Setuju ‘kan?

 

2. Menikmati Keindahan Laut Biru di Pantai Katundu

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT. Photo Credit: pusatinfowisata26.blogspot.com

Bosan melihat suasana perkotaan yang tak jauh dari hiruk-pikuk kemacetan? Mungkin inilah saatnya lo menyambangi Pantai Katundu di Sumba Timur. Pantai eksotis ini siap memanjakan pelancong lewat panoraman alamnya yang asri dan aduhai. Ampuh hilangkan penat deh bro!

 

Suasana Pantai Katundu bakal jadi obat penawar stres terbaik bagi wisatawan yang berasal dari kota. Lo bakal disuguhi pemandangan laut biru yang begitu melegakan pikiran. Lokasi tempat ini diketahui sejajar dengan Pantai Waihungu, namun terhalang oleh barisan pegunungan.

 

Pelancong dapat menemukan Pantai Katundu di Desa Praimadita, Kecamatan Karera, Sumba Timur. Jarak yang terbentang antara pantai ini dan kota Waingapu adalah 162 kilometer. Pantai Katundu sangat direkomendasikan bagi pelancong yang ingin mendekatkan diri ke alam pada masa liburan. Jangan lupa ke sini ya bro!

 

 

3. Berenang di Pantai Puru Kambera

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT. Photo Credit: travelingyuk.com 

Destinasi lainnya yang patut dijelajahi wisatawan pencinta pantai di Sumba Timur adalah Pantai Puru Kambera. Tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya di NTT. Begitu tiba di sini, lo bakal disambut suasana asri lengkap dengan panorama cantik nan eksotis.

 

Lokasi Pantai Puru Kambera berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu. Wisatawan yang berangkat dari Waingapu bisa menemukan pantai ini dalam jarak sekitar 26 kilometer. Rata-rata waktu yang dihabiskan pelancong dari Waingapu menuju Pantai Puru Kambera adalah satu jam.

 

Salah satu aktivitas seru yang bisa lo coba di Pantai Puru Kambera adalah berenang. Jika tidak ingin basah, lo bisa menyiapkan tikar atau alas untuk duduk di sekitar pasir pantai. Keindahan pantai ini sangatlah cocok dinikmati pelancong bersama teman atau keluarga.

 

4. Memancing di Pantai Londa Lima

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT. Photo Credit: ksmtour.com

Pantai ini diketahui menjadi tempat berlangsungnya tradisi adat masyarakat Sumba penganut Marapu. Ritual tersebut bernama Hamayang. Penganut Marapu melakukan hal ini untuk menghormati roh nenek moyang dan leluhur mereka.

 

Banyak orang menjuluki pantai ini dengan nama “Pantai Kuta”. Hal tersebut disebakan oleh letaknya yang berada dalam wilayah Desa Kuta. Selain menjadi tempat pelaksanaan upacara adat, Pantai Londa Lima juga kerap didatangi pelancong karena menyajikan panorama alam ajaib.

 

Lo bisa mengusir penat dengan menjajal banyak aktivitas di sini, mulai dari memancing, berjemur di bawah sinar matahari, hingga membeli ikan segar. Lokasi Pantai Londa Lima berjarak kurang lebih 12 kilometer dari kota Waingapu. Jangan lupa mencicipi keindahan pantai ini secara langsung ya bro!

 

 

5. Berselancar di Pantai Tarimbang

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT

5 Aktivitas Menarik untuk Pencinta Pantai di Sumba Timur, NTT. Photo Credit: indonesiakaya.com

Apabila lo mencari pantai dengan karakteristik unik di Sumba Timur, Pantai Tarimbang mungkin bisa jadi pilihan terbaik kala liburan. Keistimewaan pantai ini terletak pada pasir putihnya yang berbentuk setengah lingkaran. Hal tersebut tak jarang mengundang rasa penasaran wisatawan untuk melihatnya secara langsung.

 

Pelancong bisa menemukan Pantai Tarimbang dengan berjalan sejauh 120 kilometer dari kota Waingapu. Kegiatan seru yang bisa lo lakukan di sini adalah berselancar, berenang, snorkeling atau diving, hingga bermain ski air. Suasana alami pantai ini bakal membuat lo hanyut dalam santai deh bro!

 

Demikian 5 aktivitas seru yang layak dicoba wisatawan pencinta pantai di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai-pantai di atas tentu dapat menjadi destinasi seru untuk menghilangkan beban pikiran dan jenuh kala liburan. Mencoba kelima hal di atas juga bakal membuat lo sadar betapa indahnya kekayaan alam Nusa Tenggara Timur. Apakah lo berminat menjajal semuanya?

 

Source: liputan6.com

Feature Image - limakaki.com

Extreme Action Beginner pantai nusa tenggara timur solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Resatya Oktafitullah SAV
Wihhh mantapsss
Resatya Oktafitullah SAV
Wiw mantapss
Agung Sutrisno
Sumba Timur adalah daerah Kabupaten yg memiliki banyak pantai-pantai cantik yang tersebar di berbagai penjuru.
dephy
surga cantik ciptaan Tuhan di Indonesia timur
SRI YAYA ASTUTI
menikmati hari baru dengan menjadi saksi terbitnya matahari di Pantai Walakiri adalah cara bersyukur dengan apa yang telah diberikan kehidupan baru dari Tuhan
nugraha
melamun diwaktu senja
Cecep Jajang
Pesona Indonesia
Ricko Pratama Putra
Subhanallah.. Indah nian.. Pantainya
Agus Sungkawa
Pesona Alam NTT Yang memoesona
arief
mantappp, keren tempatnya