Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Memangnya kalau jatah cuti sudah habis, lo jadi tidak bisa traveling lagi? Wah paham lama nih bro! Berikut lima tips cerdik buat lo yang jatah cutinya sudah habis tapi tetap pengin traveling!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

 

Salah satu elemen penting di mana biar traveling tetap jalan terus adalah: waktu. Kalau tidak ada waktu, bagaimana lo bisa jalan nih bro. Apalagi kalau waktu libur atau jatah cuti sudah habis. Bisa jadi mati gaya nih. Tapi tenang – di bawah ini ada 5 tips cerdik biar traveling lo tetap bisa jalan terus!

***

 

Walau gaya traveling sekarang ini sudah banyak sekali jenisnya, termasuk yang tergantung dengan waktu, tapi tetap saja kalau tidak ada waktunya – apakah traveling lo bisa jalan juga? Belum tentu, bro. Apalagi, waktu traveling ideal seperti 2-5 hari sekarang ini cukup sulit didapatkan.

 

Ditambah dengan rutinitas lo yang membumbung tinggi dan hampir tidak bisa ditinggal adalah salah satu hal yang juga berjalan linier dengan waktu. Yang paling apes adalah ketika sedang ingin sekali traveling, tapi jatah cuti sudah habis.

 

 

Mau izin dengan atasan tapi sudah diketahui akan tidak dapat izinnya? Tenang bro, di bawah ini, setidaknya ada lima tips cerdik yang bisa buat lo tetap jalan traveling walau jatah cuti sudah habis. Bagaimana caranya?

 

Berdasarkan Pesona Travel serta Kumparan, lima tips cerdik ini bisa sekali kok lo jalankan. Jadi buat lo yang sudah ingin sekali mendatangi sebuah destinasi wisata, tenang bro – dengan lima tips cerdik di bawah ini, lo bisa atur jadwal keberangkatan dengan tenang!

***

Tips Traveling Walau Jatah Cuti Habis: Pakai Akhir Pekan!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang! credit: tribunnews.com

Akhir pekan di Indonesia atau pada umumnya hanya berada di hari Sabtu dan Minggu. Apapun rutinitas lo bisa sekali ‘istirahat’ di akhir pekan. Atau mungkin kalau memang masih harus bekerja, mungkin hanya sampai pada tengah hari saja.

 

Nah, karena dua hari ini adalah hari libur yang sudah ditetapkan dari dulu, Sabtu dan Minggu adalah waktu yang paling tepat untuk jalan traveling. Tapi perlu diingat bro – karena hanya dua hari, ada adjustment yang perlu lo lakukan.

 

Salah satunya adalah memilih destinasi wisata. Kalau lo berada di sekitaran Jakarta, spot yang paling cocok buat didatangi selama Sabtu Minggu adalah Kepulauan Seribu di Jakarta Utara, Bogor, Sentul dengan Gunung Pancarnya – atau mungkin paling jauh adalah Bandung.

 

Biar waktu akhir pekan lo terasa lebih panjang – ada satu cara cerdik nih buat mengakalinya. Sila berangkat ke destinasi wisata yang sudah disebutkan di atas dari Jumat sore, Jumat malam setelah waktu bekerja lo selesai.

 

Hal ini akan membuat waktu weekend lo lebih terasa panjang – walau tidak terlalu panjang ya. Tapi, cara ini diakui banyak traveler sebagai salah satu cara yang cukup cerdik untuk memanfaatkan dua hari di akhir pekan ini.

 

Tips Traveling Walau Jatah Cuti Habis: Transportasi Paling Cepat

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang! credit: tempo.co

Cuma punya waktu dua sampai tiga hari libur tapi tetap ingin traveling ke berbagai destinasi? Selain memanfaatkan waktu akhir pekan, cara atau tips kedua yang bisa lo ketahui adalah menggunakan transportasi yang paling cepat.

 

Semisalnya nih – kalau lo dari Jakarta ingin ke Bogor, kalau Sabtu Minggu akan macet karena banyak kendaraan pribadi yang keluar – lo bisa menggunakan transportasi umum yang cepat seperti kereta. Jadi di tips kedua ini, sila lihat transportasi mana yang paling cepat untuk bisa mengantarkan lo ke destinasi wisata terkait.

 

Tips Traveling Walau Jatah Cuti Habis: Libur Hari Nasional

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang! credit: makemac.grid.id

Tidak hanya waktu dua hari di akhir pekan saja yang bisa lo manfaatkan untuk traveling – tapi waktu libur hari nasional pun bisa! Pada umumnya – beberapa hari nasional yang dirayakan oleh mayoritas penduduk Indonesia dijadikan hari libur.

 

Oleh karena itu, pastikan lo bisa memanfaatkannya. Beruntungnya lagi jika lo menemukan libur hari nasional yang berdekatan dengan waktu akhir pekan! Wah bisa kombo dapat dua sampai tiga hari libur bro. Biasanya dengan begitu lo bisa tetap jalan traveling dengan tenang.

 

Tips Traveling Walau Jatah Cuti Habis: Keliling Dalam Kota

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang! credit: indoindians.com

Kalau memang pahit-pahitnya lo tidak bisa berpergian ke luar kota karena jatah cuti habis, lo bisa pilih berkeliling dalam kota sebagai aktivitas traveling lo. Tidak apa bro – keliling dalam kota juga bentuk dari traveling.

 

Menyusuri sudut-sudut fotogenik, mencoba berbagai kuliner di sana adalah aktivitas yang bisa lo lakukan ketika keliling dalam kota. Nilai lebihnya adalah lo jadi tahu nih bro perkembangan kota sendiri seperti apa!

 

Tips Traveling Walau Jatah Cuti Habis: Business Trip!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang!

Jatah Cuti Habis? Tenang, Ini 5 Tips Cerdik Buat Lo Biar Bisa Traveling Dengan Tenang! credit: healthytravelblog.com

Nah kalau tips terakhir yang ini – mesti benar-benar lo lakukan dengan baik dulu ya kewajibannya. Pasalnya, business trip adalah gaya traveling kekinian yang memanfaatkan perjalanan dinas lo. Namanya perjalanan dinas, tentu ada tugas dan kewajibannya.

 

Tapi jika semua tugas serta kewajiban sudah dijalankan dan masih ada waktu yang cukup luang – tidak ada salahnya juga lo gunakan untuk traveling! Oleh karena itu, coba lihat jadwal perjalanan dinas lo lagi ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima tips cerdik untuk memanfaatkan waktu agar bisa traveling terus – apakah ada yang mau lo tambahkan? Kalau ada yang mau menambahkan, sila tambahkan ide atau tips lo di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – Kumparan

Feature Image – phinemo.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
Fardi Irawan
Gapunya koper ransel doang cukup
Cecep Jajang
Ideu yang sangat bagus
Yuniarto ( Tato )
Nice ide ....Ceritanya harus kreatif
arief
mantap infonya simpel tp banayk manfaatnya