Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan wisatawan saat bawa koper ke luar negeri? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Sebagian pelancong mungkin menganggap proses packing atau pengepakan barang sebagai fase paling membosankan saat liburan. Saat menjalani hal ini, lo sebaiknya cermat memilih barang bawaan agar koper tetap terasa nyaman. Pemilihan barang yang tepat ketika packing tentu juga akan memudahkan mobilitas wisatawan saat liburan.

 

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan wisatawan saat bawa koper ke luar negeri? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Memasukkan Jaket Tebal Berwarna Gelap ke dalam Koper

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini! Photo Credit: sehkelly.com

Bila hendak berlibur ke luar negeri, lo sebaiknya menyiapkan satu atau dua jaket tebal di dalam koper. Pilihlah yang jaket yang mampu memberi kehangatan untuk mengantisipasi cuaca dingin. Contoh jenis jaket yang bisa dipakai adalah parka, jaket kulit, atau bomber.

 

Di samping itu, pelancong juga dianjurkan mencari jaket berwarna gelap sebelum berangkat. Contohnya seperti jaket berwarna abu-abu, hijau zaitun, atau abu-abu. Pemiihan jaket berwarna gelap akan berguna bila cuaca negara tujuan hujan atau buruk. Pasalnya, lo tidak akan nampak terlalu basah ketika mengenakan jaket. Oke bro?

 

2. Membawa Sepatu Bersol Empuk

Wisatawan yang tertarik menjelajahi kota tak boleh melupakan barang satu ini. Berkelana keliling kota memang bisa dilakukan dengan alat transportasi seperi bus, taksi, atau kereta. Akan tetapi, pengalaman liburan yang didapat dengan berjalan kaki dari satu spot ke spot lain tetap tak tergantikan.

 

Aktivitas berjalan sayang dilewatkan begitu saja oleh wisatawan yang berlibur ke London atau kota-kota di benua Eropa. Lo berkesempatan melihat banyak panorama indah nan memesona. Oleh sebab itu, persiapkan sepasang sneakers dengan alas tak licin di dalam koper lo. Pelancong yang membawa boots atau flat shoes juga bisa memakai sol empuk bila ingin berjalan secara puas.

 

 

3. Melipat yang Benar

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini! Photo Credit: theodysseyonline.com

Pelancong dapat menemukan banyak trik menyusun isi koper secara mudah di internet. Semuanya tentu bisa lo manfaatkan untuk membuat barang bawaan jadi lebih praktis. Salah satu contohnya adalah melipat baju menjadi dua bagian dan menggulungnya. Mudah sekali ‘kan?

 

Letakkan barang bawaan yang paling jarang lo gunakan di ruang koper paling bawah. Terapkan juga hal ini untuk barang terberat. Selain itu, koper yang cocok dibawa pelancong ke luar negeri adalah tas berbahan kanvas dengan rangka minimalis. Tas ini dinilai cukup efektif menurunkan berat beban bagasi.

 

4. Mengurangi Baju dalam Koper

Wisatawan sebaiknya tidak mengisi ruang koper dengan baju dari Indonesia saja. Pasalnya lo bisa menemukan banyak toko pakaian murah di luar negeri. Sebagai contoh, jika berlibur ke London, pelancong dapat menyambangi toko-toko seperti Gap, H&M, dan Primark. Asyik sekali bukan?

 

Pelancong sebenarnya juga bisa membawa baju dari Indonesia dengan warna dan motif yang netral. Tujuannya supaya lo dapat memakainya esok hari. Di Eropa, matahari juga tidak terlalu panas sehingga lo tidak perlu sering berganti baju. Lo lebih disarankan memakai jaket karena udara di luar negeri terbilang dingin.

 

5. Menyiapkan Tas Berukuran Besar         

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini! Photo Credit: bigcommerce.com

 Banyak cara yang bisa dicoba traveler agar tidak kerepotan selama jalan-jalan di luar negeri. Jika tidak ingin ribet membawa banyak barang belanjaan, lo dianjurkan membawa tas berukuran besar. Gunakan barang ini untuk menaruh berbagai macam keperluan selama liburan agar mobilitas tak terganggu.

 

Jika membawa tas besar kosong, traveler bisa memanfaatkannya untuk menaruh aneka oleh-oleh khas tempat tujuan. Lakukan hal ini bila kondisi tas koper sudah tak memungkinkan lagi untuk diisi. Siapkan juga dry bag di dalam atas agar barang elektronik lo aman dari hujan.

 

6. Menaruh Syal, Topi Beanie dan Sarung Tangan ke dalam Koper

Ramalan cuaca memang bisa dijadikan acuan bagi traveler sebelum berangkat liburan. Akan tetapi, lo tetap tidak bisa mempercayainya seratus persen karena informasi tersebut hanyalah prediksi. Banyak kota di Eropa memiliki suhu tinggi, akan tetapi kondisi anginya cukup kencang.

 

Oleh sebab itu, pelancong disarankan membawa topi beanie dan syal selama liburan di luar negeri. Pastikan semuanya sudah tersedia dengan rapi di dalam koper lo. Persiapkan juga sepasang sarung tangan agar lo semakin siap menghadapi udara dingin.

 

 

7. Membawa Pelembab, Tetes Mata, dan Tisu

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini!

Bawa Koper ke Luar Negeri? Jangan Lupa Terapkan 7 Hal Ini! Photo Credit: freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Eropa memiliki suhu udara dingin. Kondisi ini akan membuat mata dan kulit lo mudah mengering. Maka dari itu, peralatan seperti pelembab dan tetes mata juga perlu disiapkan sebelum berangkat ke luar negeri.

 

Kedua peralatan ini tentu saja wajib dibawa pelancong yang mengalami kulit dan mata kering. Selain itu, persiapkan juga tisu meski lo tidak berada dalam kondisi demam atau flu. Udara yang dingin di luar negeri bakal membuat lo rawan terkena pilek.

 

Demikian 7 hal yang perlu diingat traveler sebelum bawa koper ke luar negeri. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang hendak melancong ke negara lain dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk menerapkan tujuh hal di atas saat melakukan packing. Semoga liburan lo menyenangkan dan tetap berhati-hati ya bro!

 

Source: cnnindonesia.com

Feature Image - farawaylucy.com

 

Tips Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Pemilihan barang yang tepat ketika packing tentu juga akan memudahkan kita dalam mobilitas dan yg pasti nyaman serta menyenangkan.
SRI YAYA ASTUTI
bagi para traveler yang sering traveling kelluar negeri tips ini dapat membantu
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Nice Info.
Kristian Mustafa
Nice INfo.
Yuniarto ( Tato )
Wajib di perhatikan
Agus Sungkawa
Packing yg simple
Cecep Jajang
Makasih min info ny jadi tau
dephy
saat traveling kita memang harus cermat dan teliti apa saja yang haris kita bawa untuk menghadapi entah itu cuaca atau perbedaan apapun dinegara kita dengan negara lain supaya traveling kita tetap selalu nyaman.
arief
siap,,,makasih infonya