Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

Festival Dayak Maratus 2020 siap digelar nanti. Buat lo yang suka dengan hal-hal ekstrem serta magis, festival budaya yang satu ini tidak bisa lo lewatkan begitu saja ya!

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

 

Kekayaan Indonesia sudah tidak pernah bisa diragukan lagi. Apa yang banyak traveler cari, semua ada di negara tercinta ini. Mulai dari keindahan alam, kekayaan kuliner sampai berbagai macam budaya luar biasa bisa lo nikmati. Bicara soal budaya, sebentar lagi ada Festival Budaya Dayak Maratus 2020.

***

 

Keberagaman budaya di Indonesia termasuk ke berbagai suku yang ada. Dari ujung timur sampai ujung barat negeri ini, tersebar suku-suku yang luar biasa kearifan lokalnya. Menjadi sebuah petualangan tersendiri untuk mengetahui segala budaya dari masing-masing suku tersebut.

 

 

Nah, buat lo yang sedang mencari spot petualangan, destinasi wisata ataupun festival budaya yang akan diselenggarakan – ada Festival Budaya Dayak Maratus 2020 yang sebentar lagi digelar. Buat lo yang ingin memulai petualangan soal budaya, festival ini bisa jadi yang pertama buat lo datangi.

 

Mengapa mesti festival ini yang lo datangi? Festival Dayak Maratus 2020 mempunyai hal yang cukup berbeda dari festival lainnya bro, yaitu lo bisa melihat hal-hal magis yang selama ini sudah terkenal. Seperti Mandau yang bisa berdiri, dan lainnya.

 

Hal magis atau mistik serta klenik memang cukup lekat dengan beragam budaya di Indonesia, termasuk di budaya Dayak. Hal magis memang selalu bisa menarik banyak perhatian. Tidak hanya para traveler dari dalam negeri saja yang dibikin penasaran, tapi juga dari mancanegara.

 

Lalu hal magis atau mistik apa saja yang bisa lo lihat di Festival Dayak Maratus 2020 nanti? Daripada makin penasaran serta bertanya-tanya sendiri, sila simak bahasan kali ini saja sampai habis ya bro!

***

 

Festival Dayak Maratus 2020: Aruh Adat Baharin

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020 - credit: infopublik.id

Aruh Adat Baharin diyakini menjadi salah satu magnet besar untuk para traveler buat datang ke Festival Dayak Maratus 2020 nanti. Akan diselenggarakan di Desa Tabuan, Balangan – Aruh Adat Baharin ini diprediksi akan ditonton oleh banyak traveler.

 

Lalu sebenarnya apa sih Aruh Adat Baharin ini? Aruh Adat Baharin adalah sebuah bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil panen masyarakat lokal di sana. Ritual ini juga menjadi salah satu bentuk penghormatan untuk para arwah leluhur.

 

Masyarakat Dayak percaya bahwa arwah leluhur mereka senantisa melindungi mereka dari malapetaka atau bahaya. Kemudian, di dalam ritual tersebut juga akan ada penyembelihan beberapa ekor kerbau, kambing sampai ayam.

 

Festival Dayak Maratus 2020: Tarian Dayak Kolosal

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020 - credit: indonesiakaya.com

Selain Aruh Adat Baharin – ada satu bagian dari festival yang diprediksi juga akan jadi magnet untuk para traveler berdatangan. Bagian tersebut adalah Tarian Dayak Kolosal. Secara umum, masyarakat Dayak di Balangan memiliki beragam jenis tarian dan beberapa diantara ada sakral.

 

Sebut saja seperti Tari Gintur Dadas dan Tari Mandau yang diyakini bisa memanggil roh para leluhur. Biasanya, dalam Tari Mandau – akan ada atraksi yang cukup ekstrem yang hanya bisa dilakukan oleh mereka-mereka yang dipercaya.

 

Mengapa tarian ini dibilang sakral? Hal ini mungkin terkait dengan adanya pembacaan mantra dari para Balian. Setelah dibacakan mantra – akan ada hentakan kaki yang diiringi oleh Babun dan Kanung dalam tarian tersebut.

 

Festival Dayak Maratus 2020: Atraksi Ekstrem!

Nah, buat lo yang menunggu hal-hal ekstrem dari Festival Dayak Maratus 2020 nanti – dibagian ketiga ini akan memberikan lo gambaran atau prediksi, aksi ekstrem apa saja yang akan ada di festival tersebut.

 

Sebut saja seperti atraksi naik Pohon Manau berduri, mandi api dan duri – sampai atraksi sumpit. Selain atraksi ekstrem, di dalam Festival Dayak Maratus 2020 nanti akan ada banyak olahraga tradisional yang akan diperagakan, lho.

 

Festival Dayak Maratus 2020: Pengenalan Destinasi Wisata

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020 - credit: travelingyuk.com

Karena akan dilangsungkan di Kalimantan Selatan, khususnya di Balangan – Festival Dayak Maratus 2020 nanti juga diprediksi jadi sebuah pintu gerbang untuk menaikan angka kunjungan traveler ke sana. Mereka akan dikenalkan dengan banyak destinasi wisata yang luar biasa nilai-nilai keindahannya.

 

Jadi buat lo yang memang suka dengan eksplorasi serta petualangan yang panjang – festival budaya seperti ini mesti banget lo datangi karena lo nanti akan mengetahui kekayaan apa saja yang ada di tempat terkait.

 

Festival Dayak Maratus 2020: Ada Apa Lagi di Sana?

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020

Ini 5 Hal Magis yang Bisa Lo Lihat di Festival Dayak Maratus 2020 - credit: travelingyuk.com

Tentunya beragam atraksi dari yang ekstrem sampai seni akan ada. Pagelaran hasil karya seni dari masyarakat lokal tentu akan dipajang di sana. Lalu apakah ada wisata kuliner lokal juga? Hal ini belum bisa diketahui pasti.

 

Biasanya – namanya festival budaya, tentu juga akan menunjukan kearifan lokal budaya tersebut dalam bentuk makanan. Buat lo yang suka wisata kuliner – tenang saja bro, mudah-mudahan ada kok!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari penjelasan di atas – apakah sudah membuat lo makin penasaran dengan Festival Dayak Maratus 2020 ini? Kalau iya, langsung atur jadwal keberangkatan untuk ke sana ya!

 

Source – Kompas

Feature Image – infopublik.id

Extreme Action Beginner kalimantan solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
budaya asli indonesia yang harus tetap dilestarikan karena merupakan aset bangsa
Yuniarto ( Tato )
Wow...festival yg menegangkan
Ardiansyah Z
Omaakkkk.....manteeeppp
dephy
Suku dayak memang mempunyai banyak budaya banyak dari yang magis hingga budaya menarik yang sangat menghibur
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Ricko Pratama Putra
Mantul Budaya Asli Indonesia
Agus Sungkawa
Indonesia kaya akan ragam budaya yang mempeson
Yuniarto ( Tato )
Bikin penasaran
arief
keren, makasih infonya
Cecep Jajang
Pesona Indonesia memang indah,budaya yang unik