5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

Yogyakarta pas didatangi pelancong yang hendak merayakan valentine bersama pasangan. Kegiatan romantis apa yang patut dicoba traveler di kota ini? Silakan cek jawabannya di bawah ya bro!

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

Yogyakarta sering dirindukan banyak orang karena menyajikan atmosfer romantis yang amat berkesan. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa lo coba di Yogyakarta, mulai dari mencicip kuliner setempat, mendatangi destinasi wisata alam, mengunjungi destinasi sejarah, hingga belajar budaya lokal.

.

Kota ini juga pas dikunjungi pelancong yang hendak merayakan valentine bersama pasangan. Lo bisa menikmati masa liburan romantis dengan mendatangi beberapa spot wisata indah di Yogyakarta. Momen ini tentunya bakal membuat hubungan lo dan pasangan kian akrab.

 

Apa kegiatan liburan romantis yang patut coba dua sejoli di Yogyakarta? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicoba semua ya bro!     

 

1. Mengenal Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine. Photo Credit: republika.co.id

Siapa bilang liburan romantis harus dilakukan ke gunung atau pantai? Lo juga bisa menikmati masa  liburan berkualitas bersama pasangan dengan datang ke Museum Ullen Sentalu di Kaliurang, Yogyakarta. Museum tua ini mengisahkan peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi empat keraton di Solo dan Yogyakarta.

 

Keraton-keraton tersebut adalah Kesultanan Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, dan Praja Mangkunegaran. Salah satu daya tarik Museum Ullen Sentalu terletak pada kehadiran foto bangsawan dan lukisan yang berasal dari era Kerajaan Mataram. Barang-barang ini tentunya menyimpan nilai sejarah yang amat tinggi.

 

Selain itu, lo juga dapat menjumpai gamelan tua, kain batik khas Solo dan Yogyakarta, serta berbagai peninggalan budaya kerajaan. Mengunjungi Museum Ullen Sentalu bersama pasangan tentu akan membuat masa liburan lebih bermakna. Pasalnya, lo dan pasangan berkesempatan belajar memahami sejarah bangsa serta makna filosofis berbagai kain batik.

 

2.  Menikmati Keindahan Gunung Api Purba dan Hutan Pinus Mangunan Bersama Pasangan

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine. Photo Credit: ipkcrystaljogja.com

Jika bosan menghabiskan waktu bersama pasangan di mall, mungkin ini saatnya lo mencoba pergi ke tempat wisata bernuansa alam. Yogyakarta punya banyak destinasi alam indah untuk membebaskan pikiran dari penat. Contohnya seperti Gunung Api Purba dan Hutan Pinus Mangunan.

 

Dua tempat ini juga menjanjikan petualangan yang tak kalah seru. Sebagian besar wilayah Gunung Api Purba terbuat dari batuan aglomerat dan breksi gunung api. Rata-rata waktu yang dihabiskan pendaki untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba adalah 1,5 jam. Sesampainya di puncak, lo dan pasangan bisa menyaksikan panorama matahari terbit yang berkesan.

 

Selain itu, Hutan Pinus Mangunan juga bisa menjadi destinasi wisata romantis menarik bagi pasangan muda. Pengunjung bakal menghirup udara sejuk sembari menenangkan pikiran. Suasana ini tentu bisa lo manfaatkan untuk menjalin keakraban dengan pasangan.        

 

 

3. Mampir ke Jalan Malioboro dan Alun-alun Yogyakarta

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine. Photo Credit: investor.id

Liburan di Yogyakarta rasanya kurang komplit bila tidak datang ke Jalan Malioboro. Hampir setiap harinya, jalan ini dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Lo dan pasangan tentu bisa mengunjungi Jalan Malioboro untuk berburu kuliner dan oleh-oleh lokal, mulai dari makanan khas Yogyakarta hingga kerajinan tangan unik.

 

Keindahan Yogyakarta semakin terlihat pada waktu malam hari. Salah satu tempat yang cocok lo datangi bersama pasangan di malam hari adalah alun-alun selatan Keraton Yogyakarta. Di tempat ini, pelancong bisa menjelahai kota dengan naik odong-odong yang disertai lampu berwarna-warni.

 

Keseruan tidak berhenti sampai di situ. Alun-alun Yogyakarta juga memberi kesempatan bagi pelancong untuk bermain masangin. Masangin dapat diartikan sebagai aktivitas melintasi dua pohon beringin kembar dengan kondisi mata tertutup.

 

4. Berburu Makanan Khas Yogyakarta

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine. Photo Credit: instagram.com/omndutsukamakan

Yogyakarta juga kerap dipilih wisatawan sebagai destinasi liburan karena menyimpan beragam kuliner lokal enak. Salah satunya yang terkenal adalah gudeg. Cita rasanya yang gurih membuat makanan ini sering diburu pelancong setiap harinya.

 

Selain gudeg, masih ada banyak makanan lainnya yang bisa lo cicip bersama pasangan di Yogyakarta. Contohnya seperti oseng mercon, nasi brongkos, serta sate klatak di Imogiri. Lo dan pasangan juga direkomendasikan mendatangi pasar Mbah Satinem yang melegenda. Kenikmatan makanan di sana pantang dilewatkan!

 

 

5. Menonton Matahari Terbenam di Candi Ijo

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine

5 Kegiatan Liburan Romantis di Yogyakarta untuk Rayakan Valentine. Photo Credit: instagram.com/ikin2121

Pelancong yang mendambakan suasana romantis juga disarankan pergi ke Candi Ijo. Bangunan sejarah ini kabarnya berada pada ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Tak heran, tempat ini ditetapkan sebagai candi tertinggi di Yogyakarta.

 

Saat berkunjung ke Candi Ijo, lo dan pasangan dapat melihat panorama matahari terbenam yang memesona. Candi ini juga memiliki barang warisan kerajaan Mataram Kuno dari abad ke-18. Wisatawan pencinta sejarah tentu bakal puas mengamatinya secara langsung.

 

Candi Ijo juga menyuguhkan pemandangan eksotis Yogyakarta. Jika datang di waktu yang tepat, lo dan pasangan berkesempatan melihat panorama memukau saat pesawat mendarat di landasan Adisutjipto. Momen elok ini tentu akan terasa sempurna ketika lo menyaksikannya bersama pasangan.

 

Demikian 5 kegiatan liburan romantis yang bisa lo coba bersama pasangan di Yogyakarta. Semoga informasi ini berguna buat lo yang hendak merayakan Valentine dengan orang tercinta. Semoga momen liburan lo berlangsung lancar dan sukses ya bro! Selamat bersenang-senang!

 

Source: tempo.co

Feature Image - instagram.com/ikin2121

Urban Action Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Yogyakarta sering dirindukan banyak orang karena menyajikan atmosfer romantis yang amat berkesan.
dephy
setiap sudut jogja itu bikin orang selalu ingat dan pasti akan selalu kembali lagi. yang pernah datang akan kembali dan yang menetap pasti enggan pergi. itulah jogja
Yumna Aditya Prakoso
oalah oke lur
Ardiansyah Z
Kota okeee
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Kota yang sangat istimewa
Kristian Mustafa
Pengen jalan-jalan ke alun-alun sembari menikmati Gudeg.
Agus Sungkawa
Malioboro slu jdi tujuan utama
Firgiawan
Wihhh sangat berkesan banget
Allink
Salah satu tempat wisata yg bersejarah