Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Tujuh festival yang ada di berbagai kota di Jepang ini direkomendasikan buat lo nih! Buat lo yang mau mulai traveling soal budaya, festival-festival di Jepang ini seru buat didatangi lho!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

 

Jepang adalah salah satu negara yang sepertinya tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Ada saja yang bisa lo dalami lebih dalam. Salah satunya adalah sisi budaya. Kalau lo lagi mau traveling ke Jepang, 7 festival ini tidak bisa lo lewatkan ya!

***

 

Keanekaragaman budaya yang ada di setiap daerah di Jepang memang sudah terbukti berhasil untuk menarik banyak traveler dari penjuru dunia – termasuk mereka yang berasal dari Indonesia, rela untuk mengatur jadwal supaya bisa traveling di sana.

 

Keanekaragaman budaya di sana menyerupa berbagai bentuk. Mulai dari sebuah kebiasaan, kuliner sampai adat serta budaya-budaya yang kental dengan leluhur. Untuk memamerkan semua hal tersebut – biasanya mereka mengadakan festival.

 

Nah, buat lo yang lagi mau traveling ke Jepang – sepertinya mesti lo ketahui dulu nih setidaknya ada tujuh festival budaya yang direkomendasikan buat lo! Festival budaya tersebut merangkum banyak hal seru yang ada di Jepang, lho.

 

 

Jadi penasaran kan, memangnya festival tersebut di dalamnya apa saja dan festival itu sendiri seperti apa. Daripada makin penasaran – sebaiknya lo tetap di halaman ini untuk menyimak serta membaca bahasan kali ini sampai habis!

***

 

Festival di Jepang: Sapporo Snow Festival di Hokkaido

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo! credit: vipjepang.co.id

Festival yang satu ini sepertinya timing-nya pas sekali dengan waktu-waktu sekarang ini bro. Pasalnya, Sapporo Snow Festival yang digelar di Kota Hokkaido biasanya diselenggarakan pada awal bulan Februari.

 

Festival ini biasanya ditandai dengan keberadaan patung-patung raksasa yang terbuat dari es. Tidak hanya eksibisi patung-patung saja, tapi area aktivitas seru di sana juga ternyata banyak menarik perhatian para traveler dari penjuru dunia.

 

Pasalnya di sana ada rink untuk bermain es sampai puas. Dari perosotan yang terbuat dari es dan pahatan-pahatan es raksasa yang sangat fotogenik. Buat lo yang mencari foto yang bagus buat feed media sosial lo – festival ini tidak bisa lo lewatkan begitu saja!

 

Festival di Jepang: Sumida River Fireworks Festival di Tokyo

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo! credit: travel.gaijinpot.com

Siapa bilang pesta kembang api hanya bisa dinikmati saat momen pergantian tahun saja? Di Jepang, khususnya di Kota Toky pada bulan Juli – mengadakan festival kembang api yang diberi nama Sumida River Fireworks Festival.

 

Percaya atau tidak kalau festival ini adalah salah satu festival terbesar dari tiga festival yang diadakan di Tokyo. Bagaimana tidak kalau sepanjang Sungai Sumida ini lo akan melihat kurang lebih 20.000 kembang api akan diluncurkan!

 

Festival di Jepang: Gion Matsuri di Kyoto

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo! credit: kyoto.travel

Kota di Jepang yang terkenal dengan keberadaan kuil-kuil kuno yang eksotis serta fotogenik ini juga mempunyai festival yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja bro. Festival di Kyoto yang biasanya digelar pada bulan Juli adalah Gion Matsuri.

 

Gion Matsuri adalah sebuah festival yang cukup sakral karena yang menjalankan adalah mereka yang percaya dengan agama Shinto. Walau begitu, festival ini tetap bisa lo nikmati saat traveling ke sana, kok! Salah satu acara utama dari festival ini adalah parade keliling kota dengan menggunakan Festival Float!

 

Festival di Jepang: Aomori Nebuta Festival di Aomori

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo! credit: travel.gaijinpot.com

Biasa diselenggarakan di awal bulan Agustus – Aomori Nebuta Festival adalah salah satu festival di Jepang yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Mulai dari tanggal 2-7 Agustus, festival ini dinobatkan menjadi aset budaya Jepang yang tidak tergantikan.

 

Di dalam festival ini lo akan melihat banyak parade keliling kota, Akan ada festival float di mana di atasnya akan terdapat beberapa orang yang menari. Wah ini seru banget bro!

 

Festival di Jepang: Akita Kanto Festival di Akita

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo!

Traveling ke Jepang? Ini 7 Festival di sana yang Direkomendasikan Buat Lo! credit: en.japantravel.com

Pindah ke Kota Akita – kurang lebih setiap awal Agustus di tanggal 3-5, masyarakat lokal akan mengadakan festival di mana mereka akan berdoa untuk kesehatan yang bagus di pertengahan musim semi tersebut.

 

Dalam festival tersebut – lo nantinya akan membuat lampion yang terbuat dari kertas yang dibentuk menyerupai kantong nasi jerami. Lalu akan ada tarian yang dimaksudkan sebagai doa untuk panen yang bagus nantinya.

 

Festival di Jepang: Awa Odori Dance Festival di Tokushima

Berada di Kota Tokushima – festival tarian budaya ini konon katanya sudah berlangsung selama 400 tahun, lho. Wah cukup lama juga ya. Dalam festival tarian ini – setidaknya akan ada 1000 penari yang ikut andil.

 

Buat lo yang mau nonton festival tarian budaya ini – sila ke Jepang dengan periode bulan Agustus, lebih tepatnya di pertengahan saja.

 

Festival di Jepang: Owara Kaze-no Bon di Toyama

Festival ketujuh yang direkomendasikan buat lo yang ingin traveling ke Jepang adalah Owara Kaze-no Bon di Kota Toyoma. Di sana akan ada tarian yang cukup unik. Para menari akan diiringi oleh musik tradisional dan menarik dengan muka ditutupi!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari tujuh festival budaya yang ada di Jepang, kira-kira yang mana nih yang mau lo tonton dan lo datangi? Buat lo yang ada jadwal traveling ke Jepang, sila cocokan dengan waktu diselenggarakannya festival terkait ya!

 

Source – Kompas

Feature Image – adventuretravel.co.id

Urban Action Beginner solo traveling solo backpacker Jepang

6 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
ke jepang kalo ga nonton festival-fsetival keren tersebut amat sangat rugi karena hany di jepang yang ada seperti festival Awa Odori Dance Festival di Tokushima yang sudah ada dari 400 tahun yang lalu
Ardiansyah Z
Cakeeepp
Yuniarto ( Tato )
Akibta Akanto unik banget
Cecep Jajang
Wiiih cakep banget
Agus Sungkawa
Festival di jepang Giaon Matsuri yg ingin sya lihat
Allink
Kepengen