5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

Indonesia memiliki beragam pilihan kain tradisional yang sudah mendunia serta menjadi bukti kekayaan budaya negeri ini. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan budaya, bahkan sudah mendarah daging di kehidupan masyarakatnya. Mulai dari kuliner, tarian hingga kain tradisional. Yaap, kain tradisional sendiri ternyata sudah menarik perhatian dunia loh. Bukan tanpa alasan, tentunya kain-kain tradisional Indonesia sendiri memiliki daya tarik serta sangat indah untuk dilihat.

 

Bahkan pilihan kain tradisional Indonesia sendiri sangat banyak, sehingga bisa dikatakan juga kalau negara ini memang kaya dari segala aspek. Setiap daerah memiliki karakteristiknya sendiri, sehingga benar-benar menjadi bukti keberagaman atau bhinekka tunggal ika di negeri ini.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kain-kain tradisional Indonesia yang patut untuk lo ketahui, langsung saja simak beberpa informasinya di bawah ini. Ingat, kain-kain tersebut bisa lo incar di tempat asalnya loh. Sehingga ketika lo sedang traveling, jangan lupa untuk membeli kain-kain tradisional asal tempat atau destinasi lo yaa. Dengan begitu, bisa menjadi salah satu bukti sifat penghargaan lo sendiri terhadap kebudayan Indonesia!

 

Pilihan Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia – Kain Tapis

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini! Credit: indonesiakaya.com

 

Kalau lo sedang jalan-jalan ke Lampung, jangan lupa untuk mengecek Kain Tapis yaa. Kain tradisional ini memang berasal dari Lampung serta memiliki daya tarik serta karakteristiknya yang kuat. Bahkan pembuatannya pun masih menggunakan peralatan tradisional loh.

 

Menyulam kain ini pun memiliki tingkat kesulitan tinggi loh, pada gadis di Lampung kebanyakan menyulam kain ini di rumahnya masing-masing. Waktu pengerjaannya memerlukan beberapa bulan. Konon katanya, hasil kainnya bisa mencerminkan kepribadian dari pembuatnya.

 

Kain Tapis sendiri tersusun dari kain berwarna gelap. Warna gelap tersebut dihasilkan dari bahan pewarna alami, kemudian setelah proses tersebut barulah diterapkan proses penyulaman dengan benang emas. Pada umumnya Tapis tampil dengan motif flora, fauna, piramida dan zig zag.

 

Pilihan Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia – Kain Sasirangan

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini! Credit: twitter.com

 

Berpindah ke kawasan Kalimantan Selatan, terdapat satu kain tradisional yang dibuat oleh Suku Banjar dan menyimpan daya tarik nan memikat. Sirang sendiri merupakan asal muasal dari kata Sasirangan yang memiliki arti dijahit dengan tangan dan dijelurkan benangnya.

 

Bahan dasar dari kain ini merupakan kain katun atau mori, selanjutnya digambari aneka motif khas. Kemudian disirang atau dijelujur sesuai dengan motif yang diinginkan. Keunikan dari kain ini terlihat pada coraknya yang menampilkan khas alam dan budaya Kalimantan.

 

Untuk motifnya sendiri, kain ini memiliki 30 motif sasirangan yang sangat digemai oleh masyarakat setempat dan wisatawan. Beberapa diantaranya ialah motif daun taruju, kulat ka rikit, naga balimbur, bayam raja dan sebagainya. Lo bisa berkunjung ke Kampung Sasirangan di Kecamatan Banjarmasin Tegah yang merupakan pusat dari pembuatan kain tradisional ini.

 

Pilihan Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia – Kain Songket

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini! Credit: pinterest.com

 

Masyarakat Minangkabau memiliki kain tradisional kebanggaannya sendiri yaitu Kain Songket. Bahkan kain ini sudah menduni dan memang memilki bentuk atau paras sangat menarik. Perlu untuk diketahui juga kalau Kain Songket termasuk ke dalam jenis tenunan brokat.

 

Kain ini ditenun menggunakan tangan beserta benang perak dan benang emas. Istilah sungkit ialah asal muasal sebutan kain songket. Menurut bahasa Melayu, arti kata tersebut ialah mengait. Yaap, memang sangat sesuai dengan penyebutannya, kalau pembuatan kain ini sendiri memang dikaitkan serta mengambil sejumput kain tenunnya. Sesudah itu barulah menyelipkan benang emasnya.

 

Kain Songket ini juga tampil dengan beragam motif tradisional yang menjadi ciri khas budaya warga setempat. Sejumlah motif terpopuler ialah barantai merah, barantai putiah, buah palo dan saik kalamai. Selain itu masih terdapat banyak lagi motif Kain Songket yang belum dipatenkan secara resmi.

 

Pilihan Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia – Tenun Ikat

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini! Credit: .triptrus.com

 

Kain tradisional berikutnya yang perlu untuk lo ketahui ialah Tenun Ikat, kain ini diproses dengan cara ditenun dari berbagai helaian benang pakan. Sebelumnya benang ini diikat kemudian diterapkan zat pewarna alami.

 

Kemudian benang akan diikat menggunakan tali berdasarkan coraknya sebelum ditenun. Cara ini untuk memudahkan dalam pencelupan sebagian benang tersebut, Biasanya bagian benang yang terikat tali tidak akan diwarnai.

 

Alat tenun tanpa mesin merupakan peralatan khusus yang digunakan untuk menghasilkan tenun ikat. Sejumlah daerah di Indonesia yang dikenal memproduksi kain khas ini ialah Timor, Flores, Sumba, Sumbawa, Lombok, Bali, Jepara, Sintang dan Tana Toraja.

 

Pilihan Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia – Kain Batik

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini!

5 Kain Tradisional Asli Indonesia yang Menjadi Bukti Kekayaan Budaya Negeri Ini! Credit: .lazada.co.id/

 

Kain tradisional berikutnya bisa dikatakan yang paling terkenal dan tak perlu diragukan lagi, yaitu Kain Batik. Kain ini memang sudah mendunia serta sangat sering dilihat atau digunakan di keseharian. Pembuatannya juga cukup sulit, tak heran apabila harganya juga cukup tinggi.

 

Kain Batik sendiri terbuat dari kain mori, kemudian di gambar memakai lilin yang berada di canting. Corak dan motifnya sangat indah dan melambangkan makna tersendiri. Sangat banyak jenis batik sesuai dengan daerah penghasilnya. Seperti Batik Bali, Batik Banyumasan, Batik Tegal, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Jogja, Batik Surabaya dan sebagainya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kain tradisional Indonesia yang mendunia? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan favorit lo yaa. Ingat, kebudayaan Indonesia kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? Oleh sebab itu, coba untuk lebih menggali lebih dalam lagi mengenai kebudayaan negeri ini yaa, karena sangat beragam serta indah. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan yaa!

 

Source: .gotravelly.com
 

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

 

Trending Beginner solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
dephy
jangan sampe aset budaya negara indonesia ini diakui negara lain. hasil karya warga lokal yang sangat keren dan penuh dengan filosofi karena dibuat dengan menggunakan hati yang tulus
Yuniarto ( Tato )
Kain Songket kynya Mahal nih
agung
tq info ya
Hilman rusdiyanto
Mabtabbbb
Peni heryawan
Indonesia yg kaya akan budaya
Agung Sutrisno
Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan budaya
Ricko Pratama Putra
nice.. pertahankan asli budaya kita
SURIANTO
Mantap desain nya