4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden!

Mongolia memiliki rumah khasnya yang sangat identik dengan kebudayaannya, yaitu Ger. Rumah ini memiliki beragam keunikannya, penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden!

Apa yang ada di benak lo pertama kali ketika berbicara mengenai Suku Mongolia? Pasti tidak jauh-jauh dari kata “nomaden” bukan? Yaap, kebiasaan berpindah tempat tinggal dari satu tempat ke tempat lainnya memang sudah dilakukan oleh Suku Mongolia dari ratusan tahun yang lalu. Nah, yang menarik perhatian ialah dari rumah khas Mongolianya itu sendiri, konon rumah tersebut bisa dibawa ke mana-mana loh alias portabel.

 

Selain itu, Suku Mongolia juga terkenal dengan kekuatan fisik baik mentalnya. Ambil contoh saja, Genghis Khan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di sejarah dunia merupakan raja Mongolia loh. Kembali berbicara mengenai rumah khasnya memang banyak sekali hal menarik yang patut untuk dibahas. Bayangkan saja, lo bisa berpindah dari satu tempat ke lainnya dengan membawa rumah di belakang lo.

 

 

Daripada lo semakin penasaran terhadap informasi apa saja dari rumah khas Mongolia yang bernama “Ger”, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi informasi atau pengetahuan yang bisa membuat lo lebih terbuka lagi terdapat segala kebudayaan di dunia ini yaa!

 

Uniknya Rumah Khas Mongolia “Ger” – Nomaden

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden!

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden! Credit: yukepo.com

 

Kata nomaden sendiri memang sangat kental dengan aktivitas dari Suku Mongolia, karena memang sudah diterapkan dari generasi ke generasi. Alasannya pun sangat sederhana, karena kebanyakan dari mereka pada zaman dahulunya bekerja sebagai pengembala ternak.

 

Nah, karena para Suku Mongolia memutuskan untuk hidup secara nomaden, maka rumah mereka pun juga harus menyesuaikan dengan gaya hidupnya. Oleh sebab itu, Ger atau rumah khas Mongolia pun muncul ke permukaan.

 

Rumah khas Mongolia ini memiliki sifat portabel, sehingga bisa dibongkar pasang dengan cepat. Walaupun begitu, namun rumah ini masih berfungsi sebagai tempat bernaung dan melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan bisa memuat lebih dari 3 orang loh. Dalam bahasa Mongolia sendiri Ger memiliki arti rumah.

 

Uniknya Rumah Khas Mongolia “Ger” – Sudah Digunakan Sejak 3.000 Tahun Lalu

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden!

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden! Credit: djawanews.com/

 

Ternyata penggunaan dari Ger itu sendiri bukan dari 100 tahun yang lalu loh, bahkan 3.000 tahun yang lalu Suku Mongolia sudah menggunakan rumah ini untuk memenuhi kehidupan kesehariannya. Hal tersebut diketahui dari catatan sejarah yang ditulis oleh Herodotus.

 

Dalam catatannya, Herodotus mengatakan kalau tempat tinggal dari Suku Mongolia atau Bangsa Scythians (sebutan Suku Mongolia zaman dahulu) benar-benar bisa di mana saja. Hal tersebut dikarenakan suku ini berpindah-pindah menggunakan kuda dan menempati wilayah sebelah utara Laut Hitam.

 

Bisa dikatakan juga kalau Suku Mongolia sendiri memiliki budaya serta peradaban yang sudah cukup lama dan terkenal di dunia. Ooo iyaa, untuk membawa rumah ini sendiri tidaklah mudah loh bro, bayangkan saja zaman dahulu hanya ada hewan seperti kuda atau keledai loh yang bisa membantu manusia mengenai transportasi.

 

Uniknya Rumah Khas Mongolia “Ger” – Berbentuk Lingkaran

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden!

4 Keunikan dari Rumah Khas Mongolia Ger yang Identik dengan Nomaden! Credit: pinterest.com

 

Rumah khas Mongolia atau Ger memang sangat unik dan bisa dikatakan sebagai terobosan bila membicarakan kebutuhan bagi para nomaden. Nah, bentuk dari rumah ini juga cukup menarik, karena berbentuk lingkaran dengan tiang yang terbuat dari anyaman kayu.

 

Tiang tersebut biasanya diselimuti dengan kain felt atau wol yang berasal dari domba. Bagian atap dihiasi dengan semacam “mahkota”. Sehingga rumah ini pun memang terlihat cukup nyaman bahkan mewah. Kain penutup yang berada di atas Ger, biasanya dapat dibuka atau ditutup.

 

Fungsi dari kain penutup yang berada di atas rumah ini ialah untuk mengatur aliran udara. Ketika Ger ditutup rapat dengan kain felt, maka udara di dalam rumah ini akan terasa lebih hangat. Untuk itu, Ger sangat berguna ketika musim dingin datang.

 

Uniknya Rumah Khas Mongolia “Ger” – Interior yang Nyaman

 

Bukan hanya bagian luarnya saja yang menarik perhatian, Ger juga memiliki interior nyaman loh, bahkan mirip dengan rumah kebanyakan. Walaupun mampu untuk berpindah-pindah dengan cepat atau bersifat portabel, namun Suku Mongolia tak pernah lupa mengenai kenyamanan.

 

Keunikan dari rumah ini sendiri juga terlihat dari perabotan yang ada di dalamnya. Walaupun ukurannya tidak sebesar rumah pada umumnya, perabotannya pun cukup lengkap. Terdapat dapur dan juga tempat tidur. Nah, bentuk tempat tidurnya berbentuk setengah lingkaran. Biasanya satu keluarga tidur di satu ranjang ini.

 

Ketika musim dingin datang, biasanya akan dinyalakan perapian supaya di dalam rumah semakin hangat. Sehingga rumah ini memang berfungsi sebagai tempat berlindung layaknya rumah pada umumnya. Ger sendiri sudah menjadi identitas nasional bangsa Mongol. Banyak dari para pelancong yang ke sana pasti merasakan menginap di dalam Ger. Tentunya bisa menjadi pengalaman yang sulit untuk lo lupakan bukan?

 

**

 

 

Suku Mongolia sendiri juga memiliki beragam kebudayaan yang menarik, mulai dari tarian hingga gulat. Belum lagi dengan pilihan kulinernya yang nikmat dan sangat kental sekali dengan nomaden. Sehingga kalau lo memang sangat penasaran mengenai Mongolia enggak ada salahnya kok untuk mulai mencari tiket untuk bisa mengantarkan lo ke sana.

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar “Ger” sebagai rumah khas suku Mongolia yang juga menjadi indentitas nasional Mongolia? Semoga bisa menjadi panduan serta acuan lo mengenati ragam budaya di dalam dunia ini yaa. Karena memang ada banyak sekali tempat serta pengalaman yang bisa lo dapatkan apabila memberanikan diri untuk lebih mengeksplorasi dunia ini. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

 

Source: travel.detik.com

 

 

 

Featured Image: id.m.wikipedia.org
Trending Beginner solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Peni heryawan
Mantap unik sekali
SRI YAYA ASTUTI
seperti rumah tahan gempa di Jogja
Kristian Mustafa
Simpel banget ya model bangunannya.
Iksan
rumah teletubbies
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke mongolia lur
Yuniarto ( Tato )
Luar biasa yah