5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

Sejumlah negara diketahui punya tempat wisata alam yang disertai pemandangan bangkai kapal tua. Di mana sajakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

Untuk menghilangkan jenuh atau stres, pelancong bisa mendatangi beberapa wisata alam yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Panorama alam cantik yang disertai udara sejuk tentunya akan membantu lo berpikir jernih. Usai berlibur, lo pun bisa siap mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan pikiran segar dan perasaan positif.

 

Sejumlah negara diketahui punya tempat wisata alam yang disertai pemandangan bangkai kapal tua. Bangkai kapal-kapal tersebut tak jarang menjadi objek foto bagi wisatawan. Di mana sajakah destinasi indah dunia yang disertai bangkai kapal tua? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Pulau Fraser

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua. Photo Credit: civitatis.com

Australia memiliki sejumlah daerah yang dipenuhi destinasi wisata alam cantik, salah satunya adalah Queensland.  Wisatawan yang menyukai petualangan atau sejarah amat disarankan pergi ke Pulau Fraser. Di sana, lo bakal menemukan bangkai kapal terdampar di pinggir pantai.

 

Salah satu contoh kapal yang bisa dilihat pelancong di Pulau Fraser adalah SS Maheno. Kapal uap yang dibuat pada tahun 1905 ini kabarnya punya kekuatan 5.000 ton. Kala Perang Dunia I, pihak militer menggunakan SS Maheno sebagai rumah sakit.

 

Setelah itu, Jepang berniat membeli kapal ini untuk dikonversi menjadi besi tua pada tahun 1930-an. Ketika SS Maheno dibawa ke tujuan akhirnya, kapal ini mengalami kerusakan parah akibat terkena hantaman angin topan. Kejadian ini pula yang membuat SS Maheno terdampar di Pulau Fraser.

 

2. Pantai Oregon

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua. Photo Credit: morrisey.com 

Tempat indah lainnya untuk melihat bangkai kapal tua adalah Fort Stevens National Park. Lokasinya terletak di Oregon, Amerika Serikat. Begitu sampai di sini, pelancong dapat menyaksikan bangkai kapal Peter Irredale yang amat bersejarah.                    

 

Kapal tersebut mempunyai layar baja dengan ukiran empat tiang. Hak kepemilikan kapal Peter Irredale awalnya dipegang oleh perusahaan pelayaran Inggris. Pada tahun 1906, kapal ini terkena hantaman badai hingga akhirnya terdampar di pantai Oregon.

 

Saat ini, bangkai kapal Peter Irredale menjadi salah satu daya tarik wilayah Fort Stevens National Park. Banyak wisatawan penasaran melihat bangkai kapal ini secara langsung. Jika bosan bermain air di pantai, lo tentu bisa memotret keindahan Peter Irredale dan mengunggah hasil fotonya ke media sosial.

 

 

3. Viva Nova de Milfontes

Desa satu ini juga menyuguhkan panorama yang amat menghipnotis. Viva Nova de Milfontes bisa lo jumpai di dekat pantai barat daya Portugal. Pantai tersebut kerap menarik perhatian pelancong lantaran menjadi pelabuhan bangkai tugboat.

 

Di sini, lo bisa menjernihkan pikiran sembari mengamati keindahan pantai yang begitu alami. Bunyi deburan ombaknya dijamin membuat pelancong hanyut dalam suasana rileks. Wisatawan penyuka fotografi juga bisa menyalurkan minatnya dengan puas ketika memotret bangkai tugboat di pinggir pantai.

 

Kapal karam di Vila Nova de Milfontes masih diselubungi banyak misteri. Tak banyak pihak yang mengetahui bagaimana kapal tersebut bisa karam. Meski demikian, pemandangan kapal karam di sini tetap menyihir mata banyak wisatawan di wilayah Odemira. Lo yang hendak berlibur ke Portugal tentu tak boleh lupa menyambangi desa Viva Nova de Milfontes.

 

4. Pantai Grand Turk

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua. Photo Credit: flickr.com 

Pernahkah lo mengamati pemandangan bangkai kapal yang berjumlah lebih dari 1000 buah? Jika belum, maka lo direkomendasikan pergi ke lepas pantai Turks dan Caicos. Pelancong bakal dibuat terperangah ketika melihat ribuan bangkai kapal terhampar di sana. Menakjubkan sekali deh bro!

 

Pada tahun 2012 silam, sebuah kapal minyak diketahui terseret di Grand Turk Island’s Governor’s Beach. Peristiwa ini kabarnya disebabkan oleh Badai Sandy. Nama kapal yang mengalami peristiwa naas tersebut adalah Mega One Triton.

 

Panorama bangkai kapal di sini juga layak diabadikan dengan kamera. Pelancong tentu bisa menjepretnya untuk kemudian dipajang di media sosial seperti facebook dan instagram. Jangan lupa untuk mendatangi tempat ini jika sempat ya bro!

 

5. Pulau Boa Vista

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua

5 Destinasi Indah Dunia yang Disertai Bangkai Kapal Tua. Photo Credit: boavistakite.com

Pesona cantik Pulau Boa Vista juga sering membuat wisatawan jatuh hati. Salah satu tempat yang kerap dikunjungi pelancong di sana adalah Pantai Atalanta. Selain menyajikan lanskap alam mengagumkan, pantai ini juga terkenal karena menjadi lokasi keberadaan bangkai kapal kargo.

 

Nama kapal tersebut adalah Cabo Santa Maria. Kapal ini dahulu digunakan diktator Spanyol Francisco Franco untuk menyerahkan hadiah kepada pendukungnya di Amerika Selatan pada tahun 1968. Barang-barang yang dibawa kapal di antaranya adalah minuman, mobil, makanan, dan pakaian.

 

Sayangnya, Cabo Santa Maria tidak pernah sampai ke tempat tujuan. Kapal ini kandas saat melewati wilayah Cape Verde hingga akhirnya terdampar di Boa Vista. Kini kehadiran bangkai kapal Cabo Santa Maria telah mengundang banyak perhatian pelancong dari berbagai penjuru dunia.

 

 

Demikian 5 destinasi indah dunia yang disertai bangkai kapal tua. Panorama kapal karam di lima tempat ini tentu bisa menjadi objek foto menarik bagi pelancong saat liburan. Selain itu, lo juga bisa mendatangi spot kapal karam ini untuk menikmati sisa-sisa sejarah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pelancong yang membutuhkan referensi liburan. Dari daftar di atas, manakah yang ingin lo kunjungi lebih dahulu?

 

Source: inews.id

Feature Image -  oregonlive.com

Wilderness Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
keren sih ini
Ricko Pratama Putra
nice Infonya
Agus Sungkawa
Di Pangandaran juga ada bangkai kapal.menambah indah pantai pangandaran
agung
tq info ya
dephy
benda-benda yang usang bukan berarti mengotori pantai, mendingan bangaki kapal tua yang menjadi pemandangan disekitar pantai daripada samapah menggunung di pinggiran pantai.
Kristian Mustafa
Keren pantainya dengan bangkai kapalnya.
Resatya Oktafitullah SAV
Yang di Indonesia dong
Hilman rusdiyanto
Bagus nihh
Yuniarto ( Tato )
Boleh juga nih
Asep Hilman Purnama
Pembukaan