Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Indonesia memiliki beberapa penutup kepala tradisional yang unik serta menarik untuk lo miliki loh! Penasaran? Simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Indonesia bukan hanya terkenal dengan tradisionalnya saja loh, karena di negara ini terdapat berbagai pilihan kebudayaan lainnya yang tak kalah menariknya, salah satunya ialah penutup kepala. Yaap, setiap daerah memiliki penutup kepalanya sendiri bahkan memiliki karakteristik cukup kuat yang bisa terlihat dari bentuk atau modelnya. Bahkan ada loh yang hingga hari ini masih digunakan.

 

Sama halnya dengan penutup kepala yang ada hari ini, memang berguna untuk melindungi kepala dari sengatan matahari. Namun ternyata tak hanya itu saja, kebanyakan dari penutup kepala tradisional Indonesia memiliki makna lain loh. Bisa dari pembuktian strata sosial hingga benar-benar hanya untuk fashion saja.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan penutup kepala tradisional Indonesia yang patut untuk lo ketahui, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah panduan atau acuan lo mengenai benda asli negara ini. Sebagai generasi muda, memang sudah menjadi tugas lo untuk melestarikan segala bentuk budaya Indonesia, lo bisa memulainya dengan pilihan penutup kepala di bawah ini kok.

 

Penutup Kepala Tradisional Indonesia – Songkok

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini! Credit: goodnewsfromindonesia.id

 

Pilihan pertama mengenai penutup kepala tradisional Indonesia ialah Songkok. Sebenarnya sudah tidak perlu ambil pusing lagi bilamana ingin membicarakan mengenai penutup kepala tradisional Indonesia, karena Songkok sendiri merupakan salah satu yang paling terkenal dan mudah sekali untuk ditemukan.

 

Songkok yang juga sering disebut sebagai peci atau kopiah ini merupakan penutup kepala tradisional orang melayu, namun di Indonesia dijadikan sebagai bagian dari pakaian nasional. Songkok atau peci yang dikenal di Indonesia berwarna hitam. Penutup kepala yang memiliki bentuk oval ini juga memiliki variasi model, sehingga lo bisa memilih modelnya sendiri.

 

Penutup Kepala Tradisional Indonesia – Udeng

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini! Credit: .blibli.com

 

Indonesia memang merupakan negara yang penuh dengan kebudayaan dan hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya pilihan penutup kepala nan indah seperti Udeng. Udeng ialah penutup khas masyarakat Bali. Udeng sendiri sering digunakan pada saat upacara adat, pertemuan tradisional, kegiatan keagamaan, dan juga sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

 

Ketika lo berkunjung ke Bali pasti mudah kok untuk menemukan Udeng ini, di berbagai tempat wisata banyak ditemukan pejualnya. Tak heran apabila Udeng juga dijadikan oleh-oleh khas Bali. Penutup kepala ini juga memiliki makna loh pada lipatannya.

 

Lipatan yang lebih tinggi di sebelah kanan menandakan bahwa manusia hendaknya selalu berusaha berbuat baik. Lalu untuk lipatan di tengagh menandakan pemusatan pikiran seseorang. Sementara untuk lipatan yang menunjuk ke atas melambangkan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Penutup Kepala Tradisional Indonesia – Blangkon

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini! Credit: /tumpi.id

 

Berikutnya mengenai penutup kepala tradisional Indonesia ini juga cukup terkenal dan tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, karena mudah sekali didapatkan dan tentunya sering digunakan. Blangkon sendiri merupakan penutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria.

 

Blangkon termasuk dalam bagian dari pakaian tradisional Jawa, bahkan penutup kepala ini terbagi atas 4 jenis loh, mulai dari blangkon Ngayogyakarta, blangkon Surakarta, blangkon Kedu, dan blangkon Banyumasan.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau pada bagian belakang Blangkon terdapat tonjolan yang disebut mondholan. Mondholan sendiri menandakan model rambut pria pada masa dahulu, karena kebanyakan pria zaman dahulu memiliki rambut panjang akan mengikat rambutnya. Hal tersebut lah yang membuat tonjolan ketika menggunakan Blangkon.

 

Penutup Kepala Tradisional Indonesia – Ti’i Langga

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini!

Kekayaan Kebudayaan Indonesia Terpancar dari 5 Pilihan Penutup Kepala Tradisional Ini! Credit: /interaktif.kompas.id/

 

Ti’I Langga menjadi pilihan berikutnya bilamana membicarakan mengenai penutup kepala tradisional Indonesia dan berasal dari Pulau Rote. Penutup kepala ini memiliki tepi yang lebar dan tanduk di bagian atasnya. Bahan utama pembuatannya dari lontar.

 

Perlu untuk diketahui kalau tanduk di bagian atas Ti’I Langga memiliki tinggi sekitar 40 hingga 60 cm. Tanduk ini sering disebut “antena” dan memiliki sembilan tingkat. Lalu warna penutup kepala ini bisa polos ataupun berwarna.

 

Kemudian penutup kepala ini digunakan oleh kaum pria. Meskipun pada zaman dahulu wanita juga sering menggunakannya. Ti’I Langga pada zaman dahulu hanya digunakan oleh para petinggi di Pulau Rote. Namun hari ini, penggunaan penutup kepala ini sudah menjadi pakaian tradisional dan sering digunakan dalam acara-acara adat.

 

Penutup Kepala Tradisional Indonesia – Seraung

 

Mungkin masih sedikit yang mengetahui kalau penutup kepala satu ini sangat indah serta memiliki bentuk nan unik. Penutup kepala yang berbentuk lebar ini biasa digunakan oleh masyarakat Dayak ketika beraktivitas di luar rumah, terutama ketika berada di hutan.

 

Seraung sendiri terbuat dari anyaman daun kering memang memiliki fungsi untuk melindungi kepala dari teriknya sinar matahari. Seringkali Seraung juga dihiaasi dengan kain bermotif atau manik-manik. Untuk mendapatkannya lo harus datang ke Kalimantan, karena di sana masih banyak sekali terdapat atau dijual penutup kepala tradisional nan unik ini.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar penutup kepala tradisional Indonesia di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan ketika ingin memilikinya yaa. Ingat kalau bukan lo yang melestarikan serta menjaga kebudayaan asli negeri ini, siapa lagi? Lagipula kebudayaan Indonesia sangat indah dan beragam, sehingga lo bisa memilih mana kira-kira yang paling cocok dengan lo. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi Indonesia lebih lagi!

 

Source: goodnewsfromindonesia.id/

 

 

 
Featured Image: goodnewsfromindonesia.id/

 

 

Trending Beginner solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
mantaplah lur hehe
Yuniarto ( Tato )
Songkok paling melegenda
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Seringnya Pake Songkok.
Hari Tristiyanto
over known....
Firgiawan
Peci Bungkarno
Cecep Jajang
Sangat bersejarah
Agus Sungkawa
informasi yg bermanfaat