5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

Beberapa peninggalan warisan Portugis masih bisa lo temukan di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Salah satu contohnya adalah kuliner. Apa saja kuliner khas Portugis yang bisa lo jumpai di Kampung Tugu? Cek jawabannya di bawah ya bro 

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

Indonesia diketahui pernah dijajah oleh sejumlah negara, salah satunya adalah Portugis. Kolonialisme yang dahulu dilakukan negara ini diketahui berdampak terhadap kebijakan politik yang berlaku di Indonesia. Bangsa Portugis juga meninggalkan banyak warisan di Indonesia, mulai dari bangunan bersejarah, tradisi dan budaya, serta kuliner.

 

Berbicara tentang budaya dan kuliner warisan Portugis, ada beberapa tempat di Indonesia yang menyajikan semuanya secara bersamaan. Salah satunya adalah Kampung Tugu di Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Kampung ini diketahui pernah didiami ratusan orang Portugis yang menjadi tawanan VOC.

 

Tak heran, warisan budaya bangsa Portugis masih terasa kental di sini. Pelancong tentu bisa meluangkan waktu santai dengan menjajal kuliner khas Portugis di kampung ini. Keunikan rasa yang ditawarkan makanan-makanan tersebut tentu wajib dirasakan wisatawan penggila kuliner.

 

Apa sajakah kuliner warisan Portugis yang bisa dilihat pelancong di Kampung Tugu? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dibaca ya bro!   

  

1. Pisang Udang

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu. Photo Credit: anjarsetyoko.com

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini juga patut lo coba di Kampung Tugu. Pisang Udang diketahui terbuat dari bahan dasar berupa adonan tepung beras dan parutan pepaya muda. Kuliner ini juga diolah menggunakan bahan cahahan udang yang sudah dibumbui.

 

Sekali mencoba pisang udang, lo bakal terpincut dengan rasanya yang amat gurih. Hal tersebut dipengaruhi perpaduan cacahan udang, pepaya muda, dan bumbu di dalamnya. Proses pembuatannya dimulai dari tahap mencampur tepung beras dan sagu. Setelah itu, lo bisa menambahkan isi adonan dengan udang dan parutan pepaya muda yang disertai campuran bumbu.

 

Pisang udang yang sudah jadi nantinya dibungkus daun pisang dengan bentuk lipatan segitiga. Kuliner ini direkomendasikan buat lo yang hobi berburu makanan saat liburan. Jangan lupa menjajalnya jika sempat ya bro!

 

2. Pindang Serani

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu. Photo Credit: inibaru.id

Kepopuleran kuliner ini juga tak perlu diragukan lagi. Pindang Serani bisa lo jumpai di banyak daerah Indonesia. Makanan warisan Portugis ini menawarkan rasa gurih yang siap memanjakan lidah wisatawan. Oleh sebab itu, lo tak boleh melewatkan kesempatan mencobanya ketika liburan.

 

Menurut cerita yang beredar, asal-usul nama makanan ini terinspirasi dari kebiasaan orang Nasrani dalam memasak ikan pindang. Dahulu pindang serani biasanya dimasak oleh warga penganut Nasrani yang berasal dari keturunan Portugis. Hal ini kemudian dipercaya menjadi inspirasi nama “pindang serani”

 

Ciri khas pindang serani terletak pada bahannya yang kaya akan rempah-rempah. Contoh rempah-rempah yang dicampur ke dalam makanan ini adalah bawang merah tanpa kupas, serai, cabai rawit, asam jawa, cabai merah dengan tangkai, lengkuas, dan kunyit. Semua perpaduan ini nantinya meresap ke dalam daging ikan. Wajib dicoba secepatnya deh!

 

 

3. Egg Tart

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu. Photo Credit: kompasiana.com

Kampung Tugu juga mempunyai kuliner warisan Portugis bernuansa modern, bro. Salah satu contohnya adalah egg tart yang diolah menggunakan peralatan canggih. Untuk menyajikan makanan ini, lo harus mengoperasikan oven dengan dua sisi panas.

 

Pelancong sebenarnya juga bisa menjumpai egg tart di beberapa negara bekas jajahan Portugis. Contohnya seperti Hongkong, Macau, dan Timor Leste. Kue ini sangat pas dinikmati pelancong saat santai atau ketika berada dalam perjalanan liburan. Keunikan rasa egg tart wajib coba wisatawan penggila kuliner!

 

4. Apem Kinca

Kebanyakan apem disajikan dalam bentuk bulat di berbagai daerah Indonesia, seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah. Akan tetapi, kuliner apem bulat tidak akan lo jumpai ketika berlibur ke Kampung Tugu. Wilayah ini diketahui hanya menjajakan apem dengan bentuk balok jajaran genjang. Unik sekali bukan?

 

Nama apem khas Kampung Tugu adalah apem kinca Meski bentuknya berbeda dengan apem kebanyakan, apem kinca juga diolah menggunakan bahan dasar tepung beras. Asal usul nama makanan ini terilhami dari proses pembuatannya yang melibatkan bahan kuah durian serta kinca atau gula merah.

 

Menurut paparan salah seorang warga Kampung Tugu, apem kinca pas cocok dikonsumsi bersama kopi panas. Kuliner ini juga sering dihidangkan di sejumlah acara perayaan budaya. Apem kinca sendiri biasanya dijual dengan harga Rp 3.000 per balok dengan kuahnya. Wisatawan yang datang ke Kampung Tugu tentu wajib mencicipi rasanya yang unik.

 

 

5. Ketan Unti

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu

5 Kuliner Warisan Portugis yang Bisa Lo Jumpai di Kampung Tugu. Photo Credit: cookpad.com

Salah satu tradisi kuno yang dilestarikan masyarakat Kampung Tugu adalah mendoakan orang yang sudah wafat sebelum jenazahnya dimasukkan ke dalam kubur. Saat tradisi ini dilaksanakan, warga setempat akan menghidangkan ketan unti. Mereka percaya bahwa makanan ini wajib disajikan ketika proses doa dilaksanakan.

 

Untuk menghidangkan ketan unti, masyarakat harus menyiapkan beras ketan putih yang disertai dengan parutan kelapa dan gula merah. Salah satu ciri khas makanan ini terletak pada rasanya yang manis dan gurih. Perpaduan rasa inilah yang kerap menggoda wisatawan untuk mencoba ketan unti berkali-kali.

 

Warga Kampung Tugu mengatakan bahwa tradisi penyajian ketan unti sudah ada sejak zaman penjajahan Portugis. Pada masa dahulu, makanan ini wajib ada sebelum jenazah warga Kristiani dimasukkan ke dalam liang lahat.

 

 

Demikian 5 makanan warisan Portugis yang bisa lo jumpai di daerah Kampung Tugu. Semuanya menyuguhkan cita rasa khas yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Semoga paparan di atas bermanfaat buat lo yang membutuhkan referensi kuliner ketika liburan. Jangan lupa mencoba semuanya ya bro!

 

Source: kompas.com

Feature Image - inibaru.id      

Trending Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
AMBO SOLLE
Jadi laper min,,
dephy
baru tau kalo pindang serani salah satu resep masakan peninggalan Portugis padahal sering makan pindang serani saat pulang kampung ke pati, saya kira resep maskan asli pati lho
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Egg Tart terlihat Nikmat banget.
SRI YAYA ASTUTI
PENGEN BANGET NGRASAIN GIMANA RASANYA PERPADUAN TEPUNG PARUTAN PEPAYA MUDAN DAN UDANG JADI SATU MAKANAN YANG ENAK
Hari Tristiyanto
over known....
Yuniarto ( Tato )
Pengin Nyicipin egg Tart,Kyanya Enak
Agung Sutrisno
Bangsa Portugis juga meninggalkan banyak warisan di Indonesia, mulai dari bangunan bersejarah, tradisi dan budaya, serta kuliner dan ternyata pengaruhnya sampai dengan sekarang
Firgiawan
Warisan peninggalan
Agus Sungkawa
Pindang Serani bikin ngiler ajh nih