7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

Agar siap menempuh perjalanan panjang dengan Trans Siberia, pelancong hendaknya melakukan persiapan matang sebelum berangkat. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah ya bro!

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

Bila tertarik mencoba pengalaman berbeda, pelancong bisa meluangkan masa liburan dengan naik Trans Siberia. Kereta ini kabarnya bisa melewati perjalanan panjang hingga 8 hari. Hal tersebut disebabkan oleh jalurnya yang amat panjang.

 

Agar siap menempuh perjalanan panjang dengan Trans Siberia, pelancong hendaknya melakukan persiapan matang sebelum berangkat. Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 tips naik Trans Siberia untuk para pelancong. Silakan dibaca ya bro!  

 

1.  Menyiapkan Persediaan Makanan Instan

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: geoex.com

Durasi perjalanan kereta yang panjang tentunya akan membuat penumpang mudah kelelahan. Oleh sebab itu, lo perlu menyiapkan stok makanan instan untuk mengantisipasi lapar di tengah perjalanan. Bawalah jenis makanan instan yang bisa diseduh dengan mudah seperti bubur instan, mie, dan lain-lain.

 

Pasalnya penumpang kereta Trans Siberia tidak akan menemukan fasilitas microwave, melainkan hanya air panas. Lo tentu bisa memanfaatkannya untuk menyajikan makanan instan di kereta. Agar lebih nikmat, pelancong juga direkomendasikan membawa beberapa makanan tambahan seperti abon atau sambal. Perjalanan pun bisa menjadi lebih nyaman.

 

2. Selalu Persiapkan Uang Tunai di Dalam Dompet

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: goldeneagleluxurytrains.com

Meski sudah terbiasa menggunakan kartu atm saat bepergian, traveler juga tetap perlu menyiapkan sejumlah uang tunai di dalam dompet. Hal ini juga berlaku ketika lo menjajal kereta Trans Siberia. Pasalnya, penumpang kereta tak bisa menggunakan kartu pada situasi tertentu.

 

Jalur kereta Trans Siberia diketahui melintasi sejumlah provinsi hingga laut Jepang. Kondisi tersebut membuat sinyal sering tak muncul bahkan tak tersedia sama sekali. Jadi, apabila kereta Trans Siberia tengah berada di hutan atau tempat terpencil, seluruh penumpang wajib melakukan pembayaran secara tunai. Petugas juga memberlakukan aturan ini bagi penumpang yang hendak membayar makanan.

 

3. Membawa Adaptor yang Disertai Banyak Port

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: tayora.com

Kereta Trans Siberia diketahui tidak menyediakan banyak plug. Jumlahnya sangat terbatas bagi para penumpang kereta. Untuk itu, pelancong disarankan membawa adaptor yang disertai banyak port dari rumah untuk berjaga-jaga. Siapa tahu lo memerlukannya karena plug di dalam kereta sudah banyak terpakai.

 

Dengan membawa adaptor yang punya banyak port, pelancong bisa menikmati perjalanan secara santai tanpa diliputi perasaan cemas. Jangan lupa juga untuk menyiapkan power bank agar gadget lo dapat berfungsi secara optimal ketika liburan. Pelancong pun bisa menikmati momen liburan dengan perasaan ceria.

 

 

4. Melakukan Riset Kecil-kecilan Sebelum Naik Kereta

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: penguintravel.com

Galilah informasi seluas-luasnya terkait perjalanan yang akan lo lalui. Dengan begitu, pelancong bisa mempersiapkan barang apa saja yang dibutuhkan untuk perjalanan liburan. Wawasan dan pengetahuan seputar kereta Trans Siberia tentu juga dapat menjauhkan pelancong dari berbagai risiko buruk.  

 

Maka dari itu, pelancong hendaknya melakukan riset kecil-kecilan sebelum naik kereta. Cari tahu seperti apa gambaran situasi dalam kereta. Jika perlu, bukalah postingan blog milik  traveler yang pernah naik kereta Trans Siberia untuk mengetahui sudut pandang mereka terkait transportasi ini. Siapa tahu lo bisa menemukan informasi berharga yang tak dipaparkan situs lain.

 

5. Menyiapkan Alat Hiburan

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: insightguides.com

Penumpang kereta Trans Siberia mungkin awalnya bakal terkesima dengan panorama cantik yang terlihat dari balik jendela. Akan tetapi, lama-kelamaan, hal ini mungkin bakal jadi membosankan mengingat perjalanan kereta memakan waktu berhari-hari. Setuju ‘kan?

 

Untuk itu, pelancong sebaiknya mempersiapkan hal-hal hiburan sebelum naik kereta. Contohnya seperti buku, games di ponsel, majalah, lagu-lagu favorit, atau tontonan seru. Kehadiran hal-hal ini tentu akan membantu pelancong terhindar dari rasa jenuh dan bosan di dalam kereta.

 

Cara lain untuk mengatasi kebosanan di dalam kereta Trans Siberia adalah mengobrol dengan orang terdekat. Durasi perjalanan kereta takkan begitu terasa ketika lo larut dalam obrolan seru bersama orang tercinta. Benar ‘kan bro?

 

6. Membawa Tas Kecil saat Naik Kereta

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: lonelyplanet.com

Hal lainnya yang perlu dicermati pelancong sebelum naik kereta Trans Siberia adalah ukuran tas atau koper. Lo sebaiknya menyiapkan tas berukuran kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Gunakan tas ini untuk menyimpan barang-barang berharga lo ketika situasi gerbong ramai.

 

Tas berukuran kecil tentunya bakal lebih nyaman dibawa pelancong ketika meninggalkan kursi. Lo juga bisa membawanya ketika hendak menuju kamar kecil atau toilet. Cukup berguna ‘kan?

 

 

7. Menyiapkan Stok Body Wipes dan Tisu dalam Jumlah Banyak

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia

7 Tips Naik Kereta di Trans Siberia, Jalur Terpanjang di Dunia. Photo Credit: misteraladin.com

Ada dua barang yang wajib dibawa pelancong pengguna kereta Trans Siberia, yakni tisu dan body wipes. Kereta Trans Siberia memang menyediakan tisu toilet kepada penumpang. Akan tetapi, jumlahnya tidak akan cukup jika kereta dipadati banyak penumpang.

 

Oleh sebab itu, persiapkan tisu dan body wipes agar lo siap menghadapi berbagai kemungkinan buruk. Penumpang Trans Siberia sendiri biasanya tidak mandi bila cuaca terlalu dingin, misalnya ketika musim salju. Lo tentu bakal memerlukan body wipes pada kondisi ini.

 

Demikian 7 tips naik Kereta Trans Siberia yang melaju di atas jalur terpanjang di dunia. Jangan lupa untuk menerapkan 7 hal di atas agar perjalanan lo berjalan aman dan nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi traveler yang hendak menjelajahi dunia dengan cara baru. Selamat berlibur dan tetap berhati-hati ya!

 

Source: detik.com

Feature Image - urbansplatter.com   

Tips Beginner solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
perjalanan jauh di atas kereta memang sangat membosan kan tapi kita harus pandai mengatisipasi dengan tips diatas
Yuniarto ( Tato )
Wah seru nih ni kalo naik Kereta Kaya Gitu
agung
tq info ya
SURIANTO
Makasih infonya
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Agus Sungkawa
Perjalanan yang sangat indah menggunakan trans siberia..pemandangan alamnya yg mempesona,agar mement indah tdk berlalu begitu saja,jng lupa 7 tips naik trans siberia
Hari Tristiyanto
selama itu kah ?
Ricko Pratama Putra
keren jugaa
Cecep Jajang
Keren juga ya
Suleman
Terimakasih infonya