Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani?

Sementara ini jalur pendakian Torean di Gunung Rinjani adalah jalur ilegal. Tapi dari survei sampai pertimbangan yang sedang dilakukan - bisa jadi jalur ini akan dibuka dengan resmi. Kalau benar dibuka, apakah lo berani coba lewat sana?

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani?

 

Gunung Rinjani di Lombok adalah salah satu gunung Indonesia yang berhasil menarik banyak perhatian traveler. Tidak hanya mereka yang datang dari dalam negeri saja, tapi yang dari mancanegara juga berlomba untuk mendaki gunung tersebut.

 

Terkait dengan pendakian Gunung Rinjani – muncul wacana akan adanya pembukaan jalur pendakian yang baru. Namun, linier dengan wacana ini, pendapat pro dan kontra dari berbagai kalangan juga ikut bermunculan.

 

Pasalnya, pembukaan jalur baru secara logika sederhana adalah membuka satu sudut yang tadinya masih alami – bisa jadi akhirnya tercampur oleh tangan-tangan pengelola. Walau para pengelola tahu persis bagaimana menjaga kelestarian Gunung Rinjani, namun tetap saja ada kontra dibalik hal tersebut.

 

 

Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi kurang lebih 3.726 mdpl ini sampai sekarang masih mempunyai empat jalur pendakian yang resmi. Empat jalur tersebut adalah via Sembalun, Senaru, Timbanuh dan Berik. Untuk wacana jalur baru adalah jalur pendakian Torean.

 

Namun ternyata selama ini jalur pendakian Torean adalah salah satu jalur yang cukup populer juga dikalangan pendaki. Sayangnya – selama ini juga jalur tersebut terhitung sebagai jalur illegal. Artinya, para pengelola pendakian pun tidak tanggung resiko jika terjadi sesuatu di jalur yang tidak semestinya.

 

Pendapat Dari Kepala BTNGR

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani?

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani? credit: liputan6.com

Sudah diketahui bersama kalau jalur pendakian resmi untuk Gunung Rinjani hanya ada empat saja. Untuk itu, menurut Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani – tim yang terkait setidaknya mesti melakukan survei terlebih dahulu.

 

Dari survei yang akan dilakukan, mestinya nanti akan mengetahui bagaimana resiko serta tingkat kesulitan yang ada di jalur Torean. Bahkan Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani juga menyatakan kalau hasil survei juga mesti dibahas oleh stakeholder terkait.

 

Hal ini jelas terkait dengan concern – apakah cukup oke jalur Torean dibuka untuk umum dan dijadikan jalur pendakian Gunung Rinjani yang resmi. Penamaan jalur Torean terkait dengan nama Lembah yang ada di sana.

 

Jalur Torean atau Lembah Torean berada di kawasan Loloan, Bayan – tepatnya di Kabupaten Lombok Utara. Buat soal pemandangan – jalur Torean sudah tidak diragukan lagi. Tapi bagaimana dengan tingkat kesulitan serta bahaya yang ada di sana?

 

Jalur Torean Punya Nuansa Jurrasic Park

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani?

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani? credit: travel.tempo.co

Percaya atau tidak – salah satu alasan mengapa para pendaki melewati jalur tidak resmi tersebut adalah pemandangan yang luar biasa, bernuansa Jurrasic Park. Namun dari mereka yang sudah pernah melewati jalur tersebut, Torean tidak begitu ramah untuk para pemula.

 

Oleh karena itu, buat lo yang masih pemula dalam pendakian dan ingin mendaki Gunung Rinjani – rekomendasi jalur buat lo adalah Sembalun dan Senaru. Dua jalur pendakian Gunung Rinjani ini adalah yang paling populer dan yang paling ramah buat para pendaki baru.

 

Menurut Harley B. Sastha – seperti dilansir dari Kumparan, Harley menyatakan kalau jalur pendakian Torean biasanya digunakan untuk masyarakat sekitar agar bisa sampai ke Danau Segara Anak dengan cepat. Usut punya usut – jalur Torean adalah jalur terpendek menuju danau super indah tersebut.

 

Jalur Torean Biasa Dilalui Oleh Masyarakat Pemeluk Hindu

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani?

Apa Pendapat Lo Tentang Pembukaan Jalur Pendakian Torean di Gunung Rinjani? credit: gaya.tempo.co

Ditelisik lebih dalam terkait dengan pengalaman Harley – jalur pendakian yang satu ini mengharuskan diri lo melewati belantara hutan, pinggiran lereng serta menyebrang sungai. Tidak hanya itu, buat lo ingin melewati jalur ini, lo mesti memanjat jalur bebatuan yang cukup curam dan terjal.

 

Tapi bonusnya adalah di jalur pendakian Torean juga – lo akan melewati tiga air terjun sekaligus. Bagaimana tidak indah bro kalau lo bisa melewati air terjun sampai tiga buah seperti itu nih! Oh iya, menurut Harley juga – jalur pendakian Torean ini ternyata sering dipakai oleh masyarakat pemeluk agama Hindu.

 

Mereka menggunakan jalur Torean ini untuk menghadiri upacara adat atau ritual sakral yang mesti mereka lakukan.

 

Menurut Harley lagi – jalur pendakian Gunung Rinjani via Torean ini memang lebih sulit jika dibandingkan dengan jalur Senaru atau Sembalun. Oleh karena itu, buat para pendaki yang membutuhkan tantangan baru, jalur pendakian Gunung Rinjani via Torean adalah hal yang menarik!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari penjelasan di atas, bagaimana menurut lo terkait pembukaan jalur pendakian Torean? Apakah lo setuju dan ingin mencobanya?

 

Source – Kumparan

Feature Image – pagitrans.com

Wilderness Beginner jungle trekking solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Asalkan tidak berbahaya untuk pendaki,jalur tersebut tidak masalah.
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yumna Aditya Prakoso
pingin nyoba tapi kok agak takut yaa
Yuniarto ( Tato )
Jalurnya Harus Aman dulu buat pendaki
Resatya Oktafitullah SAV
Alhamdulillah dibuka
arief
Boleh saja asal di lihat dlu untuk keamana si pendaki dan peting dg di buka rute baru tidak merusak ekosistem yg ada di area rute yg akan di buat
Landora Dwi Lestyadi
Mantap infonya
dephy
Pembukaan jalur baru pasti ada plus minusnya
SRI YAYA ASTUTI
SEMUA DEMI KEBAIKAN ALAM DAN KITA SEMUA
Alaq Madygar
Mantap Jiwa