Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Salah satu film yang paling mencuri perhatian di ajang Oscar 2020 adalah Parasite karya Bong Joon-ho. Proses pengambilan adegan film ini dilakukan di beberapa tempat menarik di Korea Selatan. Tertarik berlibur ala film Parasite di Korea Selatan? Cek jawabannya di bawah ya bro!    

Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Sejarah baru dalam dunia perfilman baru saja tercipta dalam ajang penghargaan Oscar 2020. Film Parasite garapan Bong Joong-ho sukses memenangkan empat piala bergengsi sekaligus dari enam nominasi. Hebatnya, Parasite menjadi film non bahasa Inggris pertama meraih penghargaan Oscar kategori Film Terbaik. Keren kan?

 

Berbicara mengenai Parasite, film asal Korea Selatan ini memiliki beberapa lokasi syuting yang seru untuk dikunjungi kala liburan. Lo tentu bisa menjadikan tempat-tempat ini sebagai referensi ketika melancong. Setuju kan?

 

Berikut adalah panduan wisata buat lo yang ingin berlibur ala film Parasite di Korea Selatan. Silakan dicoba ya bro!

 

1. Menyambangi Tangga di Desa Kediaman Kim Ki-Tae

Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba? Photo Credit: visitseoul.net

Di dalam film Parasite, penonton dapat menyaksikan beberapa adegan yang menampilkan anak tangga.  Sutradara Bong Joon-Ho memperlihatkan tangga ini berada di desa asal Kim Ki-taek. Contoh adegan film yang menampilkan tangga ini adalah ketika tokoh Kim Ki-jeoung memboyong buah persik untuk kemudian dibawa ke rumah keluarga Park.

 

Anak tangga ini juga muncul ketika Kim Ki-taek dan anak-anaknya pulang menuju rumahnya yang sudah kebanjiran. Lokasi tangga ini sebenarnya cukup dekat dengan Doijissal Supermarket. Setelah Parasite diumumkan sebagai peraih Piala Oscar 2020, tangga ini kian ramai dikunjungi orang.

 

Salah satu aktivitas favorit pengunjung di tangga ini adalah menjepret foto. Bila berencana ke sini, lo dianjurkan tidak mengeluarkan suara berisik karena lokasi tangga ini ada di wilayah tempat tinggal. Jadi harap menjaga etika dan sikap ketika bertandang ke sini ya bro!

 

Setelah mendatangi tangga, pelancong bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa destinasi wisata terdekat. Contohnya seperti Seosomun Park, Songijeong Sports Park, dan Ahyeon-dong Furniture Complex. Menarik sekali, bukan?

 

2. Jalan-Jalan Kuliner ke Sky Pizza

Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba? Photo Credit: channelnewsasia.com

Tahukah lo bahwa proses pengambilan adegan film Parasite juga dilakukan di sebuah tempat makan? Nama restoran tersebut adalah Sky Pizza. Lo bisa menjumpai Sky Pizza di 86, Noryangjinro 6-gil, Dongjak-gu. Unik sekali bukan?

 

Untuk sampai ke Sky Pizza, pelancong bisa menggunakan transportasi subway line 1 (3136) & 9(#917). Pilihlah tempat pemberhentian di stasiun Noryangjin. Setelah itu, lo hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari Exit 6 Stasiun Noryangjin hingga sampai ke tempat tujuan.

 

Sesampainya di Sky Pizza, pengunjung bakal langsung melihat foto pemilik tempat ini dengan sutradara Bong Joon-ho. Lo juga bisa mengamati boks pizza yang menjadi salah satu properti dalam film Parasite. Barang ini sendiri ditampilkan dengan nama Pizza Age dalam film.

 

Jika sudah menonton film Parasite, lo tentu mengingat adegan ketika Kim-Ki Taek dan keluarganya belajar melipat boks pizza di bagian awal. Nah, orang yang mengajarkan teknik melipat boks pizza kepada para aktor kabarnya adalah pemilik Sky Pizza sendiri. Keren ya?

 

Sky Pizza sudah berdiri selama kurang lebih 17 tahun. Bisnis ini kabarnya dikelola oleh sebuah keluarga. Menu yang dihidangkan kepada pengunjung cukup beragam, mulai dari ayam goreng, Rich Gold Sweet Potato Pizza berbahan keju alami, hingga dakgangjeong. Toko ini buka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 10.00 hingga 22.00.   

 

 

3. Mendatangi Doijissal Supermarket

Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba? Photo Credit: visitseoul.net

Jika tertarik datang ke sini, pelancong dianjurkan naik subway line 2(#243) dan 5(#531) terlebih dahulu. Setelah itu keluarlah dari Exit 6 stasiun Chungjeongno dan mulailah berjalan kaki hingga sampai ke temat tujuan. Rata-rata waktu yang dihabiskan pelancong dari stasiun Chungjeongno ke Doijissal Supermarket adalah 10 menit.

 

Supermarket ini menyandang nama “Woori” di dalam film Parasite. Doijissal Supermarket muncul dalam adegan bincang-bincang antara anak sulung keluarga Kim, Kim Ki-woo, dengan Park Seo-joon. Di dalam adegan tersebut, Park Seo-joon menyarankan Kim Ki-woo untuk bekerja sebagai tutor part-time menggantikan dirinya.

 

Bong Joon-ho menampilkan Doijissal Supermarket dengan tambahan payung pantai di area depan. Payung tersebut kini sudah dipindahkan dan diganti dengan kontainer es krim. Supermarket ini bisa dikunjungi pelancong dari pukul 08.30 hingga pukul 00.30 waktu setempat.

 

Lokasi Doijissal Supermarket berada di 32, Songijeong-ro, Mapo-gu. Salah satu contoh barang yang dijajakan di sini adalah jajanan masa kecil khas Korea. Jangan lupa datang ke sini ya!

 

4. Menyusuri Jahamun Tunnel

Tur Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba?

Liburan Seru Ala Film “Parasite” di Korea Selatan, Tertarik Coba? Photo Credit: habkorea.net 

Terowongan bawah tanah ini menghadirkan nuansa seram di dalam film Parasite. Pelancong dapat menemukan Jahamun Tunnel di 219, Jahamun-ro, Jongno-gu. Rute perjalanan yang bisa lo lalui untuk sampai ke sini adalah naik subway line 3 lalu berjalan 10 menit dari Exit2 stasiun Gyeongbokgung hingga tiba di tempat tujuan.

 

Jahamun Tunnel terlihat dalam adegan ketika keluarga Kim berjalan usai kabur dari rumah keluarga Park. Mereka semua memutuskan pulang ke rumah karena mendapati fakta bahwa keluarga Park batal berkemah akibat hujan deras. Saat memasuki Jahamun Tunnel, ingatan pelancong bakal kembali segar pada kehidupan keluarga Kim yang begitu miskin.  

 

Tempat lainnya yang patut dikunjungi pelancong selain Jahamun Tunnel adalah Seoul Museum of Art, Literary Museum of Yun Dong-Ju the Poet, dan Istana Gyeongbokgung. Semuanya punya ciri khas unik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja oleh wisatawan.

 

 

Demikian panduan wisata buat lo yang tertarik menjajal liburan ala film Parasite di Korea Selatan. Keempat hal di atas layak dijajal wisatawan khususnya lo yang mengaku sebagai penggemar film peraih Oscar ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang berencana liburan ke Korea Selatan dalam waktu dekat.

 

Source: kompas.com

Feature Image - hotcorn.com

Trending Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Film yang keren banget
Hilman rusdiyanto
Kereeenn
Yumna Aditya Prakoso
kaya gimana sih filmnya??
Yuniarto ( Tato )
Seru Abis filmnya
Hari Tristiyanto
over known..
Agung Sutrisno
Parasite menjadi film non bahasa Inggris pertama meraih penghargaan Oscar kategori Film Terbaik.
Ldr_Lstyd
Mantap nih info nya
Kristian Mustafa
Nice Info.
Cecep Jajang
Film yang bagus
Firgiawan
Film Ini Punya Kritik Sosial yang bagus Sehingga Mengantarkannya Memenangi PIALA Oscar