5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

Indonesia memiliki beragam pilihan kuliner termasuk tahu, penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

Siapa sih yang enggak pernah mencicipi tahu? Yaap, salah satu kuliner Indonesia ini memang memiliki banyak sekali penggemarnya. Rasanya yang gurih, lembut lalu sangat cocok untuk dijadikan lauk ketika perut sedang lapar-laparnya menjadi alasan kuat banyaknya penggemar. Namun apakah lo tahu kalau tahu sendiri memiliki beragam varian setiap daerahnya?

 

Tahu memang merupakan kuliner yang paling mudah untuk ditemukan di mana saja, baik itu di pasar tradisional maupun di restoran bintang lima sekalipun. Harganya yang murah beserta cara masaknya praktis, tak heran apabila kudapan ini sering menjadi lauk untuk menemani nasi putih panas.

 

 

Nah, selain menjadi lauk pauk, ternyata tahu juga menjadi kuliner ikonik dari berbagai daerah. Tentunya dengan olahan yang berbeda-beda, lo akan mudah untuk menemukan kekayaan rasa dari tahu khas Indonesia. Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan tahu khas Indonesia, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Siapa tahu salah satunya merupakan pilihan favorit lo!

 

Varian Tahu Ikonik di Indonesia – Tahu Gimbal

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia! Credit: .idntimes.com/

 

Berkunjung ke Semarang lo patut untuk mencicipi Tahu Gimbal, karena memiliki rasa nikmat serta sulit untuk lo lupakan. Rasa gurih dari saus kacang beserta dengan campuran lainnya menjadi sebuah perpaduan sempurna di dalam sebuah piring.

 

Tahu Gimbal sendiri terdiri dari tahu goreng, potongan lontong, telur dan udang goreng. Bahan-bahan tersebut pun digoreng dengan tepung. Nah, gimbal itu sendiri muncul dari kehadiran tepung di dalam kuliner ini. Belum lagi ada tambahan rajangan kol mentah dan tauge seakan membuat kuliner ini semakin kaya.

 

Kemudian untuk menemukan Tahu Gimbal di Semarang bukanlah hal sulit, karena merupakan street food yang paling banyak dicari. Belum lagi dengan harga bersahabatnya, bayangkan saja lo hanya membutuhkan sekitar Rp 13.000 per porsinya.

 

Varian Tahu Ikonik di Indonesia – Tahu Jeletot

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia! Credit: .youtube.com

 

Bandung merupakan kota di mana lo bisa menemukan banyak sekali street food nikmat, bisa dikatakan kalau Batagor merupakan salah satunya yang sudah tidak asing lagi di kuping banyak orang. Ternyata bukan hanya itu saja loh, karena masih ada Tahu Jeletot.

 

Tahu Jeletot merupakan jajanan khas Bandung yang juga memiliki banyak penggemarnya. Sesuai dengan namanya, jajanan ini memang terkenal dengan rasa pedasnya. Rasa pedasnya sendiri berasal dari potongan cabai rawit yang banyak.

 

Belum lagi dengan tambahan potongan tauge dan digoreng dengan dicampur tepung menjadi Tahu Jeletot ini lebih krispi serta renyah. Apalagi dinikmati ketika waktu luang, sore hari dengan suasana kha kota Bandung bisa menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan.

 

Varian Tahu Ikonik di Indonesia – Tahu Gejrot

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia! Credit: travelingyuk.com

 

Tahu ikonik Indonesia berikutnya ialah Tahu Gejrot, bahkan untuk menemukannya lo enggak perlu kok untuk jauh-jauh ke tempat asalnya yaitu Cirebon. Sudah banyak sekali pedagang kuliner ini terdapat di kota-kota besar. Namun kalau ingin mendaptakan rasa aslinya silakan langsung berkunjung ke Cirebon.

 

Kuliner yang disajikan dalam cobek kecil, tahu digoreng dan di potong asal ini kemudian diguyur kuah dari campuran bawang putih, bawang merah, gula merah dan juga cabai yang sudah diulek kasar. Rasa pedas, manis, dan asin menjadi perpaduan nikmat.

 

Tahu Gejrot sendiri biasanya dijual di gerobak kecil, lalu penjualnya akan keliling. Lo enggak perlu khawatir mengenai harganya karena Tahu Gejrot sangat murah, kurang lebih lo hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja loh per porsinya.

 

Varian Tahu Ikonik di Indonesia – Tahu Sumedang

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia! Credit: ksmtour.com/

 

Sesuai dengan namanya, memang kuliner ini berasal dari Sumedang dan tentunya ini merupakan salah satu kuliner ikonik dari daerah tersebut. Bahkan bisa dikategorikan sebagai salah satu kuliner legenda di Indonesia.

 

Proses pembuatannya pun sederhana dan tradisional, dimulai dari merendam kacang kedelai kemudian digiling, direbus, dan disaring untuk mengendapkan patinya yang akan menjadi tahu. Bahkan untuk menemukannya bukanlah hal yang sulit, karena sudah banyak dijual di kota-kota besar.

 

Namun ketika lo berkunjung ke Sumedang enggak ada salahnya untuk langsung mencicipinya di sana yaa. Tahu Sumedang sendiri merajalela di tempat asalnya, sering pula menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan. Serta juga sering dijual dengan bungkusan anyaman bambu atau bongsang dengan memuat 10-25 tahu.

 

Varian Tahu Ikonik di Indonesia – Tahu Tek

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia!

5 Rekomendasi Varian Kuliner Tahu yang Ikonik di Indonesia! Credit: .idntimes.com

 

Ini merupakan salah satu kuliner tahu asli Indonesia yang berasal dari Surabaya. Bahkan merupakan kuliner cukup legendaris di sana. Tahu Tek sendiri merupakan kuliner yang berisi tahu goreng setengah matang dan lontong dipotong kecil-kecil.

 

Kemudian terdapat pelengkapnya seperti kentang goreng, tauge, dan irisan timun tentunya membuat rasa tahu ini menjadi khas. Dari semua bahan itu, terakhir disiram dengan bumbu khas. Untuk menemukan kuliner ini juga cukup mudah kok di Surabaya.

 

Salah satu kedai Tahu Tek yang paling terkenal dan legendaris di Surabaya ialah Tahu Tek Pak Ali, untuk per-porsinya dikenakan biaya sekitar Rp 12.000 per porsinya. Sehingga ketika lo berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk menghampiri Tahu Tek Pak Ali yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar varian tahu ikonik di Indonesia? Semoga bisa menjadi panduan serta acuan ketika ingin menincar tahu di negeri ini yaa, apalagi buat lo para penggemarnnya. Teruslah mengeksplorasi negara ini lebih luas lagi serta janga lupa untuk bersenang-senang yaa!

 

Source: .idntimes.com
 

 

 

 

Featured Image: /pesona.travel

 

 

Trending Beginner foodventure

20 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Tahu walik juga ada tuh
Yumna Aditya Prakoso
wah enak jadi laper
Yuniarto ( Tato )
Pengin nyicipin semua
Hari Tristiyanto
over known..
Agung Sutrisno
Harganya yang murah beserta cara masaknya praktis, sehingga banyak varian yg diolah dari tahu tsb
Ldr_Lstyd
Jadi laper kalo gini
dephy
Tahu Jeletot ternyata tahu isi dengan rasa pedas
Kristian Mustafa
Pengen Coba Semuanya.
SRI YAYA ASTUTI
paling seneng banget makan tahu gejrot, inget jaman dulu makan tahu gejrot di taman Suropati hari Minggu Sore adem banget rasanya.
Yuniarto ( Tato )
Nyam nyam nyam tahu enak