Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya!

Mendaki Gunung Merbabu saat musim hujan? Walau menantang dan kelihatannya seru - tenang bro, ini ada empat tips sederhana yang bisa lo ikuti saat berada di sana!

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya!

 

Gunung Merbabu memang selalu membuat hati dan emosi ingin kembali ke sana lagi. Tapi kalau sedang musim hujan, pendakian sebuah gunung menjadi lebih menantang bro, termasuk Gunung Merbabu. Tapi tenang, di bahasan kali ini ada empat tips cerdik mendaki Merbabu walau sedang musim hujan!

***

M

endaki gunung memang menyaratkan diri lo untuk mempunyai persiapan yang matang. Apalagi kalau musim pendakian tersebut masuk ke musim hujan. Tentu peralatan lebih seperti jas hujan ponco dan gear lainnya – mesti banget lo persiapkan juga.

 

Pada awal Februari 2020 kemarin, dikabarkan kalau pendakian Gunung Merbabu di musim penghujan ini mengalami kendala yang cukup berat. Pasalnya pendakian Gunung Merbabu via Selo kemarin jalurnya dilanda banjir.

 

 

Walau begitu Balai Taman Nasional Gunung Merbabu masih membuka jalur pendakian untuk umum. Kepala TN Gunung Merbabu, Junita Parjanti menyatakan kalau para pendaki yang masih ingin mendaki Gunung Merbabu memerhatikan hal-hal terkait pendakian yang aman.

 

Nah, apa saja hal-hal terkait dengan pendakian yang aman? Dilansir dari Kompas Travel, setidaknya ada empat tips buat lo yang ingin mendaki Gunung Merbabu saat musim penghujan. Penasaran apa saja tipsnya? Sila simak bahasan kali ini ya!

***

 

Tips Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan: Riset

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya!

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya! credit: ungarannews.com

Meningkatkan kewaspadaan saat mendaki Gunung Merbabu di musim penghujan adalah hal pertama yang fundamental. Salah satu cara meningkatkan kewaspadaan tersebut adalah dengan melakukan riset cuaca sebelum mendaki.

 

Dengan teknologi yang sekarang ini semakin maju – lo akan jadi lebih mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi cuaca di suatu destinasi wisata, termasuk di Gunung Merbabu. Lakukanlah riset untuk mengetahui bagaimana kondisi aktual di Gunung Merbabu.

 

Jika sudah mendapatkan hasil dan dinyatakan aman serta terang – namun tetap saja lo mesti mempersiapkan segala gear yang memadai untuk menangkal musim penghujan yang tidak menentu. Prediksi cuaca sih boleh, namun alam bisa memutarbalikan prediksi tersebut dengan mudah.

 

Tips Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan: Tahu Aliran Air

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya!

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya! credit: merdeka.com

Di beberapa jalur pendakian Gunung Merbabu, terkenal dengan banyaknya titik rawan aliran air yang bisa saja banjir atau yang lainnya saat musim penghujan. Oleh karena itu, pastikan lo mengetahui di mana saja aliran air tersebut.

 

Salah satu titik rawan yang cukup populer di sana adalah 20 meter sebelum pos 2 dengan kemiringan lereng lebih dari 45 persen. Jika ditelisik lebih dalam – setidaknya titik rawan tersebut berada di ketinggian 2.414 mdpl.

 

Untuk mengetahui titik aliran air di mana saja – sebelum lo mendaki, sebaiknya tanya-tanya dengan detil di mana saja letak titik rawan aliran air yang bisa jadi berlebih saat musim penghujan. Lo bisa tanya dengan pengelola di basecamp.

 

Tips Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan:

Tahu Lokasi Bagus Buat Bangun Tenda

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya!

Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan? Ini 4 Tips Sederhananya! credit: genpi.co

Nah, ini yang cukup krusial dalam pendakian ke Gunung Merbabu apalagi di sana musim penghujan. Masih terkait dengan tips sebelumnya – untuk mendirikan tenda – lo juga mesti hati-hati agar tidak mendirikan tenda tepat di aliran air atau yang kemiringannya cadas.

 

Satu hal yang pasti sebelum mendaki Gunung Merbabu – lo harusnya sudah mengetahui jika dilarang mendirikan tenda pada pos 2 Pandean.

 

Oleh karena itu, beberapa titik aman untuk mendirikan tenda adalah pos 1, pos 3 dan Sabana. Hal ini terkait dengan elevasi kontur di sana cukup oke untuk mendirikan tenda.

 

Tips Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan: Jangan Kesorean

Kemudian, salah satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah mengetahui waktu terakhir untuk mendaki Gunung Merbabu jangan sampai kesorean. Setidaknya tidak sampai jam 4 sore. Hal ini terkait dengan pelayanan pendakian Gunung Merbabu akan ditutup pada jam tersebut.

 

Untuk sementara ini – prediksi yang ada adalah kawasan Gunung Merbabu masih diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai lebat. Bahkan, curah hujan tersebut juga dilengkapi dengan petir serta angin kencang yang cukup berbahaya.

 

Oleh karena itu, segala hal memang mesti dipersiapkan dengan matang kalau lo mau mendaki Gunung Merbabu saat musim penghujan. Menantang sih dan seru pastinya – tapi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga adalah hal yang penting buat diri lo.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari empat tips sederhana di atas – apakah sudah mengerti bro? Kalau ada yang mesti lo tambahkan, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ya!

 

Source – Kompas

Feature Image – travel.kompas.com

Tips Beginner hiking jungle trekking solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Segala hal memang mesti dipersiapkan dengan matang kalau mau mendaki Gunung Merbabu saat musim penghujan, mental fisik dan peralatan wajib untuk di perhatikan
dephy
ketahuilah terlebi dahulu medan yang akan tempuh seperti apa saat pendakian
SRI YAYA ASTUTI
selalu hati-hati dan persiapan yang ekstra saat pendakian gunung dengan cuaca yang sangat tidak mdah diprediksi akhir-akhir ini
Hari Tristiyanto
ovwr known
Landora Dwi Lestyadi
Persiapan sangat penting sekali
agung
tq info ya
ditra nugraha
jangan lupa berdoa
Kristian Mustafa
Sebaiknya hindari pendakian di saat Musim Hujan.
mutochir jufri
Makasih infonya min...
Cecep Jajang
Info yang sangat bagus